• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

25 Jenis Burung Lovebird Tercantik dan Terfavorit, Warnanya Unik!

08 August 2022

Share

25 Jenis Burung Lovebird Tercantik dan Terfavorit, Warnanya Unik!

Kamu pecinta burung tapi tidak tahu apa itu, lovebird? Kenali jenis lovebird tercantik dan paling unik berikut ini!


Lovebird merupakan burung anggota genus Agapornis. Burung yang masih bagian dari keluarga burung nuri ini diberi nama demikian, karena mereka memiliki tingkah laku yang saling berdekatan dan menyayangi satu sama lain.

Jenis burung cinta atau lovebird yang asli kebanyakan berasal dari benua Afrika dan masih ada sembilan spesies yang berhasil diidentifikasi. Spesies selebihnya yakni hasil perkawinan silang atau rekayasa genetika.

Nah, bagi kamu yang ingin mengenal jenis burung ini lebih dalam dan menjadi referensi untuk kamu para pecinta burung, yuk simak daftar lovebird paling cantik yang harganya ternyata tak terduga, lho!

Baca Juga: Ini Berbagai Model Kandang Burung Sesuai Jenisnya, Ada Kandang Burung Lovebird!

Jenis dan Macam Burung Lovebird

Ada banyak sekali jenis burung lovebird di dunia. Di Indonesia sendiri, burung lovebird paling banyak ditemukan di Papua dan di Sumatera Utara. Nah, buat kamu yang tertarik ingin memelihara burung lovebird, berikut beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis burung lovebird yang terkenal langka ini. Yuk, simak artikel di bawah!

1. Pale Fellow

pale fellow

Sumber Gambar: EN-LINEA

Pale fallow merupakan jenis lovebird hasil mutasi dari ras albino dan latino. Keunikan yang khas dari pale fallow adalah warna matanya yang merah.

Walaupun pada saat ini harga lovebird turun drastis, namun pale fallow tetap stabil bahkan merangkak naik. Karena keunikan dan kelangkaannya.

2. Lovebird Muka Salem

Lovebird Muka Salem

Sumber Gambar: Shutterstock

Lovebird berwajah kemerah-merahan, juga dikenal sebagai lovebird berwajah peach dan lovebird berkerah-merah, ditemukan di padang pasir Afrika barat daya, khususnya Gurun Namib.

Spesies ini sangat rentan terhadap mutasi warna, dan berbagai pola warna terlihat di alam liar, bahkan mengabaikan banyak morf yang dibiakkan secara buatan.

Lovebird jenis ini sebagian besar berwarna hijau, dengan wajah merah muda merah dan pantat biru.

3. Lovebird Fischer

Lovebird Fischer

Sumber Gambar: PetGuide

Nama burung yang satu ini berasal dari seorang penjelajah Jerman di Afrika yang bernama Gustav Fischer. Mereka memiliki punggung dan dada berwarna hijau, bertransisi menjadi wajah oranye. Melalui warna kuning di bagian leher dan warna hijau zaitun di bagian atas kepala.

4. Lovebird Topeng

Lovebird topeng

Sumber Gambar: Wikimedia

Lovebird bertopeng, juga dikenal sebagai lovebird kuning-berkerah. Karena leher kuning ditemukan dalam corak warna yang paling umum, mudah terlihat berkat ‘topeng’ hitam mereka.

Burung asal Tanzania ini juga biasanya memiliki kerah berwarna kuning yang menonjol, tetapi mungkin ada pula yang berbeda warna.

5. Lovebird Berkerah Hitam

lovebird berkerah hitam

Sumber Gambar: The Gorbal SLA

Juga disebut Lovebird Swindern (nama latin), mereka ditemukan di hutan hujan ekuatorial Afrika, di Kongo-Kinshasa, Kongo-Brazzaville, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Liberia, Uganda, dan Pantai Gading. Panjangnya sekitar 13,5 cm.

