• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya

Share

9 Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari & Manfaatnya

Ini dia inspirasi olahraga yang baik untuk dilakukan malam hari serta manfaatnya. Lakukan dan tutup harimu dengan tidur yang berkualitas!


Banyak yang bilang waktu terbaik untuk olahraga adalah sebelum kamu memulai hari. Faktanya, waktu terbaik untuk berolahraga adalah di waktu yang kamu sempatkan, sekali pun itu di malam hari.

Bahkan, tahukah kamu ternyata berolahraga di malam hari juga memiliki efek yang bisa meningkatkan kualitas hidup? Ya, berolahraga setelah selesai beraktivitas bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan fisik dan mental.

Ketika memilih olahraga malam, kamu harus selektif menentukan jenis olahraga yang dilakukan untuk menghindari cedera dan kelelahan. Tidak perlu bingung, kami punya 9 inspirasi olahraga yang bisa kamu lakukan di malam hari!

Baca Juga: Ketahui Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani untuk Menjaga Kesehatan sesuai Tujuan

Olahraga yang Baik Dilakukan Malam Hari

Mau sendiri atau bersama, dengan alat atau tidak, dalam ruangan atau luar ruangan, kamu bisa pilih olahraga malam yang paling tepat untukmu di sini!

1. Latihan Kekuatan dengan Beban

olahraga malam angkat beban

Sumber Gambar: independent.co.uk

Latihan kekuatan dengan beban merupakan salah satu olahraga paling efektif untuk membentuk tubuh, menambah massa otot, membakar lemak dan kalori, serta meningkatkan kekuatan fisik seseorang.

Olahraga angkat beban merupakan olahraga yang dilakukan secara bertahap. Jadi, kalau kamu baru mulai bisa pakai beban ringan seperti dumbell atau kettlebell. Panas tubuh yang meningkat saat angkat beban dapat mengendurkan otot dan menciptakan efek termal yang mirip dengan mandi air hangat.

2. Pilates

olahraga malam pilates

Sumber Gambar: fitnessfirst.co.id

Olahraga satu ini sering dianggap sama dengan yoga, padahal tujuannya berbeda. Perbedaan yoga dan pilates adalah yoga digunakan untuk meningkatkan kelenturan tubuh dan persendian. Di sisi lain, pilates berfokus pada upaya untuk mengendurkan sekaligus memperkuat otot-otot yang tegang.

Kalau kamu banyak menghabiskan waktu dalam posisi yang sama untuk waktu yang panjang, pilates sangat tepat untuk kesehatan ototmu.

3. Shadow Boxing

olahraga malam shadow boxing

Sumber Gambar: classpass.com

Shadow boxing adalah olahraga tinju tanpa lawan alias hanya meninju udara saja. Meskipun tanpa lawan, khasiat yang kamu dapatkan tidak main-main. Shadow boxing dapat mendukung pembakaran lemak. Terlebih lagi, ada banyak kontraksi yang terjadi ketika meninju udara.

Menurut penelitian dalam jurnal International Journal of Sports Medicine, kontraksi berperan dalam menambah massa otot.

4. Menari dengan Musik

olahraga malam menari zumba

Sumber Gambar: turncardiojamstudio.com

Beraktivitas seharian bisa membuat kamu penat. Menari adalah salah satu cara yang pas untuk melepas penat sekaligus membakar kalori. Kamu bisa menemukan banyak video panduan olahraga ini di YouTube dengan pilihan lagu dari berbagai genre dan generasi.

Selain melepas penat, olahraga dengan menari juga bisa membuat kamu yang sulit termotivasi lebih mudah untuk mulai berolahraga!

5. Bersepeda

olahraga malam bersepeda

Sumber Gambar: sustrans.org.uk

Tutup harimu dengan menikmati tenangnya jalan ketika penghuninya sedikit demi sedikit mulai beristirahat. Bersepeda bukan hanya menyenangkan di hari yang cerah, tapi juga ketika hari mulai gelap.

Lalu lintas yang lebih sepi menjadi salah satu alasan bersepeda malam spesial. Selain itu, kamu tidak perlu pusing memikirkan lelah setelah bersepeda karena kegiatan terdekat yang akan kamu lakukan adalah tidur. Yang penting, hati-hati ya ketika kamu bersepeda malam!

