Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES
Jangan Lewatkan Kesempatan untuk Berdiskusi Dengan Puluhan Pemimpin Teknologi Perempuan pada START Women in Tech!
12 November 2021
Share icon
Share
Jangan Lewatkan Kesempatan untuk Berdiskusi Dengan Puluhan Pemimpin Teknologi Perempuan pada START Women in Tech!

Siapa bilang industri teknologi hanya untuk laki-laki? Nyatanya, banyak perempuan di Indonesia yang berkecimpung serta berkontribusi, bahkan menjadi seorang pemimpin, di industri ini. Jutaan inovasi yang setiap harinya bisa kita nikmati untuk mempermudah kehidupan sehari-hari sejatinya tidak lepas dari peran perempuan. 

Namun, hingga saat ini masih ada stigma yang mengatakan bahwa teknologi bukan lah bidang yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian perempuan. Hal ini pun menjadi tembok pembatas yang menghalangi perempuan untuk melangkah lebih jauh dan menunjukkan talentanya di industri ini. 

Padahal, di era yang sangat dinamis ini, industri teknologi berkembang begitu masif dan kebutuhan akan talenta digital terus meningkat. Menurut riset dari McKinsey, dalam waktu kurang dari 9 tahun, tepatnya pada tahun 2021, Indonesia diprediksi akan kekurangan 9 juta talenta digital. Dari 113 juta talenta yang dibutuhkan, dengan kondisi saat ini diprediksi hanya akan dapat memenuhi 103 juta saja. 

Selain itu, riset lain dari Badan Pusat Statistik (2017) pun juga menunjukkan bahwa pekerja di bidang teknologi atau Science, Technology, Engineering, dan Mathematics (STEM) ini masih didominasi oleh laki-laki, dengan persentase perempuan yang hanya mencapai 30%. Hal ini membuktikan bahwa masih terdapat kesenjangan pada industri tersebut.

Melihat situasi ini, Tokopedia melalui Tokopedia Academy kembali menggelar acara konferensi virtual START Women in Tech sebagai wadah untuk mendorong inklusivitas dan kesetaraan gender demi mempercepat adopsi digital dan memajukan teknologi di Indonesia.  

Setelah sukses ditonton lebih dari 4,000 peserta yang hadir pada konferensi pertama di tahun 2020 lalu, kini START Women in Tech akan kembali dengan membawakan tema “Empower Women, Revolutionize Technology Together” pada tanggal 27 November 2021.  Acara ini akan menghadirkan puluhan perempuan yang tidak hanya berkarir di dunia teknologi, namun juga mendorong terciptanya beragam inovasi hingga berkontribusi dalam memberikan dampak yang signifikan. 

Tertarik untuk mengikuti acara ini? Yuk, simak dulu apa saja yang perlu kamu ketahui tentang acara START Women in Tech 2021! 

Beragam Sesi Keynote Yang Menginspirasi

START Women in Tech akan membawakan rangkaian diskusi bersama para pemimpin perempuan di industri teknologi melalui konferensi virtual yang terbagi ke dalam beberapa sesi, yakni keynote sessions dan breakout rooms. 

Pada keynote sessions, kamu memiliki kesempatan untuk mendengarkan kisah inspiratif yang dapat membuka mata tentang bagaimana pentingnya peran perempuan di industri ini. Keynote sessions akan dibawakan langsung oleh para pemimpin perempuan yang sudah berpengalaman di bidangnya, seperti di bawah ini:

  1. Melissa Siska Juminto, COO Tokopedia, akan membagikan kisah serta perjalanannya bersama Tokopedia dengan tema “Accelerating Progress Through Equality”.
  2. Catherine Sutjahyo, Chief Commercial Expansion Gojek, akan menjelaskan mengapa perempuan harus menjadi bagian dari industri teknologi melalui tema “The Potential of the Technology Field and Why Women Should Take Part”.
  3. Lenny Suwardi, Senior VP of Data Protection & Privacy Office Tokopedia, dan Fiona Pan, VP of Data Science Tokopedia, akan memaparkan tentang pentingnya memiliki perempuan sebagai pemimpin melalui tema “Why Having Women in Leadership Matters”.
  4. Elvira Simanjaya, Head of Engineering Tokopedia, akan menjelaskan mengapa semua orang, termasuk perempuan, perlu mendalami ilmu tentang industri teknologi yang akan terus berkembang lewat tema “Technology Should Be For All”.
  5. Priscilla Anais, AVP of Product Tokopedia, akan menjelaskan cara memaksimalkan potensi diri melalui tema “Make the Most Out of Our Potential”.
  6. Libertha Hutapea, AVP of People, juga akan bercerita tentang bagaimana Tokopedia mendukung lebih banyak perempuan untuk dapat mengejar mimpinya di bidang teknologi melalui tema “Supporting More Women to Become Leaders”.
  7. Astri Wahyuni, VP of Public Policy & Government Relations, akan menceritakan pengalamannya seputar pemanfaatan teknologi untuk membantu masyarakat di Indonesia mendapatkan layanan publik dengan nyaman lewat tema “Public Service Digitalization”. 

