11 Jenis Tanaman Hias Bunga: Cantik untuk Indoor dan Outdoor

0
1109
tanaman hias bunga

Jenis tanaman hias bunga yang dapat mempercantik ruangan indoor maupun pekarangan outdoor. Sulap sudut rumah jadi lebih anggun dan memikat!


Ingin tampilan rumah lebih asri dan indah? Tanaman hias bisa menjadi pilihan kamu untuk mendekorasi bagian dalam maupun bagian luar rumah.

Bunga-bunga dari tanaman hias yang cantik dan berwarna-warni, juga aroma wangi semerbak yang dihasilkan membuatnya semakin menarik untuk dipajang.

Ditambah lagi, beberapa tanaman hias tidak hanya enak dipandang tapi juga memiliki manfaat seperti dapat membersihkan udara, mengusir nyamuk, sampai daunnya bisa dipakai untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Gantung dengan Bunga Tercantik

Jenis Tanaman Hias Bunga Indoor dan Outdoor

Bagi Toppers yang ingin memperindah ruangan atau taman, berikut ini adalah jenis tanaman hias bunga terbaik yang akan memperindah tampilan bagian indoor dan outdoor rumahmu:

1. Bunga Melati (Outdoor)

jenis tanaman hias bunga
Sumber Gambar: Gardenia

Bunga melati populer untuk dijadikan tanaman penghias rumah karena bunganya cantik berwarna putih serta harum. Jenis melati yang paling umum ditanam di pekarangan adalah Jasminum sambac.

Saat akan menanam bunga melati, kamu perlu memperhatikan tempat penanamannya. Bunga melati harus terkena sinar matahari dengan baik agar proses pertumbuhannya maksimal.

Selain dapat mempercantik taman, bunga melati juga bermanfaat untuk pengobatan, lho. Daun dan bunga melati putih dapat digunakan untuk mengobati flu, diare, dan demam.

2. Lavender (Indoor)

jenis tanaman hias bunga indoor
Sumber Gambar: Gardening Know How

Warnanya yang cantik dan baunya yang wangi membuat lavender jadi tanaman hias yang digemari.

Tanaman bunga lavender memiliki aroma tersendiri yang dipercaya memberikan efek aromatik. Salah satunya sepertinya menghilangkan stres sampai membantu kesulitan tidur.

Namun, menanam lavender lumayan tricky. Lavender membutuhkan perawatan ekstra dan juga sensitif akan cahaya dan kelembapan.

3. Bunga Anthurium (Indoor)

tanaman hias bunga
Sumber Gambar: Bloomifique

Bunga anthurium sangat indah untuk dijadikan dekorasi di dalam rumah. Tanaman ini mempunyai  bentuk daun yang unik dan bunga yang berwarna merah.

Tanaman hias ini bisa kamu tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan air. Tanam bunga anthurium di dalam wadah bening transparan, akar anthurium yang terlihat akan memberi kesan alami di rumahmu.

4. Cocor Bebek (Indoor)

tanaman hias bunga indoor
Sumber Gambar: Kalanchoe

Cocor bebek adalah tanaman yang sering dipilih untuk menghias rumah karena warna bunganya yang cerah.

Tanaman ini memiliki daun yang tebal berdaging dan mengandung banyak air, sedangkan batangnya lunak dan memiliki ruas. Cocor bebek memiliki bunga majemuk berwarna merah muda.

Agar cocor bebek dapat berbunga dengan baik, letakkan di dekat jendela yang terkena cahaya matahari. Jangan lupa pastikan tanahnya terhidrasi dengan baik, tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering.

5. Bunga Pentas (Outdoor)

jenis tanaman hias bunga outdoor
Sumber Gambar: The Asian Parent

Bunga pentas adalah salah satu tanaman hias outdoor yang menjadi pilihan bagi para pecinta tanaman hias karena perawatannya mudah dengan bunga yang begitu rimbun.

Tanaman bunga pentas memiliki daun hijau berbulu dengan bunga yang berwarna merah, putih, merah muda, atau ungu.

Selain cocok untuk ditanam langsung di taman rumah, kamu juga bisa menanam bunga pentas di dalam pot atau di dalam keranjang gantung.

Baca Juga: Macam-macam Tanaman Sri Rejeki, Si Pembawa Hoki!