Spesies ini tidak populer untuk dijadikan hewan peliharaan, karena membutuhkan makanan khusus yang cukup sulit didapat.

6. Lovebird Abisinia

Lovebird Abisinia

Sumber Gambar: The Gorbal SLA

Seperti namanya, spesies ini dikenali oleh bulu hitam yang menonjol di bagian bawah sayap. Tambalan merah di dahi hanya terlihat pada laki-laki, di samping cincin tipis bulu merah di sekitar mata.

Lovebird Abisina bisa ditemukan terutama di Eritrea dan Ethiopia.

7. Lovebird Nyasa

Lovebird Nyasa

Sumber Gambar: Wikipedia

Juga dikenal sebagai Nyasa Lovebird, spesies ini termasuk yang terkecil dari genus. Panjangnya biasanya kurang dari 13 cm. Ia memiliki warna wajah kemerahan, dengan kepala dan leher oranye, yang berubah menjadi hijau di bagian belakang dan depan.

8. Lovebird Pipi Hitam

Lovebird Pipi Hitam

Sumber Gambar: Lars Bodin’s Encyclopedia of Parrots

Lovebird pipi hitam adalah lovebird yang paling terancam habitatnya. Burung ini hanya ditemukan di tambalan di wilayah sekitar perbatasan antara Namibia, Zambia, dan Botswana.

Panjangnya sekitar 14 cm. Memiliki punggung hijau dan depan, dengan kepala oranye-coklat gelap diapit oleh pipi dan leher hitam, yang terhubung ke dada hijau melalui patch oranye kecil, serta cincin putih di sekitar matanya.

9. Lovebird Muka Merah

Lovebird Muka Merah

Sumber Gambar: HBW Alive/Frederic Pelsy

Dinamai muka merah karena bagian depan merah yang mencolok dari wajah mereka. Panjangnya sekitar 15 cm, dan seragam berwarna hijau terlepas dari bercak merah eponim. Mereka juga memiliki paruh merah.

Mengenai bercak merah dan paruh, jantan memiliki warna yang jauh lebih berbeda dan lebih kaya. Paruh betina pucat, dan tambalannya lebih kecil dan tidak terlalu mencolok dibandingkan dengan jantan.

Jenis lovebird yang satu ini bisa ditemukan di hampir seluruh Afrika.

10. Lovebird Madagaskar

Lovebird Madagaskar

Sumber Gambar: Wikipedia

Ini adalah satu-satunya spesies lovebird asli Madagaskar dan bukan dari daratan benua Afrika. Akibatnya, burung ini juga dikenal sebagai lovebird Madagaskar. Ini adalah salah satu lovebird terkeci.

Uniknya, ketika burung ini tumbuh dewasa, warna sayap dan punggung lovebird Madagaskar berubah dari warna aslinya saat kecil.

Baca Juga: Deretan Burung Peliharaan yang Cocok Buat Pemula, Mudah Merawatnya!

11. Lovebird Lutino

lovebird lutino

Sumber Gambar: Info Peternakan

Lutino merupakan lovebird yang tergolong mahal dan sangat banyak untuk dijadikan peliharaan. Ia merupakan jenis lovebird hasil mutasi genetik dari ras muka salem. Panjang tubuhnya sekitar 16 sampai 18 cm dengan tampilan sangat berbeda dari ras aslinya.

Secara keseluruhan tubuhnya berwarna kuning dengan wajah berwarna merah cerah hingga oranye kemerahan. Untuk matanya, burung ini memiliki variasi warna hitam dan ada yang berwarna merah.

12. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok

Sumber Gambar: Gemar Burung

Blorok merupakan lovebird hasil rekayasa genetika yang memiliki bulu dengan degradasi lebih dari satu warna. Adapun degradasi tersebut tersusun secara tidak rata, sehingga terkesan sangat unik.

Jenis lovebird yang satu ini juga tergolong sangat langka dan mahal harganya. Karena tidak dihasilkan dengan cara yang mudah. Beberapa jenisnya yang populer dan sering ditemui yakni blorok biru, violet, blue series dan lutino.

13. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt

Sumber Gambar: Pengicau

Masyarakat banyak yang mengenal lovebird cobalt dari bulunya yang berwarna biru. Pasalnya, hampir semua bagian tubuhnya memang berwarna biru. Namun, bagian kepala hingga leher dihiasi warna abu-abu.

14. Lovebird Albino

Lovebird Albino

Sumber Gambar: Lovebirds Are Awesome

Jenis ini memang banyak banyak difavoritkan, karena memiliki warna putih polos yang bersih. Tampilan albino dengan dominasi warna putih membuat paruh oranye dan warna merah mataranya terlihat mencolok, meski sebenarnya tidak demikian.

15. Lovebird Biru Mangsi

Lovebird Biru Mangsi

Sumber Gambar: Kicau Mania

Lovebird biru mangsi memiliki sayap dan tubuh berwarna biru samudra dengan dada, leher dan paruh yang berwarna putih. Bagian kepala memiliki tudung berwarna hitam, ada yang hitam pekat yang bernama biru mangsi personata, dan ada juga yang gradasi warna hitam.

16. Lovebird Violet

Lovebird Violet

Sumber Gambar: Perawatan Burung

Jenis lovebird violet memiliki ciri yang sama dengan biru cobalt dan biru mangsi, namun ia lebih mahal dibandingkan kedua ras tersebut. Jenis violet memiliki tubuh dan sayap berwarna biru gelap atau violet, dan memiliki leher serta dada berwarna putih.

Mereka juga memiliki tudung kepala berwarna hitam dengan paruh dan kacamata putih. Serta ujung sayap, punggung, dan kaki berwarna hitam.

17. Lovebird Batman

Lovebird Batman

Sumber Gambar: Birdsplanet

Sesuai namanya, burung ini dinamakan Batman karena warnanya yang menyerupai pahlawan fiksi ternama. Mata lovebird Batman berbentuk bulat hitam dengan kacamata putih dan paruh melengkung berwarna putih kekuningan, serta leher berwarna putih.

18. Lovebird Merah

Lovebird Merah

Sumber Gambar: Animals And Birds

Keberadaan lovebird ini masih menjadi tanda tanya. Pasalnya jenis lovebird yang memiliki warna merah ini sangat sulit ditemukan. Ia memiliki ciri khas seluruh tubuh berwarna merah agak oranye. Sementara ujung sayapnya ada variasi warna putih.

Karena sangat sulit ditemukan, banyak orang mengaggap bahwa lovebird merah adalah hasil orang iseng dan warna tersebut tidak benar-benar ada. Atau memang, jenis ini adalah yang paling langka.

19. Lovebird Misty

Lovebird Misty

Sumber Gambar: YouTube/Forpus Mutations

Salah satu ras hasil mutasi genetik yang menghasilkan warna unik lainnya, yakni lovebird misty. Sesuai dengan namanya “mist” atau dalam bahasa Inggris berarti kabut, maka lovebird yang satu ini juga memiliki bulu menyerupai kabut.

Warnanya terlihat lusuh, namun bisa memancarkan efek kemerahan jika terkena sinar atau cahaya. Kebanyakan jenis ini punya warna dasar kuning mengilap dengan kepala dan ekor hitam.

20. Lovebird Australian Cinnamon

Lovebird Australian Cinnamon

Sumber Gambar: Perris – American Listed

Lovebird Australian cinnamon lebih mirip dengan lovebird pastel, di mana warna bulunya lebih soft dan kalem. Namun, bila keduanya disejajarkan, maka jenis yang satu ini paling lembut.

Baca Juga: Ini Berbagai Inspirasi Nama Hewan untuk Peiiharaan Kesayangan Kamu

21. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider

Sumber Gambar: The Gorbalsla

Lovebird halfsider biasanya memiliki kombinasi warna pastel kuning, biru, hijau, dan pastel biru. Walaupun corak dari halfsider memiliki populasinya sendiri, namun populasi dari jenis satu ini nyatanya sangatlah sedikit dan bisa dikatakan sebagai yang langka.

