12 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara untuk Pemula

13662
ikan hias air tawar

Ikan Hias Air Tawar – Memelihara ikan hias air tawar bisa menjadi hobi yang sangat menyenangkan. Apalagi diantara hewan peliharaan lain, ikan hias air tawar termasuk yang nggak akan terlalu merepotkanmu. Cukup bermodalkan aquarium dan pelet makanan ikan, Toppers sudah bisa memenuhi kebutuhan dasar dari ikan hias-mu.

Untuk Toppers yang masih pemula alias baru mau memulai hobi ini, inilah jenis-jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara karena daya tahan dan perawatannya yang gak neko-neko. Yuk, simak!

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

1. Ikan Cupang

Ikan Hias Air Tawar - Ikan CupangSumber gambar: Flickr

Siapa yang nggak tahu ikan hias air tawar satu ini? Ikan cupang yang masih satu famili dengan ikan gurami ini memiliki variasi warna beragam yang buntun menjuntai yang indah. Nggak cuma cantik, perawatan ikan ini sangat mudah. Ikan cupang nggak membutuhkan tempat atau akuraium yang besar dan juga oksigen untuk dapat bertahan hidup.

Sifatnya yang agresif, bahkan ke sesama ikan cupang, mengharuskanmu untuk selalu memisah ikan ini dengan ikan lainnya.

Soal makanan, Toppers bisa memberikan jentik-jentik nyamuk, cacing dara, ataupun cacing rambut yang merupakan panganan kesukaan dari ikan hias satu ini.

2. Ikan Guppy

Ikan Hias Air Tawar - Ikan GuppySumber gambar: Flickr

Berbicara tentang ikan yang minim perawatan, nggak lengkap rasanya jika nggak menyebutkan ikan guppy. Ikan berukuran kecil dengan ekor dan sirip yang berwarna-warni ini memang terkenal bukan hanya karena kecantikannya tapi juga perawatannya yang mudah.

Bahkan, jika ikan guppy sudah merasa nyaman dengan lingkungannya, mereka bisa dengan mudah berkembang biak, lho.

3. Ikan Pedang / Swordfish

Ikan Hias Air Tawar - Ikan PedangSumber gambar: Flora dan Fauna

Ikan pedang memiliki ciri khas warna yang merah dan sirip yang lancip memanjang layaknya pedang pada pejantan dari ikan ini. Untuk memelihara ikan pedang juga nggak diperlukan perawatan istimewa. Cukup aquarium dan pelet makanan ikan, ikan hias air tawar ini bisa bertahan meski tanpa alat oksigen, lho.

4. Ikan Molly

Ikan Hias Air Tawar - Ikan MollySumber gambar: Wikimedia

Jinak, cantik, dan mudah dirawat adalah alasan mengapa Ikan Molly memiliki banyak penggemar. Ukurannya kecil dan gempal sehingga banyak yang mengganggap ikan hias air tawar satu ini lucu. Warnanya yang bervariasi juga bisa jadi daya tarik yang menarik.

Ikan ini juga memiliki daya tahan yang kuat dan mampu untuk bertahan hidup meski nggak memiliki alat pompa oksigen sama sekali.

5. Ikan Tetra

Ikan Hias Air Tawar - Ikan TetraSumber gambar: Wikimedia

Ikan Tetra memiliki banyak jenis dan termasuk ikan hias air tawar berukuran kecil. Perbedaan jenis-jenis ikan tetra ini bisa dilihat dari warnanya. Ikan hias air tawar satu ini paling cantik jika dipelihara dalam jumlah yang banyak karena sifatnya yang berkoloni.

Nggak cuma mudah dipelihara, harga ikan Tetra juga relatif murah. Namun, untuk jenis yang langka, harga ikan hias ini bisa mencapai jutaan untuk satu ekornya.

6. Ikan Black Ghost

Ikan Hias Air Tawar - Ikan BlackghostSumber gambar: Wikipedia

Meski populer di Indonesia, siapa sangka ikan black ghost atau black phantom ternyata merupakan ikan asal sungai Amazon dan Suriname. Warnanya yang hitam dan bentuknya yang pipih dengan sirip panjang membuatnya disebut ikan black ghost.

