Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kenal Lebih Dekat dengan Tokopedia NOW!

08 February 2022
Share
Kenal Lebih Dekat dengan Tokopedia NOW!

Sejak pandemi, berbelanja online sudah menjadi sebuah kebiasaan yang tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain karena dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun, faktor kecepatan dan efisiensi juga menjadi pertimbangan utama. Terlebih, berbagai penawaran dan promo menarik juga tak luput menjadi faktor penunjang. Melihat hal tersebut, Tokopedia pun terus berupaya untuk menghadirkan solusi yang relevan dengan kondisi saat ini.

Di pertengahan tahun 2021, Tokopedia kembali berinovasi menghadirkan layanan yang dapat membantu masyarakat memenuhi kebutuhan hariannya dengan lebih mudah dan cepat. Dengan memanfaatkan teknologi geo-tagging, layanan Tokopedia NOW! kini telah hadir untuk membantu masyarakat mendapatkan produk sembako seperti daging, sayuran, buah-buahan dengan waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.

Kali ini, Pranidhana Mahardhika atau yang akrab dipanggil Dhika, selaku Head of Strategy and Operations Tokopedia NOW!, akan mengungkapkan beberapa hal menarik dibalik inovasi layanan yang fokus untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, demi mendorong pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia!

Dibalik nama Tokopedia NOW!

Dhika percaya bahwa nama merupakan sebuah doa dan di setiap nama memiliki berbagai harapan. Sama seperti Tokopedia NOW!, pemilihan nama ini tidak muncul begitu saja. Bahkan, sebelum produknya diluncurkan pun, Dhika dan tim masih memiliki dua pilihan pada nama. Menurut Dhika, memilih nama produk tidaklah mudah.

Pertama, nama tersebut harus mudah diingat. Kedua, nama produk juga perlu disesuaikan dengan objektif dari produk tersebut. Tokopedia NOW! dirasa sangat tepat untuk merepresentasikan salah satu unique selling point (USP) dari layanan ini yang merupakan kecepatan pengiriman, sehingga kata “NOW” yang bermakna “sekarang” akhirnya dipilih menjadi nama produk ini.

Ide serta aspirasi dari layanan Tokopedia NOW!

Kebutuhan berbelanja online kian meningkat. Dengan situasi pandemi, masyarakat Indonesia pun semakin mengandalkan kanal digital untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tokopedia NOW! memiliki visi untuk menghadirkan produk-produk esensial, termasuk bahan-bahan pokok, dengan lengkap dan cepat sampai ke setiap pengguna.

Dhika menambahkan bahwa memberikan pengalaman berbelanja yang mudah dan nyaman merupakan salah satu tujuan dari terciptanya layanan Tokopedia NOW!. Di sini, Dhika dan tim mencoba untuk menciptakan pengalaman yang mirip dengan saat berbelanja offline. Pengguna hanya perlu melakukan satu kali check out tanpa perlu membeli barang dari toko yang berbeda.

Selain pilihan produk yang lengkap, Dhika menambahkan bahwa dari sisi teknologi yang digunakan, Tokopedia NOW! memungkinkan penggunanya untuk dapat menambahkan produk ke keranjang tanpa perlu masuk ke halaman produk. Proses ini akan memudahkan pelanggan untuk bisa memilih lebih banyak produk dengan waktu yang lebih singkat.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Tokopedia NOW! menjamin pengiriman barang akan sampai hanya dalam waktu maksimal dua jam saja. Ke depannya, Dhika dan tim ingin terus mempercepat waktu pengiriman. Menurut Dhika, konsistensi sangat dibutuhkan di sini guna menjaga dan terus meningkatkan kepercayaan pelanggan. Tak hanya mengandalkan kecepatan pengiriman, Tokopedia NOW! juga menghadirkan ekosistem yang mendukung beragam metode pembayaran.

Fokus berdayakan penjual dan petani lokal

Tokopedia NOW! memiliki lebih dari 2,000 jenis produk yang telah dikurasi. Seluruh penjual maupun produk yang ada di Tokopedia NOW! tentunya sudah melalui tahapan seleksi terlebih dahulu, sehingga produk yang dijual dan yang akan dikirim telah melalui proses quality control yang ketat. Mengingat bahwa Tokopedia NOW! fokus menjual berbagai macam kebutuhan pokok, Tokopedia NOW! memasok produknya melalui penjual serta mitra petani lokal.

Meskipun terdapat tantangannya sendiri dimana Dhika dan tim perlu menyesuaikan permintaan customer yang tinggi dengan ketersediaan barang dari pemasok, Tokopedia NOW! konsisten merangkul mitra petani lokal dan juga mitra umkm seperti produsen telur, daging, dan bahan pokok lainnya agar mereka dapat terus berdaya.

Saat ini, masyarakat yang berada di area Jakarta dan sekitarnya dapat mengakses Tokopedia NOW! dengan cara mengetik ‘Now’ pada kolom pencarian di halaman utama aplikasi Tokopedia. Ke depannya, Dhika dan tim berencana untuk terus melakukan ekspansi ke daerah-daerah lainnya demi memberikan kesempatan dan peluang yang sama kepada siapa pun untuk mendapatkan nilai tambah dari pemanfaatan teknologi.

TAGS
Share
Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Universa Sajadah: Sajadah Berkualitas untuk Ibadah yang Lebih Nyaman
Behind The Scene
Universa Sajadah: Sajadah Berkualitas untuk Ibadah yang Lebih Nyaman
© 2009-2023, PT Tokopedia