• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Perkotaan

Share

15 Jenis Tanaman Hidroponik yang Cocok Ditanam di Perkotaan

Menanam buah dan sayur tak selalu butuh tanah, cukup dengan air dan bahan lainnya. Kenali jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik!


Jenis Tanaman Hidroponik – Teknik hidroponik merupakan cara menanam tanpa tanah, hanya menggunakan air saja. Penggunaan airnya juga lebih efisien, tidak sebanyak jika kamu menanam dengan cara konvensional menggunakan tanah.

Dengan begitu, masyarakat yang tinggal di wilayah dengan pasokan air terbatas memiliki alternatif untuk tetap menanam dan panen bahan makanan mereka sendiri. Terdapat banyak sistem hidroponik yang bisa kamu aplikasikan.

Antara lain Wick System, Water Culture System, NFT (Nutrient Film Technique) System, Ebb & Flow System, Drip System, Aeroponyc, Bubbleponics, DFT (Deep Flow Technique), Fertigasi, dan Bioponic. Untuk pemula, sistem yang paling umum dan mudah digunakan adalah sistem Wick dan sistem NFT. 

Berkaitan dengan keterbatasan pasokan air dan bahan bercocok tanam, cara menanam ini cocok untuk kamu yang tinggal di wilayah perkotaan. Daripada repot harus mengganti tanah, menanam tanaman secara hidroponik merupakan alternatif terbaik di halaman rumah atau apartemen.

Kenali jenis-jenis tanaman hidroponik yang dapat kamu tanam dengan mudah berikut ini!

tap tap kotak - september
Tap Kotaknya, Langsung Dapat Hadiah Setiap Hari!

Baca Juga: Jenis Tanaman Perdu Hias yang Percantik Halaman Rumah

Jenis Tanaman yang Bisa Ditanam secara Hidroponik

1. Selada

tanaman hidroponik

Selada merupakan tanaman yang paling umum ditanam secara hidroponik, karena dapat tumbuh dengan sangat cepat dalam sistem menanam ini. Perawatannya pun tidak sulit sama sekali. Tanaman ini sangat cocok untuk pemula di bidang tanam-menanam Hidroponik.

Ketika sudah panen, kamu bisa dengan mudah membuat salad atau sandwich, tanpa harus repot pergi ke supermarket.

2. Tomat

tanaman hidroponik

Sayuran yang satu ini masih diperdebatkan statusnya sebagai buah atau sayur. Meskipun begitu, yang jelas tomat mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Sudah banyak petani komersial yang menanam tomat secara hidroponik. 

Jika kamu pernah memakan tomat, pasti tahu bahwa di dalam tomat terdapat kandungan air yang cukup banyak. Untuk menanam tomat menggunakan sistem hidroponik secara sukses, kamu membutuhkan banyak air dan juga cahaya.

Sebagai investasi dalam bercocok tanam, kamu bisa membeli lampu khusus untuk tumbuhan di dalam ruangan, karena tidak bisa selalu mengandalkan cahaya dari matahari di wilayah perkotaan.

3. Lobak

tanaman hidroponik

Nah, beda dengan tanaman sayuran sebelumnya, lobak tidak membutuhkan lampu atau panas, melainkan suhu dingin. Bibit lobak tumbuh dalam jangka waktu sekitar 3-7 hari.

Setelah beberapa saat, kamu bisa panen dan mengolahnya menjadi pelengkap berbagai macam makanan di rumah.

4. Kale

tanaman hidroponik

Beberapa tahun belakangan, sayuran satu ini sedang sangat populer apalagi di kalangan pegiat makanan dan gaya hidup sehat. Kandungan gizi dan manfaatnya yang melimpah menjadikan sayuran ini masuk ke dalam golongan superfood.

Sama halnya dengan selada, kale juga sangat mudah untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik dan akan tumbuh dengan sangat baik.

5. Timun

tanaman hidroponik

Timun merupakan sayuran yang memiliki banyak manfaat. Mulai dari garnish atau hiasan untuk hidangan spesial, pelengkap jus, dimakan secara mentah, sampai digunakan untuk perawatan kecantikan.

Semua timun bisa tumbuh dengan baik dalam sistem hidroponik. Mentimun adalah tanaman yang hangat, jadi kamu harus memastikan pencahayaan yang cukup dan suhu yang sesuai.

Baca Juga: Mengenal 20 Jenis Tanaman Anggrek Tercantik yang Perindah Rumah

6. Bayam

jenis tanaman hidroponik

Sama dengan sayur dedaunan yang sudah disebutkan sebelumnya, bayam dapat tumbuh dengan baik jika ditanam menggunakan air. Maka dari itu, tanaman ini sangat cocok jika ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Bayam tidak membutuhkan begitu banyak cahaya atau suhu yang panas. Kamu bisa secara rutin memanen bayam dalam jangka waktu 12 minggu. Bayam bisa kamu gunakan untuk berbagai jenis macam makanan atau diolah menjadi jus, jika tidak menyukai teksturnya. 

7. Kacang-kacangan

jenis tanaman hidroponik

Kacang hijau, kacang polong, kacang panjang, semua jenis kacang itu bisa kamu tanam dengan mudah secara hidroponik. Setelah 6-8 minggu menanam dan merawat tanaman kacang-kacangan, kamu bisa mulai panen.

Sehabis panen pertama, kamu bisa tetap merawat dan panen sampai 3-4 bulan ke depan.

