• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Yuk, Intip 15 Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin!

27 March 2024

Share

Yuk, Intip 15 Isi Kotak Seserahan Bagi Calon Pengantin!

Hari pernikahan sudah di depan mata, namun bingung apa saja isi seserahan pernikahan? Berikut daftar lengkap yang perlu ada di dalam kotak saat nikah!


Pernikahan merupakan salah satu acara paling sakral dalam hidup setiap orang. Maka dari itu, pernikahan tidak bisa dilakukan tanpa persiapan. Selain menyiapkan rangkaian acara pernikahan seperti lamaran, akad, hingga resepsi, calon pengantin juga perlu menyiapkan seserahan pernikahan.

Seserahan pernikahan dibawa oleh pengantin laki-laki untuk diberikan kepada pengantin perempuan. Maka dari itu, seserahan pengantin biasanya diisi oleh kebutuhan pengantin perempuan. Ragam seserahan pernikahan juga sudah bervariasi, bahkan ada juga jasa untuk membuat bingkisan seserahan pernikahan. Yang terpenting dari seserahan pernikahan tersebut adalah agar bisa digunakan oleh pengantin.

Untuk Toppers yang hendak melangsungkan pernikahan, Toppers mungkin bingung dengan barang apa saja yang bisa dijadikan sebagai seserahan. Tentunya seserahan pernikahan tidak bisa dibuat sembarangan, lho. Yuk simak inspirasi isi seserahan untuk melengkapi pernikahan berikut ini!

Baca Juga: Inspirasi Desain Undangan Pernikahan Unik dan Berkesan

Isi Seserahan Pernikahan

Isi seserahan pernikahan dapat disesuaikan menurut kebutuhan pengantin perempuan. Maka dari itu, diskusi antara pengantin laki-laki dan perempuan terkait isi seserahan pernikahan juga perlu dilakukan. Yang terpenting adalah supaya seserahan pernikahan tersebut bermanfaat bagi pasangan pengantin baru. Berikut ini adalah barang-barang yang dapat dijadikan isi seserahan pernikahan:

1. Bed Cover

Bed Cover

Sumber gambar: Rukita

Kamu juga bisa memasukkan bed cover sebagai bagian seserahan pernikahan. Bed cover yang cantik dan nyaman akan menunjang kenyamanan tidur pasangan muda yang baru saja menikah. 

Untuk dimasukkan ke bingkisan seserahan pernikahan, kamu bisa membentuk bed cover menjadi bentuk yang unik atau menghiasnya dengan dekorasi.

2. Lukisan

Lukisan

Sumber gambar: Wall Mantra

Isi seserahan pernikahan selanjutnya adalah lukisan. Untuk kamu yang beragama Islam, lukisan atau foto berdua dengan pasangan mungkin cenderung dilarang untuk dipajang di rumah. 

Kamu bisa menggunakan lukisan ilustrasi kamu dan pasangan, pemandangan alam, tulisan Arab, atau lukisan lainnya untuk mempercantik dekorasi rumah.

3. Uang

Uang

Sumber gambar: Bridestory

Isi seserahan pernikahan juga bisa berupa uang, lho. Uang dapat diletakkan dalam kotak atau bingkai foto dengan dihias secantik dan semenarik mungkin. Jumlah uang juga bervariasi tergantung dari kebutuhan pengantin. Biasanya, uang sebagai isi seserahan ini nantinya harus habis digunakan.

4. Perlengkapan Beribadah

Perlengkapan Beribadah

Sumber gambar: Spilla Jewelry

Perlengkapan pernikahan kiranya disesuaikan dengan kepercayaan masing-masing. Jika kalian menganut agama muslim maka isi seserahan antara lain Al-Quran, mukena dan sajadah.

Sedangkan, untuk kalian yang beragama Kristen, isi seserahan dapat berupa alkitab. Dan agama lain bisa menyesuaikan dengan kepercayaannya masing-masing.

Perlengkapan ibadah merupakan salah satu hal terpenting yang harus kalian sertakan dalam isi seserahan. Karena hal ini bertujuan untuk mengingatkan calon mempelai bahwa pernikahan telah diteguhkan di hadapan Sang Pencipta.

5. Seperangkat Perhiasan

Seperangkat Perhiasan

Sumber Gambar: Twitter @maharrdhika

Setelah perlengkapan beribadah, kalian dapat memasukkan seperangkat perhiasan seperti cincin, kalung, dan anting-anting yang terbuat dari emas atau berlian.

Ini bertujuan untuk memberikan makna kepada calon mempelai wanita untuk selalu bersinar dalam kehidupannya.

Jumlah dan berat dari perhiasan tentunya disesuaikan dengan kemampuan calon pengantin pria.

6. Sepatu

Sepatu

Sumber Gambar: She Nisa

Sepatu memiliki makna tersendiri dalam kotak seserahan, yaitu agar kedua mempelai siap untuk menapaki kehidupan pernikahan bersama.

7. Tas

Tas

Sumber Gambar: Cepet Nikah

Selain sepatu, barang lain yang disukai oleh wanita adalah tas. Biasanya, calon pengantin wanita lebih menyukai tas branded, namun pemilihan tas branded tidak diharuskan.

