Simak 7 Macam Jenis Packaging untuk Makanan yang Cocok untuk Bisnismu!

0
793
Packaging Makanan

Punya bisnis di bidang kuliner? Kamu pasti butuh packaging makanan yang menarik! Yuk, simak 7 jenis packaging makanan yang cocok untuk bisnis kulinermu!


Packaging Makanan – Tidak sedikit para pelanggan restoran menginginkan untuk memesan makanan dan membawanya pulang. Sehingga, para pelaku bisnis kuliner juga harus mempersiapkan kemasan makanan untuk pelanggan membawa pesanan pulang dengan aman dan nyaman.

Ukuran yang sesuai dengan makanan, aman dibawa dan anti tumpah, kemasan yang menarik, dan lain sebagainya perlu diperhatikan. Packaging untuk makanan di restoran, pastinya diperhatikan juga desain dan jenisnya. Jenis packaging makanan dibagi berdasarkan jenis makanan yang dijual.

Agar tidak bingung, yuk kita simak 7 jenis packaging makanan yang tepat dan cocok untuk bisnis kulinermu!

BACA JUGA: 7 Ide Desain Kemasan Minuman, Makanan, dan Paper Bag yang Serasi dan Menarik

7 Jenis Packaging Makanan

1. Lunch Box Bento

Bento Box
Sumber: Pinterest

Kemasan makanan satu ini memang tepat untuk kamu yang membuka bisnis kuliner jenis bento. Seperti paket makanan nasi dengan beberapa lauk. Seperti nasi dengan chicken teriyaki dan salad, nasi dengan karage dan salad, nasi uduk denga lauknya yang lengkap dan lain sebagainya.

Packaging makanan box bento ini sudah memiliki skat yang dapat membagi setiap jenis makanan. Sehingga nasi dan lauk pauk lainnya tidak saling tercampur. Kemasan pun mudah untuk dibawa dan aman untuk dibawa oleh pelanggan. Kamu bisa gunakan desain yang menarik pada bagian atas box, seperti menaruh logo perusahaan atau restoranmu!

2. Snack Box

Snack Box
Sumber: Fruitfullday

Sesuai dengan namanya, kemasan ini cocok digunakan untuk berbagai jenis makanan ringan atau dessert. Seperti untuk buah-buahan, kue, roti, dan lainnya.

Kemasan snack box ini juga biasa digunakan untuk berbagai acara seminar, pengajian di rumah, dan lain sebagainya. Di dalamnya bisa berisikan air mineral gelas, berbagai jajanan pasar, dan makanan ringan lainnya.

3. Food Pail

Food Pail
Sumber: Decolore.net

Kemasan food pail cocok digunakan untuk jenis makanan rice box atau noodle box. Hanya dilangkapi dengan sumpit, pelanggan akan mudah menyantap makanan di perjalanan atau pun di rumah.

Desain food pail bisa dibuat secara unik. Seperti dengan menggunakan warna cerah seperti merah dan cantumkan logo. Cetak food pail online juga bisa jadi pilihanmu untuk mencetak dalam jumlah yang banyak!

BACA JUGA: 7 Referensi Desain Gelas Kopi yang Menarik untuk Bisnismu!

jasa printing online
Mau bikin acara, peralatan kantor hingga kebutuhan jualan, tapi bingung print undangan di mana? Print di Tokopedia aja!

4. Paper Bowl

Paper Bowl
Sumber: Pinterest

Kemasan ini cocok digunakan untuk berbagai makanan yang berkuah. Seperti contohnya bakso, mie ayam, atau bahkan bisa juga digunakan untuk rice box.

Bentuknya bulat sehingga memberikan kesan yang lebih unik pada setiap makanan di dalamnya. Kamu bisa gunakan berbagai desain atau warna yang menggugah selera, seperti merah, kuning, atau jingga.

5. Pizza Box

Pizza Box
Sumber: Freepik

Sudah tidak asing lagi dengan bentuk box untuk pizza. Kemasan untuk pizza bisa disesuaikan dengan diameter loyang pizza. Sehingga pizza di dalamnya tidak terlihat terlalu kecil atau bahkan terlalu sempit.

Kamu bisa gunakan desain pada bagian luar box dan juga dalam box, sehingga kemasan terlihat menarik dan unik!

6. Paper Packaging

Paper Packaging
Sumber: Freepik

Bisa disebut dengan kemasan food to go, karena kemasan ini sangat simple untuk setiap pelanggan. Hanya menggunakan kemasan seperti kantung yang terbuat dari kertas. Di dalamnya bisa dimasukkan beberapa makanan seperti kentang, burger, dan lainnya.

Kemasan ini biasa digunakan untuk kemasan makanan fast food, dan biasanya bahan kertas yang digunakan juga anti minyak dan air.

7. Muffin Box

Muffin Box
Sumber: Freepik

Nah, jika kamu memiliki bisnis di bidang kue muffin atau cupcakes, kamu harus memikirkan kemasannya. Cenderung berbeda dengan kemasan makanan lainnya, untuk muffin dan cupcakes terdapat lubang di dalam box untuk menaruh setiap muffin. Dengan begitu, muffin akan terlihat tetap rapih dan tidak saling tercampur.

BACA JUGA: Ini Dia Tips Memilih Tempat Percetakan yang Tepat dan Berkualitas!


Bagaimana? Sudah tahu kan kemasan makanan apa saja yang cocok untuk berbagai jenis makanan? Untuk kamu yang menggeluti bisnis di bidang kuliner, jangan lupa pilih packaging makanan yang sesuai dengan makanan yang dijual.

Perhatikan desainnya, kualitas bahan box, dan juga ukurannya. Sesuaikan dengan identitas bisnismu agar terlihat menarik dan juga konsisten. Nah, untuk cetak kemasan makanan, bisa secara online di tempat percetakan online terpercaya seperti di Tokopedia! Hadir Tokopedia Print untuk cetak online kebutuhanmu, seperti cetak packaging untuk makanan. Jadi, tidak perlu keluar rumah, kamu bisa lebih efisien untuk dapatkan packaging makanan terbaik untuk bisnismu!

Tokopedia Print - Packaging
Butuh cetak kemasan atau packaging online? Cetak di Tokopedia Print dan dapatkan hasil cetak packaging berkualitas!