• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Rekomendasi Itinerary Jogja Terbaik untuk Liburan 4 Hari 3 Malam

Share

Rekomendasi Itinerary Jogja Terbaik untuk Liburan 4 Hari 3 Malam

Yogyakarta punya banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini itinerary Jogja terbaik untuk kamu yang ingin liburan selama 4 hari.


Yogyakarta adalah gudangnya makanan enak, seni budaya yang kaya, penduduknya yang ramah dan alam yang indah bergabung menjadi satu. Tak heran, banyak orang gemar berwisata ke kota pelajar.

Kalau kamu juga ingin berkunjung ke kota Jogja, tetapi bingung harus ke mana saja, ini artikel yang tepat untuk kamu. Sebab, di sini kamu akan mendapatkan panduan berlibur ke Yogyakarta. Tempat-tempat tujuan wisata yang direkomendasikan merupakan yang populer, mudah dijangkau dan terbaik.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini adalah itinerary di Jogja untuk 4 hari 3 malam yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.

Itinerary Liburan ke Jogja Terbaik

Transportasi

Untuk sarana transportasi ke Jogja, ada banyak yang bisa kamu pilih. Kamu bisa menggunakan kereta, pesawat, mobil atau bus.

Tergantung dengan sarana transportasinya, waktu tempuhnya pun akan berbeda. Hal ini perlu dipertimbangkan supaya kamu bisa menyesuaikan dengan waktu saat kamu ingin sampai di Jogja.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Bakpia Paling Enak se-Yogyakarta

Penginapan

Ada banyak banget hotel ataupun penginapan keren di Yogyakarta. Dua di antaranya adalah:

  • Hotel Tentrem

Hotel Tentrem merupakan hotel bintang 5 yang sangat nyaman. Baik eksterior dan interior dari hotel ini sangat megah, namun nyaman dan cozy pada saat yang sama. Hotel ini berlokasi di Jl. P. Mangkubumi No.72A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55233.

  • LOKAL Hotel & Restaurant

Hotel ini memiliki desain yang unik dan penuh warna. Cocok banget untuk anak muda. LOKAL Hotel & Restaurant berlokasi di Jl. Jembatan Merah no. 104c, Depok.

Toppers juga mencari apartemen atau villa yang disewakan. Ada banyak banget, lho, yang murah meriah.

Akomodasi

Selama di Jogja, kamu bisa menyewa mobil rental. Toppers bisa memilih untuk menginclude supir dan bensin ataupun tidak.

1. Hari Pertama

  • Makan siang: Sate Ratu

Sate Ratu adalah tempat makan sate yang enak banget di Jogja. Menu sate yang paling terkenal di sini adalah sate merah. Wajib coba!

Lokasi: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  • Wisata Budaya: Taman Sari Yogyakarta

Setelah makan siang, kamu bisa mengunjungi Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta adalah situs bekas kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. 

Lokasi: Patehan, Kraton, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55133

  • Makan malam: Mie Jawa Mbah Hadi

Malam-malam enaknya makan yang berkuah. Nah, Mie Jawa Mbah Hadi bisa menjadi pilihan untuk kamu. Tidak pernah sepi pengunjung, Mie Jawa Mbah Hadi ini memang menyajikan Mie Jawa yang sedap banget!

Lokasi: Jl. C. Simanjuntak No.1, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55223

2. Hari Kedua

  • Makan pagi: Nasi Brongkos Handayani

Toppers sudah pernah mencoba nasi brongkos belum? Enak banget, lho, Toppers. Makanan ini cocok banget untuk sarapan. Salah satu tempat nasi brongkos paling enak di Jogja adalah Nasi Brongkos Handayani.

Lokasi: Jl. Gading No.2, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55

Baca juga: Rekomendasi Wisata Jogja yang Bakal Bikin Kamu Kangen Suasana Jogja

  • Wisata Budaya: Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah tempat yang pas kalau kamu ingin mengenal lebih tentang seni dan budaya Jawa. Bangunannya pun indah banget, Toppers.