8. Daun Bawang

jenis tanaman hidroponik

Daun bawang dikenal sebagai tanaman yang membutuhkan banyak air. Hal ini menjadikan daun bawang sangat cocok untuk ditanam secara hidroponik. Waktu yang dibutuhkan sampai panen pertama adalah 6-8 minggu, lalu 3-4 minggu sampai pertumbuhan berikutnya.

Selain membutuhkan banyak air, daun bawang juga membutuhkan cahaya sekitar 12-14 jam setiap harinya. Maka dari itu, pastikan untuk meletakkannya di balkon apartemen atau taman rumah kamu agar Daun Bawang mendapat asupan cahaya yang dibutuhkan.

9. Kemangi

jenis tanaman hidroponik

Daun kemangi biasanya dibutuhkan dalam membuat pepes atau masakan gurih lainnya. Untuk menanam tumbuhan ini, kamu bisa menggunakan sistem NFT atau bisa juga Drip untuk hasil paling optimal. Panen daun kemangi bisa kamu lakukan setiap minggunya ketika sudah matang atau tumbuh dengan sempurna.

Sama halnya dengan menanam tomat secara hidroponik, kamu juga membutuhkan lampu khusus jika ingin menanam daun kemangi, karena tumbuhan ini membutuhkan pencahayaan setiap saat.

10. Stroberi

jenis tanaman hidroponik

Buah dengan rasa asam-manis yang sangat khas ini ternyata sangat cocok untuk ditanam secara hidroponik. Sistem menanam yang paling cocok adalah NFT. Jika dirawat dengan baik, tanaman stroberi bisa bertahan lama dan kamu dapat melakukan panen selama setahun penuh.

Kamu bisa menikmati stroberi segar yang dipanen sendiri sepanjang tahun, untuk langsung dimakan atau diolah menjadi berbagai macam jenis makanan penutup yang lezat.

Baca Juga: 20 Inspirasi Model Teras Rumah Minimalis dan Sederhana

11. Daun Mint

jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Biasa digunakan untuk perasa di dalam minuman seperti teh atau perasa alami di berbagai macam jenis kue, daun mint ternyata bisa dengan mudah kamu tanam secara hidroponik, lho.

Akar dari daun mint dapat menyebar dengan begitu cepat, menjadikan tumbuhan ini ideal untuk ditanam secara hidroponik karena akan cepat menyerap air yang menjadi nutrisi utama. 

12. Blueberry

jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Blueberry merupakan jenis buah yang juga masuk ke dalam golongan superfood. Gabungan vitamin C, A, K, dan B6 dalam kandungannya memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Dalam sistem penanaman hidroponik—NFT lebih spesifiknya, buah ini dapat tumbuh dengan sangat baik.

Dibanding stroberi, buah ini butuh waktu lebih lama sampai bisa dipanen. Untuk cara menanamnya disarankan untuk melakukan transplantasi, karena akan lebih sulit jika menanam dari biji saja.

13. Paprika

jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Sama seperti tomat, paprika membutuhkan suhu hangat dan pencahayaan cukup banyak dari lampu khusus untuk tanaman. Kamu bisa menanam dari biji paprika yang sudah ada, atau membelinya secara khusus.

Biasanya, tanaman paprika akan matang atau tumbuh secara sempurna dalam waktu 8-12 minggu.

14. Wortel

jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Wortel merupakan bagian dari tanaman umbi yang memiliki banyak akar. Akar wortel dapat menyebar cepat dan menyerap air lebih banyak, menjadikan tanaman ini sangat cocok untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Meskipun begitu, wortel merupakan salah satu jenis tanaman dengan kesulitan lebih tinggi untuk ditanam secara hidroponik. Untuk berhasil menanam tanaman ini, kamu membutuhkan pengalaman dan pengetahuan yang lebih.

15. Jagung

jenis tanaman yang bisa ditanam secara hidroponik

Siapa sangka, ternyata jagung juga bisa ditanam secara hidroponik. Jagung memiliki akar serabut yang mudah menyerap air dan menjadikannya cocok untuk ditanam menggunakan sistem hidroponik.

Tanaman biji-bijian ini bisa kamu nikmati untuk berbagai macam jenis makanan olahan atau bisa juga dimakan secara langsung.

tap tap kotak - september
Tap Kotaknya, Langsung Dapat Hadiah Setiap Hari!

Baca Juga: 15 Jenis Tanaman Bonsai Terbaik untuk Percantik Rumah

Untuk pemula yang baru ingin mencoba menanam tanaman secara hidroponik, lebih baik memulai dengan tanaman yang lebih mudah ditanam terlebih dahulu, ya. Wortel dan jagung merupakan jenis tanaman dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk ditanam, jadi butuh pengalaman terlebih dahulu untuk berhasil merawatnya.

Jangan lupa juga mempersiapkan peralatan-peralatan khusus untuk menanam menggunakan sistem hidroponik. Kamu bisa pilih berbagai macam peralatan bertanam hidroponik dengan harga terjangkau secara lengkap, hanya di Tokopedia!

jual perabotan rumah tangga
Ingin mengisi perabatan rumah tapi budget terbatas? Lengkapi segera dengan barang termurah dan berkualitas terbaik di sini!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
Home and Living
10 Resep Makanan Ringan Mudah Dibuat, Pas untuk Dijual!
© 2009-2024, PT Tokopedia