Penalti Reputasi Toko

Kenali Lebih Dekat Penalti Reputasi Toko

/   Update Fitur

Toppers pasti sudah tau dong kalau semakin tinggi reputasi toko yang kamu dapatkan dari pembeli, maka semakin tinggi juga poin reputasi toko yang akan kamu dapatkan. Nilai reputasi toko yang baik akan berpengaruh pada badges toko kamu. Seperti yang kamu ketahui badge toko terbagi jadi 4 jenis, diantaranya Bronze, Silver, Gold, dan Diamond yang didapatkan dari hasil akumulasi penilaian smiley dari pembeli. Badge akan tampil pada halaman toko dan di setiap nama halaman yang terdapat nama toko. Tentunya badge toko ini akan meningkatkan keyakinan calon pembeli untuk berbelanja di tokomu.

Namun, tidak menutup kemungkinan poin reputasi tokomu berkurang, karena adanya Penalti Reputasi Toko. Penalti Reputasi Toko adalah sistem pengurangan nilai reputasi toko apabila penjual tidak merespon pesanan pembeli, menggunakan resi invalid, serta melanggar syarat dan ketentuan. Berikut ketentuan pengurangan nilai dari Penalti Reputasi Toko:

  • Reputasi toko kamu akan mendapat nilai -2 jika tidak merespon pesanan yang masuk selama 2 hari.
  • Reputasi toko kamu akan mendapat nilai -3 jika membatalkan pesanan pada saat konfirmasi pengiriman.
  • Reputasi toko kamu akan mendapat nilai -4 jika tidak melakukan konfirmasi pengiriman maksimal 4 hari kerja (Senin – Jumat) setelah order diterima.
  • Reputasi toko kamu akan mendapat nilai -5 sampai dengan -8 jika nomor resi tidak valid, penentuan poin berdasarkan penilaian tim Tokopedia terhadap jenis pelanggaran.
  • Reputasi toko kamu akan mendapat -15 jika transaksi melanggar syarat dan ketentuan yang berlaku.

Penjual dapat melihat penalti toko yang diterima pada bagian riwayat reputasi toko dengan cara sebagai berikut:

1. Klik “Ulasan” pada menu toko, lalu
penalti reputasi toko

2. Klik “Riwayat Reputasi”
penalti reputasi toko

Tentu kamu nggak mau dong Toppers poin reputasi toko yang sudah kamu kumpulkan sekarang ini berkurang begitu saja? Untuk itu, yuk terus pertahankan sekaligus tingkatkan pelayanan tokomu di Tokopedia.

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 331 Article, See all posts