Jual Pupuk Organik Tanaman
Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

6. Bunga Geranium/Tapak Dara (Outdoor)

tanaman hias bunga
Sumber Gambar: Gardening Know How

Bunga geranium atau tapak dara dapat menjadi tanaman hias yang cantik untuk pekarangan rumah sekaligus dapat mengusir nyamuk.

Tanaman ini sangat cocok di tanam di wilayah tropis seperti Indonesia karena dapat beradaptasi dengan baik dalam cuaca panas. Cara menanam bunga ini terbilang mudah dan tidak memerlukan perlakuan khusus dalam perawatannya.

Tanaman geranium memiliki bunga dengan variasi warna yang cantik. Itu sebabnya, tanaman hias ini cocok untuk dijadikan tanaman hias gantung di bagian pekarangan rumah kamu.

7. Tanaman Kupu-kupu/Oxalis Plant (Indoor)

jenis tanaman hias bunga indoor
Sumber Gambar: Gardenia

Warna dedaunannya yang ungu dan berbentuk sayap kupu-kupu membuat penampilannya istimewa. Sedangkan bentuk bunganya sekilas mirip dengan anggrek.

Tanaman ini disukai oleh pecinta tanaman hias karena sifatnya yang tidak rewel dan mudah perawatannya.

Tanaman oxalis ini bisa ditanam di dalam rumah menggunakan pot dengan akses cahaya matahari yang cukup. Jika tanaman diletakkan di kamar yang gelap, tanaman ini tidak akan berbunga.

8. Bunga Kamboja (Outdoor)

jenis tanaman hias bunga
Sumber Gambar: Suara

Tanaman kamboja berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya memiliki harum yang sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, membuatnya mampu memperindah taman rumah kamu.

Tanaman ini mampu tumbuh subur walaupun tidak terlalu sering disiram. Kamu bisa menanam Kamboja dengan model stek ataupun melalui biji.

9. Bunga Peace Lily (Indoor)

jenis tanaman hias bunga outdoor
Sumber Gambar: Trees

Peace lily atau yang dikenal dengan lili perdamaian menjadi salah satu bunga penghias ruangan yang cantik dan kaya manfaat.

Tanaman hias ini dapat mengurangi spora jamur di kamar mandi, membantu membersihkan udara, dan meningkatkan kualitas tidur. Untuk itu, tanaman ini paling pas diletakkan sebagai penghias kamar mandi dan kamar tidur.

Peace lily dapat tumbuh subur di bawah cahaya neon, sehingga cocok untuk kamar yang tak terkena sinar matahari dan hanya ada cahaya lampu neon.

10. Kaktus Bunga Euphorbia (Outdoor)

tanaman hias bunga
Sumber Gambar: A to Z Flowers

Euphorbia merupakan jenis tanaman hias bunga outdoor yang bisa kamu tanam untuk mempercantik halaman rumah. Bunga ini identik dengan duri yang cukup banyak pada bagian batangnya.

Bunga ini termasuk ke dalam jenis bunga yang tidak perlu terlalu sering disiram dengan air. Pastikan kamu menanam tanaman ini di pot yang diletakkan di tempat yang terbuka karena euphorbia memerlukan sinar matahari penuh untuk pertumbuhannya.

Tanaman hias outdoor ini juga bisa digunakan untuk dijadikan obat herbal. Beberapa penyakit dapat sembuh seperti diare, malaria, hepatitis, dan masih banyak lagi.

11. Bunga Kembang Sepatu (Outdoor)

jenis tanaman hias bunga
Sumber Gambar: Pixabay

Bunga kembang sepatu tumbuh sepanjang tahun di negara tropis, sehingga sangat cocok untuk ditanam di Indonesia. Ciri khas kembang sepatu adalah bunganya yang mekar dan besar, berwarna merah dan tidak berbau. 

Untuk awal-awal kamu bisa mulai menanam bunga kembang sepatu di dalam pot di tempat yang teduh dan pastikan tanah lembap hingga tanaman berakar.

Baca Juga: Manfaat Lidah Mertua: Tangkal Polusi, Radiasi dan Bawa Hoki

Itulah jenis tanaman hias bunga yang jadi favorit banyak orang untuk mendekorasi ruangan maupun perkarangan rumah. Meskipun lahan taman terbatas, banyak juga lho Toppers pilihan tanaman indoor yang tak kalah cantik.

Untuk merawat tanaman, yuk temukan berbagai peralatan berkebun dan perlengkapan rumah tangga yang kamu butuhkan, tersedia secara lengkap dengan penawaran harga terbaik hanya di Tokopedia!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Naura Az-Zahra