6. Yoga

olahraga malam yoga

Sumber Gambar: wakefit.medium.co

Yoga merupakan jenis olahraga senam. Melakukan yoga pada malam hari masih terbilang aman, karena yoga mampu membuatmu menjadi lebih rileks, nyaman, melepas stress dari beban pekerjaan. Olahraga malam ini juga baik untuk melancarkan peredaran darahmu sehingga tidurmu akan jadi lebih nyenyak.

7. Jalan-Jalan

olahraga malam jalan-jalan

Sumber Gambar: nbcnews.com

Jika kamu tidak begitu suka yoga, jalan kaki bisa jadi pilihanmu untuk berolahraga malam. Bisa dilakukan saat perjalanan pulang kantor. Coba untuk pulang berjalan kaki daripada harus berkendaraan setiap hari. Jika sudah terbiasa, berjalan kaki saat pulang bekerja bisa dijadikan bagian olahraga malammu. Tidur akan jadi lebih nyenyak.

8. Nge-gym

olahraga malam ngegym

Sumber Gambar: technogym.com

Olahraga malam selanjutnya yaitu gabung fitness club. Sudah banyak tempat fitness yang bisa kamu kunjungi, cari yang paling dekat dengan tempat kamu berkegiatan. Dengan begitu, kamu bisa langsung berolahraga setiap selesai beraktivitas. Untuk menjaga kesehatan dan menjalani gaya hidup sehat, segera daftarkan dirimu untuk ikut member fitness!

Ketika kamu jadi member, ada banyak jenis olahraga atau kelas yang kamu bisa ikuti seperti spin class, pilates, atau cardio di treadmill.

9. Tai Chi

olahraga malam tai chi

Sumber Gambar: blf.org.uk

Tai Chi merupakan gabungan dari seni bela diri dan olahraga. Cocok dilakukan saat malam hari, berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh juga pikiranmu. Gerakan yang dilakukan menyerupai aliran air tenang mampu membuatmu menjadi lebih rileks seperti menjalankan meditasi. Pikiran jadi lebih tenang, tubuh rileks, tidur pun menjadi lebih nyenyak.

Baca Juga: Berbagai Alat Olahraga Muay Thai yang Harus Kamu Punya, Cegah Cidera

Manfaat Olahraga Malam Hari

manfaat olahraga malam

Sumber Gambar: AskMen

‎Olahraga malam hari ternyata memiliki beberapa keuntungan tersendiri lho. Banyak yang mengatakan jika melakukan aktivitas sebelum libur tidur akan membuatmu insomnia atau sulit tidur di malam harinya. Padahal daripada menghabiskan waktu nonton tv sambil ngemil camilan tidak sehat, justru lebih baik olahraga saja bukan? Lalu apa saja ya keuntungan dari olahraga malam?

  • Latihan jadi lebih bebas

Biasanya, tempat fitness akan ramai pengunjung di pagi atau siang hari, harus mengantri atau bergantian menggunakan fasilitas fitness dengan banyak orang. Namun, di malam hari pengunjung tidak terlalu banyak, kamu bisa menggunakan fasilitas gym lebih lama dan bebas.

  • Tubuh lebih siap menjalani olahraga

Beberapa riset menunjukan bahwa orang yang berolahraga pada pagi hari biasanya lebih berfofus pada pikiran bukan tubuh. Mungkin saja kamu berpikir sudah siap berolahraga di pagi hari, namun tubuh bisa saja baru siap melakukan olahraga ketika malam.

  • Tidur lebih nyenyak

Agar tidur lebih nyenyak, tentu harus melakukan olahraga sebelumnya. Untuk menghindari insomnia, lakukan olahraga ringan dengan gerakan sederhana saja ya jangan terlalu berat. Setelah berolahraga, otomatis kualitas tidurmu akan menjadi lebih baik.

Baca Juga: Deretan Olahraga Indoor yang Dijamin Asik dan Seru Banget

Nah itu dia pilihan olahraga yang bisa jadi pilihan ketika kamu ingin berolahraga di malam hari. Dengan pilihan olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan setelah kegiatan selesai, kamu bisa memulai pola hidup sehat sekarang juga.

alat olahraga terbaik tokopedia

Untuk olahraga yang maksimal lengkapi kebutuhan alat olahraga dan pakaian olahraga yang kamu butuhkan di Tokopedia. Badan jadi lebih sehat, tidur lebih nyenyak!

Penulis: Amanda R. Putri

Share

Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

Related Articles

Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
Hobi dan Gaya Hidup
Apa Itu FOMO? Ini Penjelasan, Ciri, dan Cara Mengatasinya!
© 2009-2024, PT Tokopedia