5 Jenis-jenis Kelinci Paling Lucu yang Cocok Jadi Peliharaan

2101
Jenis Kelinci

Banyak macam hewan kecil berbulu, namun kelinci selalu memiliki tempat spesial. Selain punya tampilan unik dan menggemaskan, kelinci juga cerdas lho!


Jenis Kelinci – Ada berbagai macam hewan kecil berbulu, namun kelinci selalu memiliki tempat spesial yang tak tergantikan di hati para pecintanya. Kelinci tidak hanya sekadar diternak untuk diambil bulu dan dagingnya, tapi juga bisa dijadikan hewan peliharaan.

Faktanya, berbagai jenis kelinci memiliki kecerdasan, di mana mereka bisa merespons perkataan manusia dan mengenal nama mereka seperti hewan peliharaan anjing. Kemiripan lain dari kelinci dengan anjing adalah sifat manja dan sangat suka dibelai.

Kelinci sangat cocok dijadikan peliharaan jika kamu merasa memelihara anjing terlalu merepotkan. Berikut ini jenis-jenis kelinci yang cocok untuk dijadikan peliharaan di rumah.

Baca Juga: 9 Hewan Peliharaan Lucu yang Mudah dipelihara untuk Pemula

Jenis Kelinci Hias untuk Peliharaan

1. Kelinci German Angora

Jenis Kelinci
Sumber Gambar: Bama Angoras

Keluarga kelinci jenis Angora memiliki karakteristik bulu tebal seperti lapisan bulu wol. Meskipun demikian, jenis German Angora cukup unik. Perbedaan paling mencolok adalah bagian kepala hingga leher berwarna hitam dengan bulu putih polos.

Dengan ukuran tubuh proporsional, kelinci ini sangat cocok dijadikan peliharaan.

2. Kelinci Giant Angora

kelinci peliharaan lucu
Sumber Gambar: Pet Guide

Postur besar dan bulu lebat menyelimuti seluruh tubuh membuat kelinci Giant Angora tampak seperti bola bulu raksasa. Giant Angora sendiri merupakan hasil persilangan dari kelinci Flemish Giant, German Angora, dan French Lops.

Bulu tebalnya memerlukan perawatan rutin dari pemilik agar selalu bersih jika dipelihara di ruang terbuka seperti taman. Porsi makanan jenis kelinci ini juga lebih banyak ketimbang kelinci lokal.

3. Kelinci Netherland Dwarf

Jenis Kelinci
Sumber Gambar: Gumtree

Netherland Dwarf merupakan kelinci ternak asal Belanda yang bisa dijadikan sebagai kelinci peliharaan. Kelinci ini diketahui sebagai yang terkecil di dunia. Netherland Dwarf dewasa memiliki berat rata-rata hanya 1 – 1,5 Kilogram (Kg).

Namun, perlu diperhatikan bahwa kelinci ini tidak suka diangkat dan akan bertindak agresif apabila digendong secara paksa tanpa kehendak mereka.

4. Kelinci Havana

kelinci lucu peliharaan
Sumber Gambar: Wikipedia

Kelinci Havana tidak berasal dari Kuba, melainkan hasil ternak kelinci di Belanda di akhir abad ke-19. Nama kelinci Havana terinspirasi dari warnanya yang kecokelatan seperti cerutu khas Kuba.

Karena karakternya yang sangat tenang dan hangat, jenis kelinci Havana sangat cocok dijadikan peliharaan terutama bagi anak-anak.

5. Kelinci Dwarf Hotot

Jenis Kelinci
Sumber Gambar: Adopt a Rabbit

Kelinci Hotot memiliki ukuran normal, namun para pelaku ternak kelinci di Jerman meyilangkan berbagai jenis kelinci Hotot hingga menghasilkan kelinci super mungil yang kemudian diberi nama Dwarf Hotot.

Kalau kamu ingin punya teman bersantai di rumah akan tetapi ruangan terbatas, jenis kelinci Dwarf Hotot cocok dijadikan peliharaanmu.

BAca juga: 10 Jenis Kucing Peliharaan Favorit yang Bersahabat

Bagaimana, jenis-jenis kelinci di atas sangat menggemaskan bukan? Toppers, sebelum memelihara hewan lucu di atas, pastikan segala kebutuhan peralatan hewan peliharaan telah kamu miliki seperti kandang, makanan, dan alat grooming.

Temukan semua yang kamu butuhkan untuk memanjakan kelinci kesayangan hanya di Tokopedia!

Cara Jitu Merawat Anjing Peliharaan Berdasarkan Jenisnya
Yuk berikan makanan bernutrisi untuk anjing kesayangan mu. Mau beli makanan anjing? Cek di Tokopedia aja!

Bagikan Artikel