• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Panu

30 May 2022

Share

5 Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Panu

Berikut kebiasaan buruk penyebab munculnya panu. Selain jarang membersihkan diri, ada kebiasaan buruk lain yang bisa bikin badan gatal karena panu, lho!


Kebiasaan buruk penyebab munculnya panu salah satunya adalah kamu jarang membersihkan diri. Hal ini dikarenakan panu atau yang terkenal dengan nama ilmiah pityriasis versicolor/tinea versicolor merupakan salah satu penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur. Panu bakal membuat area yang terinfeksi menjadi gatal dan tekstur kulit menjadi bersisik. Warna kulit juga berubah menjadi lebih kehitaman atau lebih terang. Bercak tersebut akan muncul secara perlahan hingga kemudian menyatu. Untuk menghindari munculnya panu di area badan, caranya cukup mudah. Hanya perhatikan kebersihan dan merawat tubuh secara teratur. Jangan biarkan panu muncul di badan kamu, Toppers!

Baca Juga: Jenis-Jenis Penyakit Kulit yang Ganggu Kenyamanan Hidup

Daftar Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Panu

Berikut ini kebiasaan buruk penyebab munculnya panu yang harus kamu hindari. Baca selengkapnya supaya Toppers terhindar dari jamur Malassezia penyebab panu.

1. Malas Mandi

kebiasaan penyebab panu

Sumber Gambar: Unsplash

Indonesia merupakan negara beriklim tropis yang panas dan lembab. Keringat akan bercucuran setelah beraktivitas seharian karena cuaca yang begitu terik. Karena hal tersebut, disarankan untuk mandi minimal dua kali sehari untuk menghilangkan keringat yang menempel di badan. Kondisi kulit yang penuh keringat bakal menjadi tempat yang nyaman untuk jamur berkembang dan menyebar, sehingga menimbulkan ruam panu yang menyebalkan. Jangan lupa, ketika mandi jangan buru-buru agar badan bersih dan terasa segar.

2. Jarang Mengganti Baju

kebiasaan penyebab panu

Sumber Gambar: Unsplash

Jarang mengganti baju merupakan salah satu kebiasaan buruk penyebab munculnya panu, Toppers. Baju yang digunakan secara berkali-kali akan memiliki banyak keringat dan kotoran. Tanpa kamu sadari, kebiasaan ini bakal memicu tumbuhnya jamur penyebab panu. Oleh sebab itu, hilangkanlah kebiasaan jarang mengganti baju dengan ganti baju minimal dua kali sehari secara rutin agar terhindar dari panu dan penyakit kulit lain.

3. Salah Pilih Jenis Pakaian

kebiasaan penyebab panu

Sumber Gambar: Pexels

Jenis pakaian harus mengikuti keadaan cuaca dan badan, Toppers. Biasanya, cuaca di tiap daerah Indonesia cukup panas ketika berada di musim kemarau. Gunakanlah jenis pakaian yang mudah menyerap keringat dan memiliki sirkulasi udara yang baik jika sedang panas. Udara yang lembab dan panas bisa membuat pakaian yang kita kenakan terkena keringat hasil pemanasan tubuh. Apabila bahan pakaian tersebut tebal, keringat akan menempel terus menerus dan hawa tubuh juga semakin panas, menjadi tempat yang cocok untuk panu.

Baca Juga: Obat Panu Paling Ampuh yang Bisa Ditemukan di Apotek
tokopedia cod

Nggak ada m-banking bukan halangan, kini belanja bisa pakai Cash on Delivery (COD)!

4. Tidak Mencuci Pakaian

kebiasaan penyebab panu

Sumber Gambar: Unsplash

Kebiasaan buruk penyebab panu selanjutnya adalah tidak mencuci pakaian. Pakaian yang dipakai terus menerus, kemudian tidak dicuci akan menjadi tempat berkembangnya jamur. Karena itu, kamu harus mencuci pakaian setelah dipakai seharian. Cucilah pakaian dengan benar menggunakan deterjen lalu diberi pewangi agar ketahanan wanginya bisa tahan lama. Selain terhindar dari panu, pakaian yang bersih dan wangi bisa buat kamu tampil percaya diri.

5. Menggunakan Produk Kulit Berbahan Minyak

kebiasaan penyebab panu

Sumber Gambar: Unsplash

Kulit memiliki kemampuan alami untuk mengeluarkan minyak agar kulit tetap lembab. Pemakaian body lotion atau pelembab tubuh bisa jadi langkah yang salah apabila kulit kamu bukan tipe kulit kering. Penggunaan produk kulit berbahan minyak bisa membuat kulit kamu memiliki minyak berlebih. Efek dari kelebihan minyak dapat mengakibatkan bercak kulit hitam atau putih yang gatal tumbuh di kulitmu, Toppers.

Baca Juga: Mengenal Herpes, Penyakit Kulit Menular Akibat Virus

Itulah kebiasaan buruk penyebab munculnya panu yang harus dihindari. Tentunya, kamu perlu menghindari kebiasaan buruk di atas dengan memperhatikan kebersihan tubuh dan merawat kulit. Toppers bisa cari berbagai skin care dan perawatan kulit lainnya agar menjaga kulit tetap sehat dan terhindar dari panu yang cukup mengganggu. Dapatkan penawaran harga terbaik dan gratis ongkir hanya di Tokopedia!

produk kesehatan

Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Penulis: Melly Yustin Aulia

© 2009-2024, PT Tokopedia