Soal makanan, ikan black ghost nggak banyak pilih-pilih. Ia suka memakan jentik nyamuk dan serangga air kecil lainnya. Pelet ikan juga bisa jadi pilihan mudah untuk Toppers yang nggak mau ribet.

Baca juga: Hati-Hati! Jangan Beri Kucing 7 Makanan Berbahaya Ini

7. Ikan Oscar

Ikan Hias Air Tawar - Ikan OscarSumber gambar: Wikimedia

Untuk Toppers yang ingin ikan hias yang garang, Ikan oscar bisa jadi pilihan tepat. Bentuk fisik oskar terlihat seperti ikan nila, namun dengan warna dan kombinasi warna sisik yang lebih variatif.

Ikan ini termasuk karnivora dan agresif sehingga ada baiknya jangan mencampur ikan oscar dengan ikan hias lainnya, ya.

8. Ikan Manfish

Ikan Hias Air Tawar - Ikan ManfishSumber gambar: Alam Ikan

Ikan manfish yang memiliki nama lain angel fish adalah ikan hias air tawar yang tepat untuk Toppers yang mencari ikan hias dengan tampilan elegan. Bentuk pipih dengan sirip panjang yang cantik serta gerakan yang tenang pasti membuat siapa saja yang melihatnya ikut merasa rileks.

9. Ikan Platy

Ikan Hias Air Tawar - Ikan PlattySumber gambar: Wikimedia

Sekilas ikan platy memiliki bentuk dan penampilan menyerupai ikan molly. Hanya saja, ikan hias air tawar satu ini memiliki warna yang lebih mencolok. Ikan ini nggak cuma mudah dirawat tapi juga sangat jinak. Harga dari ikan ini juga termasuk sangat murah, lho.

10. Ikan Komet

Ikan Hias Air Tawar - Ikan KometSumber gambar: Majalah Ikan

Memiliki nama latin Carassius auratus, ikan komet termasuk ikan hias air tawar yang banyak digemari. Selain karena perawatan dan daya tahan yang baik, sifatnya yang jinak membuat ikan komet bisa menjadi sahabat yang baik bagi ikan hias lainnya di dalam aquarium.

Keindahan dari ikan hias air tawar satu ini adalah kombinasi warna yang dimilikinya sangat beragam mulai dari merah, putih, kuning, hitam dengan pola-pola abstrak yang cantik.

11. Ikan Lemon

Ikan Hias Air Tawar - Ikan LemonSumber gambar: Majalah Ikan

Ciri khas dari ikan hias air tawar ini adalah warnanya yang kuning seperti warna lemon. Ikan lemon yang memiliki nama latin Neolamprologus leleupi ini memiliki daya tahan yang cukup kuat sehingga cocok untuk dipelihara oleh Toppers yang masih pemula dalam memelihara ikan hias.

Perlu diingat, ikan lemon termasuk ikan yang agresif sehingga sebisa mungkin jangan digabungkan dengan ikan jenis lain dalam satu akuarium. Jika sampai melihat ikan lain, terutama yang berukuran lebih kecil, ikan lemon nggak akan segan-segan menyerang ikan tersebut!

12. Ikan Bala

Ikan Hias Air Tawar - Ikan BalaSumber gambar: Majalah ikan

Ikan Bala terkadang disebut juga ikan hiu bala karena bentuknya yang sekilas menyerupai ikan hiu. Tapi, Toppers nggak perlu khawatir karena ikan hias ini nggak sebuas ikan hiu dan juga hidup di air tawar.

Ikan hias air tawar ini memiliki sisik dan sirip metalik yang kontras dengan warna hitam dan putih sehingga sangat cantik saat berada di dalam aquarium-mu. Di habitat aslinya, ikan ini bisa tumbuh hingga 35 cm, lho.

Baca juga: 12 Makanan Yang Berbahaya Untuk Anjing

Itulah berbagai jenis ikan hias air tawar yang mudah dipeliharan untuk dijadikan pilihan Toppers yang baru memulai hobi ini. Yuk, biar hobi memelihara ikan hias makin maksimal, beli perlengkapan memelihara ikan hias, mulai dari aquarium, oksigen, dan lain-lainnya hanya di Tokopedia!