Lovebird halfsider dikatakan langka karena lahirnya jenis ini hanya terjadi dari sepersekian peluang perkawinan. Karena peluang yang sedikit itu pula membuat para peternak enggan mengembangkan jenis ras ini.

22. Lovebird Olive

Lovebird Olive

Sumber Gambar: Kibrispdr.org

Lovebird Olive merupakan salah satu jenis burung lovebird yang sangat populer di Indonesia. Kicau dari jenis satu ini diklaim cukup nyaring. Burung ini juga menghasilkan warna yang indah karena mengkombinasikan 3 warna sekaligus.

Ciri-ciri dari lovebird Olive antara lain memiliki warna paruh merah tua yang mana sangat lucu dan indah dilihat, memiliki gradasi warna yang sangat unik di pipi mereka, dan yang memiliki bulu berwarna putih sebagai tanda dan ciri pada bagian atas paruhnya.

23. Lovebird Dakori

Lovebird Dakori

Sumber Gambar: Gdmagri.com

Jenis satu ini jika diperhatikan secara sekilas sangatlah mirip dengan jenis lovebird Dakocan. Cara membedakan kedua jenis tersebut adalah dengan memperhatikan bagian lehernya di mana Dakori memiliki leher berwarna hitam pekat.

Kelemahan dari lovebird Dakori ini adalah tubuhnya yang sangat ringkih sehingga perlu perawatan yang ekstra agar jauh dari penyakit.

24. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue

Sumber Gambar: Catatan Burung

Lovebird Parblue sebenarnya adalah singkatan dari Partial blue. Warnanya sangat khas karena didominasi oleh warna biru namun tidak full pada bagian tubuhnya. Hal tersebut juga merupakan alasan mengapa ia diberikan nama Parblue.

Warna dari lovebird Parblue ini tidak selalu kuning atau biru, karena seringkali juga ditampilkan dengan warna hitam. Semua tergantung pada jenis apa induk burungnya .

25. Lovebird Dakocan

Lovebird Dakocan

Sumber Gambar: Pinterest

Jika beberapa burung Lovebird rutinitasnya hanya berdua dengan pasangan, hal tersebut tidak berlaku pada lovebird Dakocan. Jenis satu ini malah sangat menyukai aktivitas berkelompok dengan kawanannya guna menghindari predator.

Lovebird Dakocan mirip dengan lovebird Dakori. Ciri utama lovebird Dakocan antara lain memiliki warna yang sangat kental dengan warna hijau, terdapat gradasi orange di bagian badan sampai leher, memiliki paruh berwarna merah, cakar berwarna hitam, dan biasanya pada bagian kepala berwarna kuning, biru atau hijau.

Baca Juga: Cek Daftar Jenis Hamster Jinak yang Bisa Dijadikan Peliharaan di Rumah

Itu dia beberapa jenis burung lovebird yang bisa kamu jadikan sebagai referensi kamu, Toppers! Walaupun masih banyak jenis lain di luar sana yang belum disebutkan, yang disebutkan di atas adalah yang paling indah dan menawan, bukan?

Apakah ada dari deretan macam burung lovebird tersebut jadi favoritmu, Toppers? Jika iya, siap-siap untuk merogoh kocek yang dalam ya!

Apabila kamu pecinta burung peliharaan sejati, yuk temukan makanan burung, kandang burung dan perlengkapan merawat hewan lainnya dengan harga terbaik di Tokopedia!

Penulis: Rizfa Khainayya

Share

Melly Yustin AuliaMelly Yustin Aulia

Related Articles

Tabel Shio Lengkap 2024 dan Profil Setiap Shio
Hobi dan Gaya Hidup
Tabel Shio Lengkap 2024 dan Profil Setiap Shio
© 2009-2024, PT Tokopedia