Melainkan dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhan serta kemampuan membeli.

Baca Juga: Hal-Hal yang Harus Didiskusikan sebelum Menikah dengan Pasangan

8. Set Pakaian Wanita

Set Pakaian Wanita

Sumber Gambar: PopBela

Set pakaian ini biasanya berupa pakaian tradisional seperti kebaya dengan kain. Namun, kalian dapat menggantinya dengan dress, setelan kemeja bahkan pakaian kerja.

9. Pakaian Dalam

Pakaian Dalam

Sumber Gambar: Angela Friedman

Untuk pakaian dalam, isinya dapat berupa satu set pakaian dalam, lingerie maupun baju tidur. Biasanya, calon pengantin wanita akan membeli sendiri pakaian dalam yang diinginkan, lalu diberikan kepada calon pengantin pria untuk disusun dalam kotak seserahan.

Saat menyusun pakaian dalam dalam kotak seserahan, usahakan untuk melipatnya dalam bentuk yang tertutup agar tidak terlihat vulgar.

10. Perlengkapan Mandi

Perlengkapan Mandi

Sumber Gambar: Instagram @fabelys_seserahan

Mandi merupakan aktivitas harian, sehingga dengan memberikan perlengkapan mandi calon pengantin pria diartikan mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari sang calon pengantin wanita.

Biasanya, perlengkapan mandi terdiri dari shampoo, sabun, conditioner, sabun cuci muka, sisir dan handuk.

11. Perawatan Tubuh dan Wajah

Perawatan Tubuh dan Wajah

Sumber Gambar: Comfort Zone

Meskipun dapat disatukan dengan perlengkapan mandi, perawatan tubuh dan wajah dapat dipisahkan mengingat jumlahnya yang cukup banyak.  

Perawatan tubuh dan rambut dapat berupa body lotion, lulur, body scrub, dan body oil. Sedangkan untuk perawatan wajah biasanya terdiri dari toner, serum, moisturizer dan sunblock.

Untuk perawatan tubuh dan wajah, sebaiknya calon pengantin pria mengajak calon pengantin wanita untuk memilih produk yang cocok dengan kondisi kulit tubuh dan wajah.

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Pra Nikah Wajib bagi Calon Pengantin Wanita

12. Set Make-Up

Set Make-Up

Sumber Gambar: Instagram @fabelys_seserahan

Isi kotak seserahan yang selanjutnya adalah set make-up. Ini memiliki makna agar calon pengantin wanita selalu tampil cantik dan menawan. Biasanya, set make-up terdiri dari primer, foundation, eyeshadows, blush-on hingga dan lipstick.

Sama dengan perawatan tubuh dan wajah, sebisa mungkin ajak calon pengantin wanita untuk memilih make-up bersama calon pengantin pria.

13. Barang Elektronik

Barang Elektronik

Sumber Gambar: Twitter @maharrdhika

Barang seserahan yang satu ini tidak wajib, biasanya barang eletronik merupakan permintaan khusus dari calon pengantin wanita, barang-barang elektronik biasanya berupa handphone, laptop serta kamera.

14. Makanan

Makanan

Sumber Gambar: Terakurat

Untuk makanan, biasanya makanan tradisional berbahan dasar ketan seperti wajik, jenang, kue lapis serta lupis wajib ditambahkan dalam isi kotak seserahan.

Karena makanan ini memberikan doa agar kelak kedua mempelai lengket satu sama lain, layaknya kue dari ketan yang lengket.

15. Buah-buahan

Buah-buahan

Sumber Gambar: Pexels

Tak lengkap rasanya bila tak ada buah dalam kotak seserahan. Pilihlah jenis buah yang kalian sukai, serta tidak memiliki ukuran yang terlalu besar, karena akan menyulitkan ketika harus dibawa.

Selain bagus untuk kesehatan, pemberian buah memiliki makna agar pernikahan yang dijalani akan menghasilkan buah kebaikan bagi keluarga dan sekitarnya.

Baca Juga: Gapai Pernikahan Idaman dengan Tips Jitu Nabung untuk Nikah Paling Efektif

Nah, itu dia 15 isi kotak seserahan yang dapat kalian persiapkan untuk melamar pasangan kalian. Daftar tersebut bukan lah patokan yang harus diikuti, karena semua pilihan kembali lagi pada calon mempelai dan keluarga yang akan melaksanakan pernikahan.

Oh iya, ada baiknya jika kalian mencicili isi seserahan jauh-jauh hari sebelum pernikahan dilaksanakan. Oleh karena itu, yuk cari kebutuhan seserahan dan souvenir pernikahan terlengkap di Tokopedia!

Penulis: Muftia Parasati

Share

Olga LaurenzaOlga Laurenza

Related Articles

15 Inspirasi Ucapan Hari Waisak 2024 yang Menyentuh Hati
Relationship
15 Inspirasi Ucapan Hari Waisak 2024 yang Menyentuh Hati
© 2009-2024, PT Tokopedia