• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Jenis & Ciri-Ciri Kupu-Kupu, Si Cantik Penghias Taman

21 April 2022
Share
10 Jenis & Ciri-Ciri Kupu-Kupu, Si Cantik Penghias Taman

Jenis dan ciri-ciri kupu-kupu yang perlu kamu ketahui. Berwarna-warni dan memiliki keunikan tersendiri.


Seringkali serangga dianggap sebagai hewan yang menjijikkan ataupun bahkan menyeramkan. Namun, kupu-kupu merupakan serangga yang indah dan unik yang juga memiliki jumlah spesies yang sangat banyak. Kupu-kupu memiliki sekitar 17,500 spesies yang berbeda tersebar di seluruh dunia, dan masing-masing dapat memiliki warna dan bentuk yang berbeda. Kehadiran kupu-kupu dalam sebuah taman pun membuat taman terasa lebih lengkap. Dengan adanya ribuan jenis kupu-kupu, serangga yang satu ini sangat menarik untuk dipelajari. Makanya, tidak heran jika para peneliti tidak bosan untuk mempelajari kecantikan hewan ini dan mencari spesies-spesies baru.

voucher game tokopedia

Dapatkan voucher game di Tokopedia, pamerkan kebolehanmu!

Baca Juga: Metamorfosis Kupu-Kupu, dari Telur hingga Kupu-Kupu Dewasa

Ciri-Ciri Kupu-Kupu

Kupu-kupu memiliki beberapa ciri-ciri khusus yang membuat serangga ini unik. Berikut adalah beberapa ciri kupu-kupu yang cantik tersebut.

  • Meskipun sayap kupu-kupu terlihat berwarna-warni, sayapnya ini sebenarnya transparan. Warna yang dihasilkannya ini berasal dari sisiknya.
  • Secara garis besar, ada dua jenis kupu-kupu. Ada yang aktifnya di siang hari, dan yang aktif pada malam hari.
  • Kupu-kupu merupakan hewan yang memiliki proses metamorfosis sempurna. Hidupnya diawali dari telur, ulat, kepompong, lalu tahap terakhirnya baru menjadi kupu-kupu.
  • Kaki kupu-kupu terdiri dari 3 pasang. Kakinya ini juga sangat halus sehingga tidak akan merusak tumbuhan yang dihinggapinya.
  • Kaki kupu-kupu memiliki reseptor sehingga bisa mereka pakai untuk mencicipi makanan pada tumbuhan.
  • Kupu-kupu hanya dapat mengkonsumsi cairan karena mereka tidak dapat menggigit atau mengunyah.
  • Kupu-kupu makan dengan menggunakan belalai yang disebut proboscis. Belalai ini fungsinya seperti sedotan.
  • Kupu-kupu tidak dapat terbang jika suhu di sekitarnya terlalu dingin.
  • Kupu-kupu berkembang biak dengan cara bertelur.
  • Warna-warna pada sayapnya bisa digunakan sebagai kamuflase untuk menipu pemangsa. Bahkan, ada kupu-kupu yang memiliki warna mencolok untuk mengintimidasi pemangsa.
Baca Juga: Daur Hidup Belalang Lengkap dengan Gambar dan Penjelasannya

10 Jenis Kupu-Kupu Indah dan Unik

Dari 17.500 spesies kupu-kupu, semuanya tentu memiliki keunikan masing-masing. Berikut adalah beberapa jenis kupu-kupu yang cukup terkenal dan unik.

1. Monarch

jenis kupu-kupu monarch

Sumber Gambar: Unsplash

Kupu-kupu monarch mungkin adalah jenis kupu-kupu yang paling terkenal dan disukai oleh banyak orang. Kupu-kupu yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dibanding jenis-jenis lainnya. Kupu-kupu ini juga beracun jika dimakan dan itu membuat pemangsa menghindarinya. Asal usul nama monarch untuk jenis ini adalah pola bintik-bintik pada pinggiran sayapnya yang menyerupai jubah bangsawan pada saat jenis ini ditemukan.

2. Viceroy

jenis kupu-kupu viceroy

Sumber Gambar: GoSanAngelo

Sekilas, kupu-kupu viceroy terlihat sama dengan jenis monarch. Kupu-kupu ini pun dinamakan viceroy karena kemiripannya dengan monarch mengingat viceroy berarti wakil raja. Untuk melihat perbedaannya, kamu perlu memperhatikan corak pada bagian sayapnya dengan baik. Pada sayap bagian belakangnya, kupu-kupu viceroy memiliki corak yang terbentang dari ujung ke ujung.

3. Great Spangled Fritillary

jenis kupu-kupu great spangled fritillary

Sumber Gambar: Alabama Butterfly Atlas

Kupu-kupu great spangled fritillary memiliki sayap yang berwarna oranye cerah. Beberapa peneliti mengatakan bahwa jenis kupu-kupu ini meniru warna sayap monarch yang beracun agar pemangsa tidak berani untuk memakannya. Kupu-kupu jenis great spangled memiliki bintik-bintik silver pada bagian bawahnya. Ada juga banyak kupu-kupu lain yang memiliki warna yang sama dengan jenis ini.

