Kenali 10 Fungsi, Bagian dan Cara Kerja Router

137
fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router, bagian bagian router, cara kerja router, cara kerja router wifi

Router merupakan alat penting yang menghadirkan koneksi internet di rumah. Nah, seperti apa sih cara kerja router sebenarnya? Simak bahasannya, yuk!


Fungsi Router – Router adalah perangkat keras (hardware) komputer yang akan menghubungkan beberapa jaringan, baik itu jaringan yang sama atau berbeda.

Router memiliki fitur Dynamic Host Configuration Protocol atau biasa disebut DHCP. Teknologi ini dapat kamu setting, sehingga bisa membagi IP Address.

Kini router banyak dimanfaatkan untuk meningkatkan konektivitas internet dengan menyambungkannya ke modem. Kemudian, membagikan koneksi tersebut kepada pengguna, baik dengan wireless maupun menggunakan kabel.

Untuk tahu lebih lengkap tentang router seperti fungsi serta cara kerja dari alat ini, Tokopedia sudah merangkumnya untuk kamu. Simak selengkapnya!

Baca Juga: 12 Merk Router WiFi Terbaik yang Pastikan Internet Cepat dan Stabil di Rumah

Fungsi Router

1. Penghubung Berbagai Informasi

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Netgear

Router memiliki fungsi untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan dari lokasi tertentu ke jaringan lainnya.

Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai.

2. Fungsi Firewall dalam Router DSL

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Learnabhi

Dalam hal ini router berfungsi sebagai firewall yang akan menyaring paket berdasarkan sumber dan juga alamat tujuan paket. Router yang umumnya menjalankan fungsi ini biasa juga disebut dengan DSL router.

Namun, sebenarnya tidak semua router memiliki fungsi yang sama.

3. Packet Filtering Router

fungsi router, fungsi router wifi, pengertian dan fungsi router,
Sumber Gambar: Cisco

Untuk dapat menjalankan fungsi ini, router yang digunakan biasa disebut packet filtering router. Router ini akan memutuskan lalu lintas data yang terpancar melalui broadcast.

Sehingga akan mencegah terjadinya broadcast storm. Hal ini dapat menyebabkan kinerja jaringan melambat.

4. Menganalisis Paket Data

bagian bagian router, cara kerja router, cara kerja router wifi
Sumber Gambar: Quora

Router juga memiliki fungsi untuk menganalisis paket data yang masuk. Dalam menganalisis paket data, router akan menyeleksi paket tersebut untuk masuk ke dalam jalur yang paling optimal dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Data tersebut kemudian akan masuk ke dalam tabel routing. Proses outing ini terbagi menjadi dua, yaitu static routing dan dynamic routing.

5. Mentransmisikan Informasi

bagian bagian router, cara kerja router, cara kerja router wifi
Sumber Gambar: Recorded Future

Fungsi berikutnya dari router adalah untuk mentransmisikan informasi atau data. Alat ini akan mentransmisikan informasi dari jaringan tertentu ke jaringan lainnya.

Fungsi ini mirip dengan bridge atau jembatan jaringan alias penghubung dari satu perangkat ke perangkat lain.

jual router wireless tp link
Internet cepat bisa dinikmati kapan saja tanpa lag dengan router wireless TP Link terbaik di sini!

Baca Juga: 10 Tips dan Cara Memilih Router Wi-Fi yang Tepat di Rumah

Bagian / Cara Kerja Router

6. Hub

Bagian router pertama adalah Hub. Hub ini memiliki fungsi untuk menerima sinyal dari jaringan dan mentransmisikannya kepada komputer yang lain.

Bagian pada router ini digunakan untuk menyambungkan jaringan sederhana dalam bentuk IP lokal. Hub akan membagi bandwidth ke masing-masing PC.

Jika hanya menggunakan satu PC, maka bandwidth yang dibagi akan maksimal. Namun, jika menggunakan beberapa PC, maka bandwidth-nya akan terbagi ke dalam PC yang ada.

7. Switch

Switch adalah perangkat jaringan yang berfungsi sebagai penyambung dalam jaringan. Selain itu, switch juga berfungsi untuk menghubungkan komputer dalam local area network (LAN).

Berbeda dengan hub, switch justru dapat memilah data yang ingin ditransmisikan.

baner Maret Mantap

8. Bridge

Berikutnya adalah bridge. Bridge berfungsi untuk memberikan segmen serta memperluas jaringan. Selain itu, bridge juga bekerja untuk mengatur informasi jaringan menjadi lebih teratur.

9. Repeater

Repeater memiliki fungsi untuk memperluas jaringan WiFi, sehingga dapat menjangkau tampat-tempat yang sulit terkena jaringan WiFi. Terdapat dua alat agar dapat mengaktifkan repeater ini.

Yaitu client, alat yang akan menerima jaringan dari server, dan accespoint, alat untuk menyebarkan sinyal wi-fi.

10. Network Interface Controller

Network Interface Controller atau NIC adalah sebuah perangkat keras yang berguna untuk menjadi jembatan antar komputer ke jaringan komputer lain.

Fungsi dari perangkat ini adalah untuk menerima data yang dikirim oleh kabel yang nantinya akan diterjemahkan ke dalam bit agar bisa dimengerti oleh komputer.

Baca Juga: 10 Cara Setting Router dan Langkah Menggunakannya di Rumah

Itu dia beberapa fungsi beserta bagian dan cara kerja dari router, Toppers. Sekarang kamu jadi tidak sekadar menggunakan atau mengetahuinya saja, kamu juga mengerti fungsi router sesungguhnya.

Tidak lupa, untuk membeli alat ini, kamu perlu memastikan beberapa komponen seperti Quality of Service, keamanan, serta network-nya.

Nah, kalau saat ini kamu alat ini, kamu bisa menemukan router dengan kualitas terbaik hanya di Tokopedia!

jual komputer dan aksesoris
Temukan segala kebutuhan komputer beserta aksesorisnya dengan penawaran terbaik di sini!

Bagikan Artikel