• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kerja Shift Malam? Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Tidur

Share

Kerja Shift Malam? Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan dan Pola Tidur

Profesi atau pekerjaan kamu harus dilakukan pada malam hari? Simak 10 tips untuk menjaga kesehatan dan pola tidur agar tubuh tetap sehat.


Terkadang, profesi atau pekerjaan seseorang menuntutnya untuk bekerja di malam hari. Seperti dokter, petugas rumah sakit, pemadam kebakaran, dan masih banyak lainnya. 

Sedangkan, tubuh kita dirancang untuk beristirahat pada malam hari. Hal tersebut tentu bisa menyebabkan berbagai  penyakit.

Oleh karena itu, kita haru menyiasati pola tidur dan kegiatan lainnya agar tubuh tetap sehat. Jadi, buat kamu yang kerja shift malam, yuk, simak tips menjaga kesehatan dan pola tidur di bawah ini!

Baca juga: 10 Fungsi & Manfaat Air Humidifier dan Pengaruhnya bagi Kesehatan

1. Konsumsi Makanan yang Sehat

1. Konsumsi Makanan yang Sehat
Sumber gambar: Pixabay

Buat kamu yang kerja shift malam, tubuh memerlukan energi tambahan untuk tetap terjaga di malam hari. Namun, hindari makanan cepat saji.

Oleh karena itu, konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Selain itu, konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks, seperti pasta gandum, nasi merah, dan kentang.

Sebaiknya kamu juga mengkonsumsi makanan yang membuat tubuh tetap terhidrasi, seperti sup ayam, krim sup, dan makanan berkuah lainnya.

Makanan lainnya yang harus kamu konsumsi adalah makanan dengan lemak dan protein yang sehat, seperti buah alpukat, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan telur.

2. Batasi Konsumsi Kopi

2. Batasi Konsumsi Kopi

Sebagian besar orang mengkonsumsi kafein atau kopi untuk tetap terjaga saat malam hari. Namun, sebaiknya kamu membatasi konsumsi kopi terutama setelah jam 2 pagi. Kamu bisa menggantinya dengan minum air putih atau jus.

Jus mengandung gula yang dapat membantu meratakan metabolisme tubuh dan air untuk menjaga agar tubuh kamu tetap terhidrasi dengan baik.

3. Hindari Minum Alkohol

3. Hindari Minum Alkohol

Alkohol memang dapat membantu kamu untuk tidur lebih cepat, tetapi alkohol sangat mempengaruhi keadaan kamu setelah bangun tidur.

Jadi, sebaiknya kamu hindari untuk minum alkohol untuk membantu tidur agar tubuh tetap fit setelah bangun tidur dan siap untuk bekerja.

4. Jangan Makan Terlalu Banyak

4. Jangan Makan Terlalu Banyak
Sumber gambar: Thedenizen

Kelaparan saat malam hari bisa menjadi kerumitan sendiri. Kalau kamu makan banyak, kamu bisa kesulitan tidur, tetapi dengan makan sedikit, bisa menjadi siksaan tersendiri.

Untuk menyiasati rasa lapar saat kamu bekerja di malam hari, siapkan camilan besar dan kecil untuk menyeimbangkan kegiatan kamu saat bekerja.

5. Tidur Siang

5. Tidur Siang

Setelah pulang bekerja di pagi hari, saatnya kamu tidur untuk mengistirahatkan tubuh. Namun, cahaya terang dari matahari dapat mengganggu pola tidur itu sendiri.

Menurut Medical News Today, untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat kamar tidur kamu gelap seperti malam hari.

Kamar tidur yang gelap ini dapat membantu tubuh kamu merasa bahwa kamu sedang tidur di malam hari.

Baca juga: 10 Efek Kurang Tidur bagi Kesehatan Tubuh, Mudah Terserang Virus?

6. Jauhi TV dan Ponsel

Bagi orang yang kerja shift malam, tidur adalah sebuah kemewahan karena mereka tidak bisa tidur pada malam hari bagaimana semestinya.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, matikan TV dan jauhkan ponsel kamu saat ingin tidur. Blue screen yang dipancarkan dari TV dan ponsel karena dapat merusak ritme sirkadian (perputaran waktu 24 jam) kamu.

7. Olahraga

7. Olahraga
Sumber gambar: Pixabay

Olahraga secara rutin membantu tubuh tetap sehat dan fit. Tetapi, kerja shift malam mungkin membuat kamu bingung untuk olahraga di pagi hari atau setelah kamu bangun tidur.

Sebenarnya, kamu bisa melakukannya kapan pun. Olahraga di pagi hari setelah pulang bekerja atau setelah kamu bangun tidur.

Tetapi, ada kemungkinan kamu kelelahan setelah semalaman bekerja dan tidak tidur sampai pagi. Jadi, kalau kamu merasa kelelahan untuk olahraga di pagi hari, lakukan olahraga setelah kamu bangun tidur.

Saat break time, kamu juga bisa untuk berolahraga kecil seperti berjalan atau naik-turun menggunakan tangga.

8. Tidur Sebelum Berangkat Kerja

8. Tidur Sebelum Berangkat Kerja
Sumber gambar: Pixabay

Mungkin kamu akan kesulitan untuk tidur di siang hari selama 6-8 jam. Tetapi, kalau kamu kekurangan tidur, bisa membuat tubuh menjadi tidak fit dan letih selama bekerja.

Tips untuk mendapatkan tidur 6-8 jam sehari adalah dengan tidur 1-2 jam sebelum kamu bekerja. Hal ini bisa membuat tubuh kamu lebih bugar, loh!

9. Jangan Takut Untuk Mengatakan Tidak Pada Undangan

9. Jangan Takut Untuk Mengatakan Tidak Pada Undangan
Sumber gambar: Pixabay

Kerja shift malam membuat kamu harus tidur saat siang hari. Tetapi, kegiatan bersosialisasi tetap harus dilakukan.

Hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan langsung menyetujui untuk datang ke sebuah acara hanya karena kamu bisa secara fisik.

Pergi makan siang bersama teman-teman dapat mengganggu jam tidur kamu, loh. Hal ini bisa berdampak buruk pada kesehatan kamu.

Sebaiknya, kamu hangout bersama teman di hari libur saja di saat kamu bisa tidur di malam hari dan istirahat dengan baik.

10. Berikan Informasi Mengenai Jadwal Kerja

10. Berikan Informasi Mengenai Jadwal Kerja
Sumber gambar: Pixabay

Memberikan informasi mengenai jadwal kerja kepada keluarga dan teman tentu sangat membantu kamu, loh! Hal ini juga membantu mereka mengerti kenapa kamu tidak bisa hadir dan sebagainya.

Mereka bisa mengetahui kapan kamu dapat dihubungi dan tidak. Selain itu, kamu bisa mematikan ponsel kamu saat tidur agar terhindar dari berbagai gangguan.

Baca juga: 12 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Imun Tubuh

Bekerja shift malam tentu berpengaruh terhadap banyak kegiatan. Kegiatan yang kita lakukan akan berbeda dari orang kebanyakan, seperti harus tidur pada siang hari dan bekerja pada malam hari.

Maka dari itu, sangat penting untuk kita menjaga kesehatan, pola tidur, serta membuat jadwal rutin untuk jam tubuh kita.

Itu dia tips buat kamu yang kerja shift malam. Selain tips di atas, kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk menambah daya tahan tubuh kamu.

Lemak Omega 3
Penuhi kebutuhan Omega 3 dengan suplemen berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Felly Eliza Putri

© 2009-2024, PT Tokopedia