5 Inspirasi Partisi Ruangan Keren untuk Hunian Minimalis

1656
desain partisi ruangan

Desain Partisi Ruangan – Partisi atau pemisah ruangan biasa dipakai untuk menyiasati hunian minimalis yang luasnya terbatas. Dengan menggunakan partisi, kamu bisa menggabungkan satu ruangan untuk dua atau tiga fungsi berbeda, misalnya: Ruang tamu digabung dengan ruang keluarga, dapur digabung dengan ruang makan, atau bahkan memisahkan satu ruang tidur untuk dua anggota keluarga! Nah, partisi ruangan bisa bermacam-macam bentuknya. Apa saja yang bisa kamu manfaatkan sebagai partisi? Yuk, curi inspirasinya!

Baca juga: Tips Menata Rumah Kecil dan Sempit agar Lebih Luas

Inspirasi Desain Partisi Ruangan

Kayu

desain partisiSumber gambar: Home Dzine, sortrate

Kayu bisa jadi partisi ruangan yang baik untuk berbagai model rumah. Selain karena harganya yang terjangkau, kayu juga dapat dimodifikasi menjadi berbagai bentuk dan model mengikuti gaya rumahmu. Contohnya adalah dua gambar di atas. Kamu bisa cari tahu cara mudah membuat partisi ruangan sendiri dari berbagai video tutorial yang banyak tersedia di Youtube.

Pintu Geser/Pintu Lipat

Desain PartisiSumber gambar: smalldesignideas, rpbk

Pintu geser atau pintu lipat yang populer di rumah-rumah keluarga Jepang adalah cara yang pintar untuk membagi ruangan ketika dibutuhkan. Contohnya adalah dua gambar di atas. Ketika siang hari, kamu bisa membuka pintu agar ruangan terasa luas. Pada saat malam hari, ruang tamu dan kamar tidur bisa dipisahkan dengan menutup pintu geser/lipat tersebut. Fleksibel dan bebas ribet!

Krat/Peti

Desain partisi ruanganSumber gambar: Pinterest

Alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pemisah ruangan adalah peti bekas jualan buah atau minuman. Kamu bisa mendapatkannya dari warung-warung atau toko yang menjualan peralatan rumah tangga. Daripada dibuang, lebih baik dimodifikasi dan dihias sedikit supaya bermanfaat! Kamu hanya perlu membersihkan, menghaluskan permukaannya, lalu mengecatnya supaya warna peti senada dengan warna ruangan. Mudah, kan?

Gorden

desain partisi ruanganSumber gambar: ArchDaily

Kamu dan saudara-saudaramu harus berbagai kamar tidur karena luasnya terbatas? Atau tidak ada cukup ruangan untuk menaruh lemari dan rak sepatu? Siasati dengan gorden sebagai pemisah ruangan. Dengan menggunakan gorden, kamu bisa tetap memiliki privasi meski menggunakan ruang yang sama dengan anggota keluarga lain. Kamu juga bisa menyimpan koleksi baju, sepatu, dan barang-barang lain di balik gorden. Cara ini tentunya sangat menghemat tempat dan juga uang.

Buku/Koleksi Barang Berharga

desain partisi ruanganSumber gambar: Yatzer, Pinterest

Kamu juga bisa memanfaatkan rak buku atau laci sebagai partisi ruangan, Toppers! Taruh koleksi bukumu, koleksi guci milik mama, atau macam-macam souvenir dan miniatur lucu di laci yang memisahkan satu ruangan dengan ruangan lain. Kalau ingin ruangan terkesan segar, kamu juga bisa taruh tanaman di dalam rongga-rongga itu, lho. Cara ini sangat bagus karena kamu hemat tempat dengan tidak menggunakan rak buku/laci terpisah. Tiru dua contoh di atas sebagai inspirasinya!

Baca juga: 7 Inpirasi Desain Rumah Minimalis

Itu dia lima ide partisi ruangan yang bisa kamu praktekkan untuk hunian minimalismu. Dari mulai kayu, pintu geser, gorden, hingga rak buku, sebenarnya kamu bisa menggunakan hampir apa saja sebagai pemisah ruangan. Tidak perlu pusing dan bersusah payah, karena ada banyak cara untuk membuat hunian kecil tetap tampil cantik. Selamat berkreasi, Toppers!

rak dinding

 

Bagikan Artikel