16 Inspirasi Dekorasi Rumah untuk Sambut Kemerdekaan

0
4168
dekorasi rumah
Sumber Gambar: Crismatec

Jadikan ruang sempit atau tak terpakai jadi bermanfaat dan estetis, dengan inspirasi dekorasi rumah atau apartemen berikut ini!


Salah satu waktu yang tepat untuk mendekorasi rumah adalah ketika ada event besar. Salah satunya adalah peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus.

Mungkin Toppers bingung bagaimana membuat desain rumah terlihat lebih luas? Atau lebih menarik? Atau sekedar lebih fungsional?

Mungkin beberapa inspirasi dekorasi rumah minimalis berikut bisa jadi pilihan Toppers untuk jadikan rumah atau apartemen minimalismu jauh lebih menarik. Yuk, kita intip!

Baca Juga: Inspirasi Desain Ruang Keluarga Terbaik, Inspirasi Idaman Bikin Nyaman

Dekorasi Rumah Minimalis dan Sederhana

1. Open Kitchen untuk Dapur yang Lebih Luas

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: 4BetterHome

Selain lebih murah, membuat kabinet dapur alias kitchen set yang terbuka bisa membuat dapur terkesan lebih lega. Namun, jika Toppers memilih untuk membuat dapur terbuka seperti ini, pastikan rajin dirapikan ya.

Inspirasi dekorasi rumah

2. Rak atau Meja Tangga

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Memanfaatkan tangga sebagai rak kini tengah menjadi tren. Nggak cuma fungsional, Toppers juga bisa membuat setiap ruang jadi terlihat lebih menarik.

3. Berkreasi dengan Isolasi

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Darcetmonce - Blogspot

Siapa sangka hal sesederhana Isolasi bisa Toppers kreasikan menjadi elemen dekorasi rumah yang sangat menarik. Gunakan isolasi dengan warna sesuai seleramu lalu kreasikan menjadi pola-pola pada dinding. Pastikan juga ukuran pola dan warna isolasi cocok dengan warna dinding.

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Merca20

Selain pola, Toppers juga bisa membuat gambar menggunakan isolasi. Yang perlu diingat adalah selalu bersihkan dinding terlebih dahulu dari kotoran dan debu yang menempel agar isolasi bisa merekat dengan kuat.

4. Manfaatkan Ruang Bawah Tangga

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Property Rumah

Banyak orang yang menyia-nyiakan ruang bawah tangga di rumah minimalis yang ia miliki. Padahal dengan sedikit kreativitas, ruang ini bisa disulap menjadi ruang yang lebih bermanfaat. Seperti menjadikannya pantri atau dapur bersih.

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Bangun Rumah Mas

Menambahkan kabinet dan meja juga bisa menjadikan ruang bawah tangga sebagai ruang kerja atau belajar yang efisien, lho. Atau pilihan paling sederhana adalah menjadikan ruang bawah tangga sebagai kabinet untuk storage tambahan rumah minimalismu.

5. Bermain dengan Ruang-ruang Sudut

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Sudut-sudut ruang kerap juga menjadi area yang terlupakan. Namun, dengan dekorasi rumah yang tepat, Toppers bisa menjadikan setiap sudut ruangan jadi lebih menarik dan fungsional.

6. Ruang Bawah Tempat Tidur yang Lebih Efektif

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Home Epiphany

Kolong atau ruang bawah tempat tidur biasa menjadi sarang debu. Bagian ini juga termasuk sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu, nggak ada salahnya menjadikan kolong tempat tidur sebagai storage tambahan dengan membuat laci atau lemari sebagai bagian bawah tempat tidurmu.

7. Tempat Penyimpanan Lebih untuk Toilet

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Mulai dari handuk, tissue, sabun, dan berbagai perlengkapan lainnya, siapa sangka jika kamar mandi ternyata membutuhkan storage  alias tempat penyimpanan yang nggak sedikit. Manfaatkan ruang atas kloset sebagai lemari atau storage tambahan sehingga toilet jadi jauh lebih rapi.

8. Bermain pada Pola Karpet

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Gamifi

Untuk rumah minimalis, pola bisa jadi hal yang dihindari. Namun untuk ruangan-ruangan tertentu, kamu bisa mengaplikasikan pola pada karpet untuk memberikan point of interest pada ruang tersebut. Selain pola, kamu juga bisa bermain dengan warna-warna kontras.

Untuk ruang dengan warna netral dan terang seperti abu-abu dan putih, Toppers bisa memilih karpet dengan warna primer yang kontras seperti merah atau hitam.