4. Tiger Swallowtail

jenis kupu-kupu tiger swallowtail

Sumber Gambar: Britannica

Tiger swallowtail merupakan jenis yang cukup mudah untuk kamu kenal. Kamu bisa mengenal kupu-kupu ini dengan melihat garis berwarna kuning hitam pada sayapnya. Jenis kupu-kupu ini pun dinamakan demikian karena warnanya tersebut. Terkadang, kupu-kupu betina dari tiger swallowtail memiliki warna coklat yang lebih gelap, sehingga lebih mirip dengan hewan panther, terutama pada bagian selatan. Perubahan warna ini sepertinya dilakukan untuk meniru jenis kupu-kupu pipevine swallowtail yang terasa tidak enak jika dimakan.

5. Pipevine Swallowtail

jenis kupu-kupu pipievine swallowtail

Sumber Gambar: Wisconsin Butterflies

Dari sekian banyak kupu-kupu, ada berbagai jenis swallowtail dan pipevine swallowtail ini merupakan salah satunya. Banyak jenis kupu-kupu lain yang sering meniru warna biru abu-abu dari kupu-kupu ini. Kupu-kupu ini dikatakan beracun atau akan terasa tidak enak jika dimakan oleh pemangsa seperti burung dan kadal. Itulah mengapa banyak kupu-kupu lain yang meniru warnanya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Kelinci dari Hamil hingga Stres, Ketahui dan Tangani dengan Tepat!

6. Giant Swallowtail

jenis kupu-kupu giant swallowtail

Sumber Gambar: Alabama Butterfly Atlas

Seperti namanya, giant swallowtail ini merupakan kupu-kupu dengan ukuran yang cukup besar dengan warna kuning hitam. Penampakan kupu-kupu ini dipastikan akan menjadi penampakan yang tidak mudah untuk kamu lupakan. Sebagai ulat, jenis kupu-kupu ini sering disebut sebagai “orange dogs” atau anjing oren. Hal ini dikarenakan pemilihan makanan mereka, yakni oranye atau lemon. Ulat ini pun bisa merusak pohon-pohon yang masih muda.

7. Cabbage White

jenis kupu-kupu cabbage white

Sumber Gambar: Birds and Blossoms

Jenis kupu-kupu yang satu ini diperkenalkan di Eropa dan sayapnya hanya terdiri dari warna putih. Kupu-kupu ini juga mudah ditemukan di halaman belakang, hutan, ataupun pegunungan. Cabbage white tidak dilindungi oleh senyawa-senyawa beracun, sehingga proteksinya tergolong rendah. Seperti namanya, kupu-kupu ini dapat merusak tanaman cabbage atau kubis.

8. Orange Sulphur

jenis kupu-kupu orange sulphur

Sumber Gambar: National Park Service

Sesuai dengan namanya, kupu-kupu ini berwarna oranye seperti sulfur. Kupu-kupu ini merupakan salah satu jenis kupu-kupu yang pertama muncul di musim semi. Spesies kupu-kupu ini tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Kupu-kupu orange sulphur seringkali ditemukan di taman dalam kota atau lapangan golf di bagian Amerika Selatan.

9. Zebra Longwing

jenis kupu-kupu zebra longwing

Sumber Gambar: South Carolina Public Radio

Kupu-kupu yang cantik ini memiliki ciri-ciri sesuai dengan namanya. Sayapnya berwarna hitam putih seperti zebra dan berbentuk panjang dan lebar. Di malam hari, zebra longwing seringkali bertengger bersama dalam jumlah besar yang dapat mencapai 50 individu. Ulatnya pun juga memiliki warna yang sama, yakni hitam putih.

10. California Sister

jenis kupu-kupu california sister

Sumber Gambar: iNaturalist

California sister merupakan salah satu kupu-kupu dengan corak yang cantik. Kupu-kupu ini berukuran besar dan dapat terbang dengan cepat. Kupu-kupu ini seringkali minum dari genangan air. California sister ini memiliki beberapa variasi, dan beberapa darinya memiliki sayap berwarna ungu.

Baca Juga: Metamorfosis Tidak Sempurna dan Contoh Hewan Yang Mengalaminya

Itu dia, Toppers, ciri-ciri kupu-kupu beserta beberapa jenisnya yang cantik dan unik. Banyak sekali jenis dan spesies kupu-kupu lainnya yang tidak dapat muat dalam satu artikel, dan masing-masingnya memiliki keindahan tersendiri. Keindahan dari kupu-kupu juga membuatnya digemari oleh banyak orang untuk dikoleksi. Bagaimana, Toppers? Jenis kupu-kupu mana yang paling kamu sukai?

laptop terbaik tokopedia

Produktif kapan saja dan di mana saja, pakai laptop terbaik kuncinya!

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2023, PT Tokopedia