Breakout Rooms Untuk Semua Kalangan

Pada START Women in Tech kali ini, Tokopedia juga menghadirkan breakout rooms yang dikemas menarik dan dapat diikuti oleh siapa saja, baik praktisi, pegiat teknologi, profesional, pakar, hingga pelajar. Breakout rooms akan mengajak kamu untuk bergabung dengan sesi Teknologi, Data, Product, dan Product Design yang dirancang untuk seluruh pegiat teknologi.

Sesi ini akan memberikan wawasan tentang bagaimana tantangan di industri teknologi saat ini, serta bagaimana mempersiapkan setiap perempuan agar dapat unggul, berkembang, dan dapat menjadi pemimpin masa depan di bidang teknologi. 

Pastikan bahwa kamu mengikuti seluruh sesinya karena setiap segmen memiliki topik yang beragam. Mulai dari bagaimana mengambil keputusan dalam membuat produk melalui data, bagaimana mengembangkan sistem untuk dapat mendeteksi insiden, hingga tahapan apa saja yang perlu diketahui untuk menjadi seorang product designer. 

Berikut adalah susunan acara dan topik yang akan dibawakan pada sesi Breakout Rooms! 

Professional StreamStudents Stream
Topik: How to #MoveFastWithHighQuality in Tokopedia

Pembicara: Tika Widiati, Software Engineer Lead – Engineering Productivity Tokopedia & Riska Junia, Software Engineer Lead – Engineering Productivity Tokopedia
Topik: Jumpstart Your Career in The Tech Industry

Pembicara: Nathania Sutedja, Head of Engineering – Android Tokopedia & Inrianty Resya Putr, Lead QA Engineer Gojek
Topik: AI Powered Product Discovery

Pembicara:Sharmili Roy, Data Science Senior Lead Tokopedia & Eram M, Dea, Data Science Lead Tokopedia
Topik: Privacy in A Data-Driven World

Pembicara: Irene Suryadi, Head of Data Privacy Tokopedia, Erika Hutapea, Lead Data Analyst Tokopedia, Ranty Putri, Analytics Lead Tokopedia
Topik: Building Faster Incident Awareness and Resolution: Alerting & Monitoring and Incident Management

Pembicara: Cita Indraswari, Product Manager Senior Lead Tokopedia & Yunika Winarti, Lead DevOps Engineer Tokopedia
Topik: Fundamentals of a PRD

Pembicara: Gabriella Kawilarang, Senior Lead Product Manager Tokopedia & Vania Chandra, Senior Lead Product Manager Tokopedia
Topik: Making Product Decision with Data and Intuition

Pembicara: Mia Renauly, Senior Product Manager Tokopedia & Sheren Lengkong, Senior Product Manager Tokopedia
Topik: Journey in Leading and Building Digital Talent

Pembicara: Sherly Septiani, Lead Software Engineer – Web Platform & Alamanda Shantika Santoso, President Director Binar Academy
Topik: Database Automation to Improve Effectivity and Efficiency of DB Platform Daily Task

Pembicara: Vina Maghdalena, System Engineer – Database Administrator Tokopedia & Bella Nurfadhila, Senior Database Engineer Tokopedia
Topik: Supporting Technology Industry from Different Background

Pembicara: Hilda Kitti, VP of Marketing Tokopedia & Ayunda Wardhani, VP of Marketing Bridestory
Topik: Journey in Building Tokopedia’s Research Team

Pembicara: Patricia Jesslyn Siswanto, UX & Product Research Senior Lead Tokopedia & Ananda Nadya, Senior UX Researcher Tokopedia
Topik: Gearing Up for Your Early Product Design Journey

Pembicara: Kamila Okta, Product Design Lead Tokopedia & Luna Diandra, Senior UX Designer Tokopedia

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera daftarkan diri kamu sekarang di sini dan kunjungi situs https://academy.tokopedia.com/events/start-wit untuk informasi selanjutnya!


TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

MORE FROM AUTHOR

Editor Picks
Popular Posts
Jadwal Pengiriman Pesanan Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2020
Popular Category
    © 2009-2021, PT Tokopedia