Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Tipe-tipe Kartu Kredit dan Kegunaanya yang Perlu Kamu Ketahui

22 October 2017
Share icon
Share
Tipe-tipe Kartu Kredit dan Kegunaanya yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis-Jenis Kartu Kredit – Apakah Anda tengah mempertimbangkan untuk memiliki kartu kredit? Jika ya, tentu akan ada banyak sekali pertimbangan sebelum memutuskan kartu kredit seperti apa yang ingin Anda miliki, salah satunya adalah jenis kartu kredit seperti apa yang bisa memenuhi kebutuhan Anda. Dilihat dari berbagai aspek, ada berbagai jenis kartu kredit yang bisa menjadi pilihan. Mari simak dan pelajari berbagai jenis kartu kredit berikut sehingga kartu kredit yang Anda pilih merupakan kartu kredit yang tepat!

Baca juga: Apa Itu Kartu Kredit Syariah, Penggunaannya, serta Hukumnya

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Limit

Kartu Kredit Silver

Memiliki limit kartu kredit paling rendah, sekitar Rp.4.000.000,- hingga Rp.7.000.000,-. Umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp.3.000.000,-/bulan.

Kartu Kredit Gold

Memiliki limit kartu kredit sekitar Rp.10.000.000,- hingga Rp.40.000.000,-. Umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan sekitar Rp.5.000.000,- hingga Rp.10.000.000,-/bulan.

Kartu Kredit Platinum

Memiliki limit kartu kredit sekitar Rp.40.000.000,- hingga Rp.1.000.000.000,-. Umumnya dapat diajukan oleh nasabah dengan penghasilan minimal Rp.180.000.000-/bulan.

Kartu Kredit Titanium

Di atas tingkatan platinum, masih ada kartu kredit dengan jenis titanium. Kartu kredit titanium sangat terbatas kepemilikannya. Tak semua orang bisa mendapatkan kartu ini, karena hanya yang diundang secara langsung oleh bank lah yang akan mendapatkan kartu kredit titanium.

Karena proses kepemilikannya hanya dipilih oleh bank, maka tidak pasti apakah yang menjadi persyaratan dari kartu kredit titanium. Yang pasti, jelas penghasilan tinggi dan catatan kekayaan mencapai nominal tertentu.

Kartu Kredit Spesial

Ada beberapa lagi jenis kartu kredit yang termasuk spesial, beberapa kartu kredit ini tidak tersedia secara general, seperti misalnya kartu kredit dengan brand Visa yang mengeluarkan kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite. Kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite tidak diperuntukkan bagi kalangan yang biasa-biasa saja. Kedua kartu kredit jenis ini diperuntukkan bagi mereka pengusaha besar dengan aset milyaran, pengacara terkenal, dokter terkenal.

Selain Visa Signature dan Visa Infinite, MasterCard juga tak mau kalah dengan mengeluarkan jenis kartu kredit MasterCard World. Kartu kredit ini juga sama spesialnya karena tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Baca juga: Apa Itu Kredit Tanpa Agunan (KTA)? Ini 4 Hal untuk Diketahui

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Fungsi

Credit Card

Kartu kredit atau  credit card berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi jual beli barang atau jasa dimana pelunasan atau pembayarannya kembali dapat dilakukan dengan sekaligus atau dengan cara mencicil sejumlah minimum tertentu. Jumlah cicilan tersebut dihitung dari nilai saldo tagihan ditambah bunga bulanan.

Charge Card

Charge Card berfungsi sebagai alat pembayaran suatu transaksi jual beli barang atau jasa dimana nasabah harus membayar kembali seluruh tagihan secara penuh pada akhir bulan atau bulan berikutnya dengan atau tanpa biaya tambahan.

Debit Card

Kartu debit atau Debit Card berfungsi untuk melakukan transaksi tunai dengan tidak menggunakan uang tunai akan tetapi pelunasannya atau pembayarannya dilakukan dengan cara mendebit (mengurangi) secara langsung saldo rekening simpanan pemegang kartu yang bersangkutan dan dalam waktu yang sama mengkredit rekening penjual (merchant) sebesar jumlah nilai transaksi pada bank penerbit (pengelola).

Cash Card

Cash Card memungkinkan pemegang kartu untuk menarik uang tunai baik langsung pada kasir bank maupun melalui ATM bank tertentu yang biasanya tersebar di tempattempat strategis, misalnya di hotel,pusat-pusat perbelanjaan dan wilayah perkantoran. Dengan melakukan perjanjian kerja sama terlebih dahulu, pemegang cash card salah satu bank dapat pula menggunakannya pada bank lainnya.

