Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

20 Ikan Hias Air Laut Populer yang Mudah Dirawat

30 June 2021
Share
20 Ikan Hias Air Laut Populer yang Mudah Dirawat

Memelihara ikan laut dapat memberi kita relaksasi. Intip berbagai jenis ikan hias air laut yang mudah dirawat dan dipelihara untuk pemula berikut!


Ikan Hias Air Laut – Ikan adalah salah satu jenis hewan peliharaan favorit. Memelihara ikan hias air asin mempunyai seni tersendiri karena tak cuma memadukan warna indah dari ikan hias air asin, tapi juga merangkai hiasan akuarium menjadi seperti pemandangan dalam laut atau biasa disebut dengan aquascape.

Memelihara ikan hias air asin pun mempunyai seni tersendiri karena tak cuma memadukan warna indah dari ikan hias air asin. Di saat yang bersamaan, kamu juga bisa merangkai hiasan akuarium menjadi seperti pemandangan dalam laut atau biasa disebut dengan aquascape.

baca juga: 25 Jenis Ikan Koi Tercantik dan Terfavorit serta Karakteristiknya

Ikan Hias Air Laut yang Mudah Dipelihara

Untuk membuat aquascape, tentunya kamu harus mengetahui jenis-jenis ikan yang cantik sebelum kamu membelinya. Untuk pemula, akan lebih baik jika kita memulai dengan memelihara ikan hias air laut mudah dirawat terlebih dahulu.

Nah, tak perlu khawatir jika kamu belum mengetahuinya, Toppers! Simak 20 ikan hias air laut yang mudah dipelihara di bawah ini:

1. Clown Fish

Clown Fish
Sumber gambar: Pexels

Jenis ikan hias air laut bernama Clown Fish atau biasa disebut Ikan Badut ini pasti sudah sering kamu lihat karena merupakan pemeran utama dalam film Finding Nemo. Untuk dapat merawat ikan ini cukup mudah, paling kamu hanya membutuhkan terumbu karang di aquarium agar mereka terasa nyaman.

2. Lion Fish

Lion Fish
Sumber gambar: Pexels

Ikan hias air laut ini cukup unik karena memiliki ornamen-ornamen pada tubuhnya yang berbentuk seperti duri. Untuk dapat memelihara ikan ini, kamu perlu untuk memperhatikan ikan mana saja yang bisa kamu campur dengan lion fish karena mereka mempunyai makanan ikan berbeda.

3. Butterfly Fish

Butterfly Fish
Sumber gambar: Pixabay

Ikan hias air laut ini memiliki bentuk dan corak bergaris hampir menyerupai sayap kupu-kupu oleh karena itu dinamakan Butterfly Fish. Ikan ini sangat mudah untuk dipelihara, oleh karena itu sangat direkomendasikan bagi para pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

4. Dottyback

Dottyback
Sumber gambar: Ryan Photographic

Ikan hias air laut jenis dottyback adalah ikan yang tinggal di perairan laut daerah tropis dan subtropis indo pasifik yang terkenal memiliki terumbu karang sangat melimpah. Karena habitatnya banyak sekali di perairan laut indonesia, jadi sangat direkomendasikan memelihara ikan ini di aquarium rumah anda.

5. Neon Tetra

Neon Tetra
Sumber gambar: The Spruce Pets

Neon Tetra merupakan ikan hias air laut yang dikenal dengan kekhasan warna keemasan bergaris tipis berwarna biru menyerupai lampu neon di bagian tubuh belakang hingga ke bagian dekat mata.

baca juga: 8 Cara Menghilangkan Kutu Kucing: Mati Hingga Telurnya

6. Yellow Tang

Yellow Tang
Sumber gambar: The Spruce Pets

Yellow tang merupakan jenis ikan hias air laut mudah dipelihara dan cocok bagi pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut. Ikan hias air laut Yellow Tang merupakan jenis paling aktif bergerak dalam keluarga Tang.

