• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Inspirasi Desain Rumah Klasik Terbaik yang Paling Nyaman untuk Ditinggali

Share

15 Inspirasi Desain Rumah Klasik Terbaik yang Paling Nyaman untuk Ditinggali

Desain Rumah Klasik Terbaik – Walaupun gaya dan tren telah berkembang jauh, desain rumah klasik untuk gaya arsitektur hunian modern tetap digemari banyak orang. Bagi sebagian orang, arsitektur rumah bukan hanya menjadikan tempat tinggal nyaman dihuni namun juga menggambarkan identitas karakter pemiliknya.

Nah, mau tahu desain rumah klasik yang terbaik untuk inspirasi rumahmu? Simak yuk, Toppers!

Desain Rumah Klasik Terbaik dan Inspiratif

1. Desain Rumah Klasik Jawa

desain rumah klasik terbaik
Sumber Gambar: 7desainminimalis.com

Desain rumah klasik Jawa dapat menjadi inspirasi arsitektur model klasik untuk rumahmu. Rumah klasik Jawa terkenal dengan pola ukiran-ukiran kayu dan beberapa hiasan lampu menawan. Demi memperkuat kesan klasik Jawa di rumahmu, gunakan material kayu polos atau ukiran untuk menghiasi dinding serta kolom rumahmu.

2. Desain Rumah Joglo Klasik

Desain rumah klasik Joglo
Sumber Gambar: modelrumahminimalis2.blogspot.com

Sekilas desain rumah klasik Joglo mirip dengan desain arsitektur Jawa. Namun, ada elemen penting yang harus kamu penuhi untuk rumah klasik Joglo yaitu atap. Ciri khas desain rumah klasik Joglo ditandai dengan bentuk atap joglo yang unik berbentuk tajug.

3. Desain Rumah Jepang Klasik

Desain arsitektur hunian klasik Jepang identik dengan shoji, elemen penting sebagai pemisah ruangan atau berfungsi sebagai pintu. Shoji gaya klasik dibuat dari kertas tembus cahaya dengan rangka kayu. Jika kamu ragu dengan durabilitas kertas, kamu bisa menggunakan gelas kaca untuk dipasangkan pada rangka kayu.

4. Desain Rumah Klasik Eropa

Desain rumah klasik Eropa dengan pilar tinggi
Sumber Gambar: Hamparan

Desain rumah klasik Eropa terkenal dengan pilar-pilarnya yang tinggi dan motif ukiran pada tiang serta tembok rumah. Ciri khas lainnya terdapat pada lantai atas yang memiliki serambi atau balkon menjorok keluar. Rumah dengan plafon yang tinggi seperti desain khas Eropa ini membuat sirkulasi udara lebih baik dan membuat kesan megah pada rumahmu.

5. Desain Rumah Klasik Bali

Desain rumah klasik Bali cenderung mirip dengan arsitektur Jawa. Rumah biasa dihiasi dengan ukiran-ukiran baik pada tembok rumah ataupun fasad kayu rumah. Perbedaan mencolok desain rumah Jawa dan Bali ada pada corak model ukirannya. Jawa biasanya menggambarkan ukiran tanaman rambat sedangkan Bali cenderung menggunakan objek dedaunan dan bunga untuk khas ukirannya.

dekorasi rumah cantik
Percantik rumahmu dengan dekorasi terlengkap dan termurah di sini!

Baca Juga: 7 Tanaman Hias Cantik Pengusir Nyamuk Paling Ampuh di Rumah

6. Desain Rumah Klasik Sederhana

Desain rumah sederhana cocok untuk kamu yang ingin memiliki rumah yang nyaman. Desain rumah klasik sederhana memberikan kamu luas bangunan yang proporsional dengan luas tanah. Sisa tanah yang ada biasanya dibuat untuk taman dan garasi.

7. Desain Rumah Klasik Minimalis

Desain rumah klasik minimalis
Sumber Gambar: Sumbercenel

Simplicity is the new trend, desain rumah minimalis memang selalu jadi pilihan inspirasi rumah. Konsep arsitektur minimalis sebenarnya sederhana, filosofisnya adalah mengurangi elemen-elemen yang kurang penting dan mencapai kesederhanaan desain seoptimal mungkin.

8. Desain Rumah Mewah Klasik

Desain rumah mewah klasik minimalis
Sumber Gambar: Emporio Architech

Desain klasik mewah bergantung pada dua hal: ornamen bangunan dan tinggi bangunan. Penggunaan ornamen bangunan yang mewah baik dari bahan maupun bentuk akan membuat rumahmu terlihat mewah. Semakin tinggi bangunan juga memengaruhi persepsi mewah suatu rumah.