Lokasi: Jl. Boyong No.KM 25, Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

  • Makan siang: Legit Dapur dan Kebun

Setelah itu, kamu bisa makan siang dengan suasana asri di Legit Dapur dan Kebun. Makanan yang disajikan adalah beragam makanan Indonesia yang pastinya enak-enak.

Lokasi: Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

  • Ngopi di Klinik Kopi

Bagi Toppers para pecinta kopi, tempat yang satu ini tidak boleh dilewatkan, nih. Klinik Kopi adalah salah satu tempat yang dikunjungi Rangga dan Cinta di film AADC 2, lho, Toppers.

Lokasi: Kaliurang St No.KM. 7, RW.8, Ngabean Kulon, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55581

  • Makan malam: Gudeg Bromo Bu Tekluk

Gudeg Bromo itu bukanya tengah malam, Toppers, yaitu sekitar jam 11 malam. Ngantuknya worth it kok dengan rasanya, Toppers. Kamu bisa juga bisa sekaligus menikmati suasana kaki lima kota Jogja di malam hari.

Lokasi: Jl. Affandi No.2-A, Santren, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

3. Hari Ketiga

  • Makan pagi: Gudeg Yu Djum

Kalau gudeg yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Gudeg Yu Djum adalah salah satu gudeg paling terkenal di kota Jogja. Sudah ada banyak sekali cabang dari Gudeg Yu Djum. Tetapi, mumpung di Jogja, akan seru jika kamu mengunjungi Gudeg Yu Djum pusat.

Lokasi: Karangasem, Mbarek CT III/22, Jl. Kaliurang Km. 4,5, Yogyakarta

  • Wisata Belanja: Pasar Beringharjo

Pasar Beringharjo ini adalah surganya batik. Kalau kamu penyuka batik, kamu pasti tidak akan bosan-bosan berkeliling Pasar Beringharjo.

Lokasi: Jl. Margo Mulyo No.16, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122

  • Makan siang: Mie Ayam Tumini

Kalau kamu suka Mie Ayam dengan bumbu yang manis, Mie Ayam Tumini patut kamu coba. Tekstur mienya yang kenyal bercampur dengan bumbunya yang kaya rasa membuat mie ini susah dilupain!

Lokasi: Jl. Imogiri Tim. No.187, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163

  • Makan malam: Mediterranea Restaurant by Kamil

Jogja juga punya, kok, restoran makanan internasional yang enak-enak. Salah satunya adalah Mediterranea Restaurant by Kamil. Selain makanannya yang lezat, tempatnya pun nyaman dan bikin betah.

Lokasi: Tirtodipuran St No.24A, Mantrijeron, Yogyakarta City, Special Region of Yogyakarta 55143

4. Hari Keempat

  • Makan pagi: Soto Bathok Mbah Katro 

Soto Bathok Mbah Katro ini tempat makan terbaik banget untuk pecinta soto. Karena harganya yang sangat terjangkau, Toppers bisa nambah berkali-kali tanpa harus mengocek kantong terlalu dalam. Puas, deh, makannya.

Lokasi: Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman

  • Wisata Budaya: Candi Prambanan

Tidak begitu jauh dari Soto Bathok Mbah Katro adalah lokasi Candi Prambanan. Sepertinya tidak butuh perkenalan lagi ya, Toppers. Yang jelas, sayang banget kalau kamu ke Jogja tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Candi Prambanan sudah buka dari pagi, kok, Toppers.

Lokasi: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

Baca Juga: 32 Makanan Khas Aceh Terpopuler dan Paling Lezat

Sekian perjalanan kamu selama 4 hari di Jogja. Baru dibayangkan saja pasti sudah seru kan Toppers? Agar liburan kamu berjalan lancar, ayo rencakan dengan Tokopedia saja.

Kamu bisa booking hotel,beli tiket kereta api maupun pesawat lebih mudah dengan Tokopedia. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga dan penuhi semua kebutuhanmu!

promo hotel tokopedia
Promo Hotel Tokopedia

Penulis: Talitha

© 2009-2024, PT Tokopedia