7. Blue Tang

Blue Tang
Sumber gambar: Oceana

Paracanthurus hepatus merupakan nama ilmiah dari ikan hias air laut blue tang. Blue tang juga dikenal dengan nama botana. Ikan botana juga terkenal sebagai karakter ikan bernama “Dory” dalam film “Finding Nemo”. Kamu juga bisa mencampurkan blue tang dengan clown fish dalam satu aquarium.

8. Watchman Goby

Watchman Goby
Sumber gambar: Reef Builders

Watchman Goby adalah ikan air laut yang mudah dirawat selanjutnya. Memiliki banyak pilihan warna seperti pink spotted dan blue spotted, ikan air asin satu ini cocok dipelihara untuk pemula karena daya tahannya yang baik.

9. Doctor Fish

Doctor Fish
Sumber gambar: Kevin Bryant via Aquainfo

Sesuai dengan namanya, ikan air laut satu ini bermanfaat untuk membantu menyembuhkan ikan hias air asin lain yang terserang jamur di akuarium milikmu. Dengan warna yang cukup menarik, ikan hias air asin satu ini terkenal ramah dengan ikan lainnya sehingga cocok untuk dipelihara pemula.

10. Blue Devil

Blue Devil
Sumber gambar: ReseachGate

Ikan Blue Devil yang memiliki nama ilmiah Paraplesiops Bleeker adalah pilihan ikan hias air asin lainnya yang bisa jadi pilihan untuk hias aquarium air laut yang ada di rumah Toppers. Warna kebiruan dengan corak berbintik putih menjadi daya tarik utama dari ikan air laut satu ini.

Meski mudah dipelihara, ikan hias satu ini lebih baik dipelihara di akuarium berukuran besar dengan banyak ornamen karang karena habitat asli dari ikan laut ini adalah berada di dasar laut rendah berkarang.

baca juga: 13 Hewan Paling Setia: Bisa Lebih Setia dari Pasanganmu!

11. Mandarin Fish

Mandarin Fish
Sumber gambar: Two Fish Diver

Kerap dijuluki “Naga Cina”, Mandarin Fish merupakan salah satu spesies ikan hias air laut yang populer akan keindahan warnanya. Ikan air laut ini dikenal juga berfisik kuat dan memiliki daya tahan yang baik.

Namun, Mandarin Fish memerlukan makanan hidup sehingga bagi Toppers yang ingin memelihara ikan laut ini harus memiliki perhatian ekstra dalam soal makanan.

12. Firefish

Firefish
Sumber gambar: The Aquarium Guide

Ikan hias untuk aquarium air laut selanjutnya terkenal akan sifatnya yang aktif dan gesit. Tubuhnya yang mungil dengan warna yang cukup mencolok menjadi nilai lebih dari ikan laut satu ini.

Sifatnya yang tidak konfrontatif juga membuatnya bisa digabung dengan berbagai ikan hias air laut kesayangan lainnya. Firefish sendiri mengonsumsi alga dan juga zooplankton, sehingga membuatnya menjadi salah satu ikan hias untuk aquarium air laut yang mudah dipelihara.

13. Chalk Bass

Chalk Bass
Sumber gambar: The Aquarium Guide

Chalk Bass sangat cocok untuk dipelihara oleh seorang pemula karena bisa bertahan meski kondisi akuarium kurang baik. Tak hanya itu, jenis ikan air laut ini dapat bertahan dalam pergantian ekosistem dan tidak mudah terkena penyakit.

Meski begitu, sangat disarankan untuk tidak memelihara ikan ini dalam jumlah banyak dalam satu akuarium. Chalk bass mengenal sistem teritori sehingga sering berselisih dengan sesama jenisnya dan mengganggu ikan-ikan lain.