9. Desain Rumah Kayu Klasik

Desain rumah kayu klasik akan membuat rumahmu terlihat menawan. Untuk menjaga rumahmu tetap kuat dari gangguan cuaca atau rayap, kamu bisa membeli anti rayap terbaik untuk bagian-bagian kayu rumahmu. Jenis kayu yang bagus untuk kamu gunakan ada Kayu Besi atau biasa disebut Kayu Ulin serta Kayu Jati Belanda.

10. Desain Rumah Klasik Tempo Dulu

Rumah tempo dulu dipengaruhi kebanyakan oleh arsitektur gaya Eropa. Arsitektur ini dapat memberikan nuansa klasik pada rumahmu. Bentuk pilar yang biasa digunakan adalah berbentuk silinder dengan warna putih atau krem.

furniture rumah kayu minimalis
Rumah anggun dan elegan dengan furniture rumah kayu minimalis terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Merk Pompa Air Rumah Terbaik dengan Semburan Kencang

11. Desain Rumah Klasik Victorian

Desain rumah klasik bergaya Victorian
Sumber Gambar: OkeZone

Arsitektur Victorian adalah gaya desain hunian yang muncul dari abad pertengahan hingga akhir abad ke-19. Penamaan Victorian merujuk kepada masa berkuasanya Ratu Victoria yang dikenal juga sebagai era Victorian. Pada waktu itu Victorian digunakan sebagai panggilan untuk furnitur dan konstruksi desain bangunan.

Nama Victorian sendiri digunakan untuk merepresentasikan kebiasaan Inggris dan Perancis yang biasanya melabeli nama suatu gaya desain hunian dengan nama penguasa monarki.

12. Desain Rumah Gaya Amerika Klasik

Desain rumah klasik gaya Amerika
Sumber Gambar: Oscarliving.co.id

Desain arsitektur gaya Amerika sebenarnya cukup minimalis. Biasanya rumah model ini mempunyai ciri khas memiliki jendela yang cukup banyak dan pekarangan rumah. Instalasi atap menerusnya membuat rumah ini dapat dibangun dengan cepat.

13. Desain Rumah Klasik Romawi

Di Indonesia, rumah bergaya Eropa sedikit banyaknya terpengaruh oleh kultur Belanda yang mulai populer pada tahun 1920-an. Gaya rumah Victoria juga termasuk salah satu arsitektur Eropa. Selain itu, masih banyak lagi model desain rumah yang bergaya Eropa.

14. Desain Rumah Klasik Belanda

Desain rumah Belanda klasik
Sumber Gambar: Males Banget

Desain rumah ala arsitektur Belanda mirip dengan gaya Eropa pada umumnya. Biasanya rumah ini memiliki banyak jendela kayu dengan sekat untuk menahan cahaya matahari. Bangunan Belanda secara struktur juga menjamin kekuatan dan ketahanan bangunan karena biasanya Bangunan Belanda tempo dulu didesain dengan ASD (Allowable Stress Design).

15. Desain Rumah Tropis Klasik

Desain rumah Tropis
Sumber Gambar: Casaindonesia.com

Desain rumah klasik tropis memastikan rumah kamu nyaman dihuni di iklim tropis seperti Indonesia. Sirkulasi yang nyaman dan jendela yang luas adalah faktor penting untuk desain rumah ini. Rumah jenis ini terlihat seperti menyatu dengan lingkungan di sekitarnya, begitu asri bukan?

Baca Juga: 15 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik untuk Percantik Rumah

Itulah tadi 15 desain rumah klasik terbaik untuk inspirasimu versi Tokopedia. Bagus kan? Nah maka dari itu, ayo percantik rumahmu dan cari perabotan rumah terbaik serta termurah hanya di Tokopedia! Jangan lupa juga, sebelum membangun rumah, perbanyak referensi dengan membeli buku desain rumah terlengkap!

furnitur Edgy
Setiap sudut ruangan di rumah lebih estetis dengan furniture kreasi lokal terbaik di sini!

Share

Rasyahdan Wicaksono BaharRasyahdan Wicaksono Bahar

Related Articles

15 Resep Soto Daging Enak, Empuk Menggoyang Lidah!
Home and Living
15 Resep Soto Daging Enak, Empuk Menggoyang Lidah!
© 2009-2024, PT Tokopedia