Check Guarante Card

Check Guarante Card pada prinsipnya dapat digunakan sebagai jaminan dalam penarikan cek oleh pemegang kartu. Kartu jenis ini sangat populer di Eropa terutama Inggris. Di samping itu, kartu tersebut dapat juga digunakan dalam melakukan penarikan uang melalui ATM.

kartu kredit

Sumber gambar: Pixabay

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayah Berlakunya

Kartu Kredit Nasional

Kartu kredit ini hanya berlaku dan bisa digunakan dalam wilayah tertentu. Misalkan hanya bisa di wilayah Indonesia. Bahkan, perusahaan afiliasi menerbitkan sendiri kartu kreditnya untuk pelayanan yang lebih praktis dan efisien bagi nasabahnya. Contoh perusahaan yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kreditnya sendiri adalah Hero, Astra, Garuda, Carrefour, Lotte, dan lainnya.

Kartu kredit Internasional

Jenis kartu kredit internasional dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang berlaku di seluruh dunia. Pasar kartu kredit satu ini didominasi oleh dua merek kartu kredit yang telah mendunia, Visa dan Mastercard. Keduanya telah memiliki lebih dari 100 juta pemegang kartu yang tersebar di seluruh bumi untuk masing-masing perusahaan. Kartu kredit internasional ini bisa digunakan untuk transaksi di merchant yang berlogo sebagai berikut: Visa, Master Card, Dinners Club, Carte Blanc, dan American Express.

kartu kredit

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Afiliasi

Kartu kredit affinity

Kartu kredit affinity merupakan produk kartu kredit yang terbit sebagai hasil kerjasama antara bank penerbit dengan berbagai institusi atau organisasi. Desain dan logo kartu kredit affinity biasanya dibuat khusus sehingga terkesan eksklusif.

Pada umumnya, penerbitan kartu kredit affinity juga dalam rangka kampanye tertentu, sehingga kehadiran kartu kredit ini memungkinkan si pemegang kartu berkontribusi terhadap kampanye tertentu. Pasalnya, sekian persen dari transaksi yang dilakukan pemegang kartu akan dikembalikan oleh bank penerbit dalam bentuk endowment fund.

Organisasi atau institusi yang diajak kerjasama bisa berupa perguruan tinggi atau universitas, komunitas hobi, organisasi ikatan alumni, dan lain-lain.

Di Indonesia, Bank BNI termasuk bank yang paling banyak merilis kartu kredit affinity. Misalnya, BNI-UI Card yang merupakan kerjasama antara BNI dan Universitas Indonesia. Ada juga BNI Kagama Card, kerjasama Bank BNI dengan alumni Gadjah Mada Kagama.

Kartu kredit co-branding

Ini adalah kartu kredit yang diterbitkan sebagai hasil kolaborasi dua brand, biasanya bank penerbit dengan institusi atau merek lain. Misalnya, dengan supermarket/hipermarket, maskapai penerbangan, dan sebagainya.

Pemegang kartu kredit ini bisa menikmati promo spesial dari institusi yang berkolaborasi dengan penerbit kartu kredit. Misalnya, kartu kredit co-branding dengan maskapai penerbangan memberikan diskon atau privilege khusus bagi pemegang kartu kredit ketika bertransaksi di maskapai penerbangan tersebut.

Contoh kartu kredit co-branding antara lain: Mandiri Hypermart Card, Permata Hero Card, Garuda-BNI Visa Platinum Card.

Kartu Kredit Private Label

Kartu kredit jenis ini merupakan jenis kartu kredit yang diterbitkan oleh bank penerbit sendiri, tanpa menggandeng jaringan organisasi global seperti Mastercard atau VISA. Biasanya, kartu kredit private label membebankan iuran tahunan lebih murah. Tapi, fitur yang ditawarkan juga tidak kalah lengkap dengan kartu kredit reguler.

Contoh kartu kredit private label antara lain: BCA Everyday Card.

Baca juga: 7 Cara Mendapatkan Modal Usaha tanpa Meminjam Uang ke Bank

Ternyata bervariasi sekali bukan jenis-jenis kartu kredit yang ada. Untuk mengetahui lebih banyak mengenai kartu kredit dari berbagai bank dan juga penerbit kartu kredit lainnya, Toppers bisa klik halaman kartu kredit Tokopedia. Nggak cuma bisa melihat rekomendasi kartu kredit berdasarkan kriteria, Toppers juga bisa melihat detail setiap bank penerbit kartu kredit, lho.

Jadi, sudah temukan kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhanmu?

TAGS
Share icon
Share

RELATED ARTICLES

20 Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Terbaru 2022: Mudah dan Untung Terus!
Keuangan
20 Cara Menghasilkan Uang dari Rumah Terbaru 2022: Mudah dan Untung Terus!
Editor Picks
5 Tips Tokopedia Biar Persiapan Mudik Lebih Maksimal
5 Tips Tokopedia Biar Persiapan Mudik Lebih Maksimal
Popular Category
    © 2009-2022, PT Tokopedia