Untuk ruang-ruang dengan warna earthy tone seperti cokelat dan krem, karpet dengan warna natural seperti hijau bisa jadi pilihan yang serasi.

jual furnitur kayu minimalis
Lengkapi gaya rumah minimalis dengan furnitur modern terlengkap di sini!

Baca Juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Terbaik, Kesederhanaan Beri Kehangatan

9. Fokuskan Dekorasi Dinding pada Satu Sisi

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Doit-Estonia

Punya banyak dekorasi dinding? Foto-foto keluarga, hasil jepretan saat jalan-jalan keluar negri, hingga berbagai lukisan kreasi sendiri bisa saja kamu pajang sebagai dekorasi rumah.

Namun, hindari menggantung berbagai dekorasi dinding tersebut secara acak di berbagai sisi dinding ruang karena hal tersebut akan membuatnya terkesan berantakan.

Pilihlah salah satu sisi dinding dan maksimalkan semua dekorasi dinding tersebut disana. Nggak cuma lebih rapi, ruangan akan jauh terlihat lebih menarik.

10. Warna Netral yang Enggak Lekang oleh Zaman

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Ningen Dock

Bingung saat memilih warna interior? Ingin mengikuti tren tapi ingin juga mengikuti selera personal? Solusinya adalah menggunakan warna-warna netral pada ruangan dan funitur utama.

Warna putih, abu-abu, cokelat muda, dan krem bisa kamu aplikasikan sebagai warna dominan ruangan. Untuk menyiasati tren yang selalu berubah atau selera personal setiap keluarga, aplikasikan warna-warna lainnya pada elemen dekorasi rumah pelengkap.

Seperti pada pillow case, karpet, lukisan atau taplak meja yang tentunya akan lebih mudah untuk kamu gonta-ganti di kemudian hari. Dengan begitu, rumahmu nggak akan lekang oleh zaman,

11. Investasi pada Karya Seni

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Van Eyck

Meskipun Toppers bukan pecinta seni, nggak ada salahnya sedikit berinvestasi pada karya seni seperti lukisan. Jadikan lukisan ini sebagai pengisi sudut-sudut ruang yang mungkin masih terasa kosong.

12. Cermin pada Backlash Kitchen Set

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Dinding pada bagian belakang kitchen set atau sering disebut backlash kerap memakan biaya untuk membuatnya menarik.

Salah satu inspirasi dekorasi rumah yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan cermin sebagai pengganti keramik atau batu alam yang biasa dijadikan backlash kitchen set.

Pemanfaatan cermin yang mudah dibersihkan juga akan membuat dapur terasa lebih luas karena sifat reflektifnya, lho.

13. Layering Curtain alias Tirai Belapis sesuai Kebutuhan

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Memilih tirai nggak boleh disepelekan. Untuk ruang yang membutuhkan cahaya, utamakan tirai yang tembus cahaya. Tirai-tirai berwarna gelap bisa kamu aplikasikan para ruang yang tidak terlalu membutuhkan cahaya.

Selain itu, tirai yang dirancang berlapis dan bervariasi tingkat transparansinya juga akan membantu kamu jadi lebih fleksibel saat mengatur pencahayaan dari ruangan terkait.

14. Antik akan Selalu Antik

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Picquery

Barang antik enggak akan pernah terlalu kuno untuk ketinggalan jaman. Telepas dari gaya hunianmu, memberikan dekorasi antik pada salah satu sudut ruang ngak akan pernah ada salahnya.

15. Sisipkan Elemen Natural

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Gmaillogina

Meskipun Toppers bukan penggemar hobi berkebun, menyisipkan sedikit elemen natural ke dalam dekorasi rumah akan membantu menghidupkan suasana ruangan dan membuat ruang lebih segar.

16. Berkreasi dengan Lampu Gantung

Inspirasi dekorasi rumah
Sumber Gambar: Pinterest

Lampu gantung nggak melulu candelier ataupun lampu kristal. Tentu kedua jenis lampu seperti itu akan membuat rumah minimalis terasa sesak. Namun, sebenarnya ada banyak pilihan lain lampu gantung minimalis yang bisa Toppers pilih.

Pastikan aplikasikan lampu gantung hanya pada ruang-ruang yang memiliki ketinggian ceiling mencukupi, ya.

Baca Juga: Inspirasi Desain Perpaduan Warna Cat Rumah Hijau Tosca pada Interior

Itulah berbagai inspirasi dekorasi rumah minimalis ter-update yang bisa buat desain rumah minimalis atau apartemen Toppers jadi lebih fungsional, menarik, dan tentunya nggak ketinggalan zaman.

Sudah menemukan yang paling pas sesuai selera? Pastinya sudah enggak sabar kan Toppers untuk melakukan ‘penyegaran’ dalam rumah?

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here