Ini Dia Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar

Ini Dia Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar

/   Kecantikan, Tutorial

Urutan Memakai Produk Perawatan Wajah – Sudah kah kamu menggunakan produk wajah? Jawabannya pasti Ya. Bagi kaum hawa produk perawatan wajah memang sudah menjadi rutinitas yang wajib dilakukan setiap hari. Bahkan penggunaan skincare ini lebih penting dibanding dengan kosmetik. Karena skincare memiliki manfaat yang sangat penting untuk melindungi dan merawat kesehatan kulit kita. Dengan pemakaian skincare yang rutin, benar, dan cocok masalah kulit yang dialami seperti kulit kering, kulit berminyak, dan berjerawat akan berkurang dan teratasi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, penggunaan skincare memang gak cukup hanya 1 produk saja tapi, serangkaian produk sekaligus, mulai dari pembersih wajah sampai sunscreen. Nah, karena serangkaian produk tersebut pasti gak jarang Toppers kebingungan mana yang mesti dipakai lebih dulu. Karena masing – masing jenis produk tersebut memiliki fungsinya sendiri. Untuk menjawab kebingungan kamu, Toped akan ungkap urutan yang benar saat menggunakan produk wajah.

Pembersih wajah

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Gendies.com

 

Yang paling penting dari semua perawatan wajah adalah membersihkan dahulu wajah kamu dengan benar, apalagi jika wajah masih menggunakan makeup. Hapus dahulu makeup dengan menggunakan makeup remover untuk menghapus makeup kamu secara keseluruhan, terutama yang waterproof atau tahan air seperti maskara dan eyeliner. Untuk membersihkan wajah, sebaiknya kamu pilih pembersih wajah yang bebas detergen, dan memiliki pH seimbang. Bersihkan wajah kamu hingga tidak ada lagi kotoran dan bekas makeup yang tersisa.

Toner

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Riarankine.hubpages.com

Setelah wajah kamu sudah bersih secara keseluruhan, selanjutnya adalah gunakan toner yang berbentuk cair dan menyerupai air untuk menutupi pori – pori wajah yang terbuka saat kamu membersihkan wajah dan untuk mengembalikan pH kulit yang berkurang jika pembersih wajah kamu memiliki kandungan sabun. Aplikasikan toner dengan menggunakan kapas atau semprotkan ke wajah. Jangan lupa untuk memilih toner yang sama sekali tidak mengandung alkohol untuk menghindari wajah menjadi kering.

Serum

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Loveincare.com

Serum menjadi produk selanjutnya yang sebaiknya kamu gunakan dalam perawatan wajah ini. Karena serum memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin C, E, dan kandungan nutrisi lainnya. Namun, kamu harus memilih serum yang benar – benar sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu, karena serum memiliki banyak jenis yang ditujukan untuk masalah kulit yang berbeda – beda. Biasanya serum memiliki tekstur yang ringan dan cair sehingga tidak memberi kesan lengket pada wajah.

Moisturizer

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Ehow.com

Ingin punya kulit wajah yang lembab, elastis, dan bercahaya? Kalau gitu jangan lupa untuk selalu mengaplikasikan moisturizer atau pelembab setelah menggunakan serum. Moisturizer juga dibagi menjadi 2 jenis yaitu untuk pelembab pagi hari yang memiliki kandungan SPF untuk melindungi kulit dari sinar UV dan pelembab untuk dipakai pada malam harinya. Tapi, ada juga beberapa jenis moisturizer yang memiliki formula sekaligus untuk pagi dan malam hari.

Perhatikan juga ya Toppers, untuk memilih pelembab sesuai dengan jenis kulit. Buat kamu yang memiliki kulit kering, kamu bisa menggunakan pelembab yang memiliki tekstur krim pekat. Untuk kulit berminyak, pilih pelembab yang berbahan dasar air. Bagi yang memiliki kulit berjerawat sebaiknya kamu menggunakan pelembab non-comedogenic.

Eye cream

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Mythirtyspot.com

Nah, area mata juga gak boleh dilupakan ya Toppers. Karena biasanya area mata juga memiliki masalah yang sebaiknya kita atasi agar jauh – jauh dari masalah seperti mata panda atau kerutan yang mengganggu penampilan kamu. Untuk itu, selalu merawat area mata kamu dengan memakai eye cream yang memiliki formula khusus untuk melembabkan daerah sekitar mata yang tipis dan rapuh. Oleskan krim mata ini pada pagi hari setelah selesai mandi dan sebelum menjelang tidur dengan mengaplikasikannya menggunakan jari manis. Oleskan secara lembut dan pelan – pelan. Karena jika terlalu kasar akan menimbulkan keriput di daerah mata kamu.

Sunscreen

Urutan Memakai Produk Wajah yang Benar
Sumber foto: Hipstercrite.com

Saat menggunakan perawatan wajah pada pagi hari, kamu wajib menggunakan sunscreen atau sunblock untuk melindungi wajah dari paparan sinar matahari secara langsung. Karena sinar UV tidak baik untuk kulit dan bisa merusak kulit seperti menyebabkan kulit menjadi gelap, meninggalkan noda hitam, keriput, iritasi, dan yang lebih parahnya lagi menimbulkan kanker kulit lho! Hii.. Makanya untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, sebaiknya kamu selalu rajin mengaplikasikan sunscreen ini sebelum beraktivitas di siang hari ya.

Itu dia Toppers urutan menggunakan produk perawatan wajah yang tepat untuk melindungi wajah kamu secara keseluruhan. Sedikit tips nih Toppers, jika kamu ingin menggunakan produk perawatan secara berlapis – lapis beri jeda sekitar 1 – 2 menit agar produk benar – benar meresap ke dalam kulit. Satu lagi, gunakan teknik menepuk – nepuk wajah dengan pelan dan gerakan seperti menekan tuts piano untuk memberi efek pijatan.

Baca juga: 9 Kesalahan yang Sering Kamu Lakukan Saat Mencuci Wajah

Gimana Toppers? Sudahkah kamu menggunakan produk perawatan wajah sesuai dengan urutan yang tepat?

 

 

Sumber foto: Inspiringwomen.co.za

THEAUTHOR

Liany Sri Sejati

Liany Sri Sejati has written 95 Article, See all posts