14. Banggai

Banggai
Sumber gambar: Exploring Indonesia

Ikan endemik Sulawesi Selatan ini memiliki ukuran yang cukup sedang, biasanya berkisar di angka 8 cm. Ciri khas dari ikan ini adalah ekor ikan yang panjang dan meruncing. Motif garis pada tubuhnya yang berwarna silver dan hitam menambah kecantikan ikan ini.

15. Pajama Cardinalfish

Pajama Cardinalfish
Sumber gambar: saltwateraquariumblog.com

Jenis ikan hias air laut ini memiliki motif polkadot yang unik. Ikan ini disebut juga sebagai ikan kardinal piyama atau ikan kardinal tutul.

Selain mudah dirawat, ikan ini akan mudah tinggal bersama dengan ikan-ikan lain baik dengan jenis yang sama atau berbeda.

baca juga: 7 Cara & Tips Memilih Desain Kandang Kucing Terbaik

16. Ikan Kakatua

Ikan Kakatua
Sumber gambar: Youtube

Jenis ikan hias air laut yang satu ini berukuran cukup besar. Nama ini berasal dari bentuk mulutnya yang mirip dengan paruh dengan bentuk kait.

Ikan ini sangat cantik namun kamu harus menyiapkan banyak pakan karena ikan kakatua memiliki nafsu makan yang tinggi. Di habitat aslinya, ikan ini biasa memakan rumput laut dan hama perusak terumbu karang.

17. Blenny Fish

Blenny Fish
Sumber gambar: First Time Marine Keeper

Ikan blenny memiliki tubuh mungil yang lucu sehingga tak membutuhkan aquarium besar. Meskipun memiliki tubuh kecil, jangan gabungkan lebih dari satu ikan blenny dalam akuarium yang sama karena mereka akan bertengkar.

Uniknya, ikan hias yang satu ini akan lebih aman jika digabungkan dengan jenis ikan lain. Ada banyak jenis ikan blenny seperti bicolor blenny, horned blenny dan tailspot blenny.

18. Damselfish

Damselfish
Sumber gambar: Pinterest

Jika kamu berencana membuat aquarium yang kecil, akan sangat cocok untuk memelihara damselfish. Ikan ini bisa dikategorikan sebagai ikan yang agresif meski tidak akan menyerang ikan lain. Kamu hanya perlu menyediakan beberapa bebatuan agar ikan ini bisa bersembunyi.

19. Ikan Wrasse

Ikan Wrasse
Sumber gambar: The Spruce Pets

Ikan ini akan cocok jika kamu perlu mengisi akuarium yang besar. Biasanya ikan ini berukuran 20 cm. Ikan Wrasse memiliki tubuh dengan corak warna yang cerah.

Jika ingin memelihara ikan ini, kamu bisa menambahkan beberapa terumbu karang pada akuarium.

20. Royal Gramma Basslet

Royal Gramma Basslet
Sumber gambar: TFH Magazine Royal

Jenis ikan air laut yang satu ini berasal dari Amerika Tengah. Ikan yang satu ini berukuran kecil dan sangat mudah untuk dipelihara bagi pemula. Ikan Royal Gramma Basslet ini memakan apa saja, carilah makanan yang berasal dari daging.

baca juga: 12 Jenis Ikan Sapu-Sapu Hias untuk Percantik Akuarium


Itulah macam-macam ikan hias air laut yang mudah dipelihara. Bagaimana? Tertarik untuk memelihara ikan air asin? Agar perawatan ikan laut favorit jadi maksimal, jangan lupa untuk membeli peralatan penting seperti aquarium, hiasan aquarium dan aksesoris aquarium hanya di Tokopedia!

Pompa Akuarium
Jaga sirkulasi air aquarium dengan pompa pilhan!
Share
Nabila KhaerunnisaNabila Khaerunnisa

Related Articles

11 Merk Makanan Kucing Terbaik dan Bernutrisi
Hobi dan Gaya Hidup
11 Merk Makanan Kucing Terbaik dan Bernutrisi
© 2009-2022, PT Tokopedia