10 Jenis Loyang Kue: Beda Bentuk, Beda Fungsinya

0
284
Loyang Kue

Buat kue di rumah jadi lebih mudah dengan ketahui jenis dan fungsi loyang kue. Berbeda bentuk, berbeda fungsinya! Simak penjelasannya!


Jenis Loyang Kue – Saat kedatangan tamu atau ingin memberikan bingkisan untuk kerabat dan keluarga, kue sering jadi pilihan. Banyak dari kita yang memutuskan untuk membuat kue sendiri di rumah. Namun, masih banyak yang belum mengetahui tentang jenis dan fungsi dari loyang kue.

Berbeda jenis dan bentuk, memiliki fungsi yang berbeda. Loyang kue memang memiliki beragam bentuk, ukuran, dan juga fungsi. Seperti loyang kue untuk membuat kue bolu, kue kering, brownies, donat, dan lain sebagainya.

Agar tidak bingung, yuk simak penjelasan beberapa jenis loyang dan fungsinya!

baca juga: Panggang Makanan Sempurna dengan 10 Oven Listrik Terbaik

Jenis Loyang Kue dan Fungsinya

Agar maksimal saat membuat kue, kamu perlu ketahui jenis-jenis dan fungsi dari loyang. Apakah sesuai dengan ukuran dan jenis kue yang akan kamu buat atau tidak. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa jenis loyang kue beserta fungsinya!

1. Angel Food Cake Pan

Angel Food Pan
Sumber: The Gourmet Warehouse

Memiliki desain menyerupai tabung dengan bagian tengan yang bolong. Bentuk loyang ini membuat hantaran panas menjadi lebih merata. Untuk kamu yang ingin membuat kue berbentuk tabung dan bervolume, loyang satu ini cocok jadi pilihan.

Loyang ini cocok digunakan untuk memasak kue bolu atau angel food. Permukaannya anti lengket sehingga mempermudah saat mengangkat kue yang sudah matang dan membuat kue mengembang sempurna. Untuk bagian kaki loyang kue bolu ini membantu kue untuk lebih cepat mendingin saat dibalikkan atau di tuangkan ke dalam piring saji.


2. Bread Loaf Pan

Bread loaf pan
Sumber: Breadtopia

Loyang ini memiliki ukuran yang cukup dalam sehingga dapat membuat kue untuk mengembang cukup tinggi. Cocok digunakan untuk memasak kue bolu, pudding, dan juga roti.

Panasnya merata dan bagus untuk memanggang kue dengan suhu yang rendah, sehingga hasilnya lebih optimal.


3. Baking Dish

Baking dish
Sumber: Sally baking addiction

Untuk kamu pemain pemula dalam membuat kue, disarankan untuk menggunakan jenis loyang ini. Loyang ini biasa digunakan untuk memasak kue kering, cookies, dan lain-lain.

Memiliki bentuk yang pipih dan memiliki bingkai di bagian pinggir loyang, yang tentunya dapat mencegah cairan atau adonan melebar dan tumpah saat dipanggang.

Dengan loyang yang memiliki tinggi kurang lebih 3 cm ini, dapat memastikan adonan kue lebih renyah dan matang secara merata.


4. Roll Pan

rollpan
Sumber: Chicago metalic

Bentuk dan desain roll pan ini hampir mirip dengan baking dish. Namun, roll pan ini khusus digunakan untuk kamu yang ingin membuat bolu gulung. Memiliki tinggi 2.5 cm yang memang disesuaikan dengan tinggi bolu gulung.

Loyang kue ini akan memberikan tekstur bolu gulung yang bergelombang dan membuat tampilan kue jadi lebih menarik.


5. Cake Pan

cake pan
Sumber: llyod pans

Loyang ini sudah sangat umum digunakan. Kamu bisa membuat kue dengan bentuk yang bervariasi. Seperti bentuk persegi, bulat, persegi panjang, hati, dan lain sebagainya sesuai selera.

Umumnya ukuran dari cake pan ini sebesar 20 cm x 20 cm x 5 cm, cocok digunakan untuk membuat kue bolu marmer, kue lapis, dan jenis kue lainnya.


6. Muffin Pan

muffin pan
Sumber: taste.com

Mau buat kue dengan tampilan yang manis dan lucu? Muffin bisa jadi salah satu ide! Loyang muffin atau muffin pan ini memang dikhususkan untuk memanggang kue muffin.

Memiliki ukuran dan bentuk bundar yang sudah sesuai dengan ukuran muffin pada umumnya. Kamu hanya cukup lapisi loyang dengan kertas muffin, lalu tuangkan adonan di atasnya.

Ukuran muffin pan ini juga beragam, ada yang cukup untuk memanggang 6 adonan muffin hingga 48 buah muffin.

baca juga: Resep Red Velvet Cupcakes: Dessert untuk Berbagai Acara


7. Pie Pan

Pie Pan
Sumber: Ikea

Lebih mudah membuat pie dengan loyang khusus pie. Memiliki bentuk bundar dengan pinggiran yang bergerigi sehingga membuat tampilan pie jadi lebih menarik dan cantik.

Bagian sisinya sengaja dibuat miring agar mencegah kerak pie jatuh atau merosot.


8. Springform Pan

Springform pan
Sumber: cooksinfo

Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan loyang bongkar pasang, loyang ini memiliki ukuran diameter 20 cm dan tinggi 10 cm.

Spring Form Pan ini memiliki kunci di bagian samping yang dapat membuat adonan tidak tumpah saat dipanggang. Kunci ini juga dapat dilepas sehingga mempermudah saat mengeluarkan adonan yang sudah matang.

Cocok digunakan untuk memasak cheesecake, quiche, tortes, dan lain sebagainya.


9. Tart Pan

tart pan
Sumber: Bluejean chef

Memiliki bentuk yang lurus dengan sisi yang bergelombang. Mempermudah kerak adonan mengering dengan sempurna dan bentuk kue terlihat bagus.

Bagian bawah loyang bisa dilepas sehingga kue tart dapat dikeluarkan lebih mudah tanpa merusak tampilan kue.


10. Pizza Pan

Pizza Pan
Sumber: Cdkitchen

Suka buat pizza sendiri di rumah? Kamu wajib punya loyang satu ini! Memiliki bentuk yang datar dengan tepi yang sangat pendek. Diameter loyang ini biasanya dapat disesuaikan dengan ukuran pizza yang diinginkan ketika sudah matang.

baca juga: 5 Merek Microwave Oven Terbaik: Masak Jadi Lebih Simple!


Itu dia Toppers beberapa jenis loyang kue yang bisa kamu temukan di pasaran. Mulai dari loyang kue bolu, loyang kue kering, loyang kue muffin, dan lain sebagainya.

Kamu bisa temukan berbagai jenis loyang kue di Tokopedia dan juga berbagai peralatan baking dan peralatan dapur secara online!

jual peralatan dapur
Temukan berbagai peralatan dapur modern terlengkap dengan harga termurah di sini!