Tampil Modern dengan 5 Inspirasi Gaun Pesta Muslim untuk Acara Formal

1778
inspirasi gaun muslim formal

Hijabers ingin tetap tampil maksimal dan menawan dalam acara formal? Yuk, simak tips dan inspirasi gaun pesta musilm untuk acara formal berikut ini!


Inspirasi Gaun Pesta MuslimAcara formal seperti undangan pernikahan, pesta ulang tahun, prom night, atau wisuda merupakan kesempatan bagi siapa pun untuk tampil maksimal. Namun, tak jarang hal ini justru membuat Toppers yang pakai kerudung pusing tujuh keliling memilih model gaun pesta muslim yang akan dikenakan, ya kan?

Ingin mengikuti tren seperti yang banyak beredar di media sosial, tapi takut salah kaprah. Nah, supaya kamu bisa tampil stylish namun tetap modest, berikut Tokopedia berikan 5 inspirasi tampilan gaun pesta muslim yang bisa ditiru!

Baca juga: Yuk, Tampil Cantik dengan 6 Tips Makeup Hijab Ini!

Inspirasi Gaun Pesta Muslim

1. Tampil Unik dengan Mermaid Gown dan Flare Sleeve

Atasan dengan model flare sleeve atau ujung tangan melebar memang sedang sangat ngetren di kalangan modest fashion Indonesia. Hal ini bisa teman-teman terapkan juga pada baju pesta yang ingin dipakai di acara formal.

Agar terlihat mewah dan unik, buat bagian bawah gaunmu menjadi model mermaid (putri duyung) besar seperti yang dilakukan Aghnia Punjabi di atas. Bila tidak ingin terlihat terlalu heboh, cukup pastikan bagian ujung tangan dan bawah gaunnya bertumpuk, namun tidak terlalu lebar.

Jangan lupa padankan dengan model hijab yang menutupi dada ya, supaya teman-teman tetap terlihat syar’i.

2. Tampil Elegan dengan Gaun Model Jubah

Gaun pesta muslim dengan model jubah (cape) yang melengkapi long dress pas badan seperti ini dapat membuat penampilanmu elegan dalam seketika. Jubah dapat dibuat menjuntai di samping lengan saja atau menutupi seluruh bagian dada.

Bila menjuntai di samping lengan, panjang jubah dapat disesuaikan dengan selera, misal sepinggang, sepinggul, atau hingga menyentuh lantai. Kalau kamu lebih suka tipe jubah melingkar yang pendek tapi menutupi dada, kamu bisa coba membuat bagian jubahnya dari bahan kain brokat atau tunik yang menerawang.

Lebih baik lagi jika gaunnya dibuat dalam bentuk peplum (dengan lipatan di bagian pinggang, atau bisa juga dibentuk dengan memakai pita) agar siluet badan tetap terlihat.

3. Tampil Berkelas dengan Slit Dress

gaun pesta muslim
Sumber Gambar: Pinterest

Slit dress, model gaun dengan belahan samping yang tinggi, biasa dipakai artis-artis kenamaan dunia untuk menghadirkan kesan seksi dan sensual. Hal ini membuat hijabers cenderung enggan mencontoh model slit dress, apalagi setelah melihat model atau artis perempuan yang membuat belahannya terlalu terbuka hingga ke pinggang atau bahkan bawah dada.

Tapi jangan salah, Toppers yang pakai hijab juga bisa mengenakan gaun pesta muslim dengan model belahan seperti ini lho! Triknya adalah buat bagian bawah gaunmu dalam dua lapis: Lapisan atas dengan belahan tinggi hingga ke pinggul, sedangkan lapisan bawah tetap panjang menutupi kaki.

Karena efeknya yang menimbulkan kesan berkelas terhadap si pemakai, gaun model ini sangat cocok dipakai saat menghadiri acara pernikahan atau prom.

tunik terbaru
Tampil elegan dan modern dengan tunik muslim termurah di sini!

Baca Juga: Fashion Hijab: 12 Tips Fashion Hijab untuk Tampil Lebih Langsing

4. Tampil Nyaman dengan Long Jumpsuit

Gaun pesta muslim dengan model yang cukup unik ini dibuat desainer Ayu Dyah Andari untuk acara resepsi pernikahan artis cantik Laudya Chyntia Bella dengan suaminya, Engku Emran, yang diselenggarakan pada awal bulan Oktober. Karena bagian bawah jumpsuit tersebut dibuat ekstrabesar, gaun Bella sekilas terlihat seperti gaun pada umumnya.

Tapi pada saat ia berjalan, barulah ketahuan bahwa pakaian tersebut berbentuk jumpsuit. Model ini sangat pas dicontoh teman-teman Toppers muslimah yang ingin tetap nyaman dan bebas bergerak meski sedang menghadiri acara formal.

Bila jumpsuit yang kamu punya adalah jumpsuit dengan tipe sleeveless atau tidak berlengan, hal ini cukup disiasati dengan mengenakan luaran panjang. Add some clutches and heels on the way, and you’re good to go!

5. Tampil Berani dengan Ruffle Dress

Datang ke acara apapun dengan tampilan model ini dijamin akan membuat semua mata tertuju padamu. Ruffle dress bukanlah model yang asing di dunia fashion, tapi belum banyak hijabers yang berani tampil dengan menyematkan ruffles-nya di bagian atas gaun, tepatnya bagian dada, seperti yang dikenakan Rhaudatul Mardiah Esa dalam foto di atas.

Aksen cantik di gaun tersebut dibuat dengan bahan organdi kaku. Sehingga bentuknya tidak akan berubah. Karena baju pestanya sudah lumayan heboh, cukup kenakan hijab organza dengan model ikat belakang yang simpel supaya keseluruhan penampilan terlihat seimbang.

Baca juga: Inilah 6 Aksesoris Hijab untuk Mempercantik Penampilan Kamu!

Nah, model mana yang jadi favoritmu dari kelima gaya gaun pesta muslim di atas? Sesungguhnya menyesuaikan tren gaun pesta yang sedang marak di luar negeri maupun media sosial dengan kebutuhan kamu yang berhijab itu tidak sulit, yang penting bajumu tetap menutupi aurat.

Jangan lupa, penuhi semua kebutuhan fashion muslim kamu dengan harga termurah dan koleksi terlengkap hanya di Tokopedia! Selamat ‘mencuri’ inspirasi, Toppers!

jal outfit muslimah terkini
Temukan berbagai kebutuhan outfit muslimah terkini dengan harga termurah dan pilihan yang variatif di sini!

Bagikan Artikel