• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Keuntungan dan Cara Investasi Emas Syariah

Share

Keuntungan dan Cara Investasi Emas Syariah

Investasi Emas Syariah – Ada banyak sekali bentuk investasi syariah, salah satunya adalah investasi emas syariah. Namun, pada kenyataannya masih banyak orang yang kurang familiar dengan teknik investasi emas satu ini. Apa sebenarnya investasi Emas Syariah itu dan apa keuntungan serta cara berinvestasi dengan teknik ini?

Investasi Emas Syariah

Sumber: Marketwatch

Baca juga: Keunggulan Reksa Dana dibanding Investasi Emas

Apa itu Investasi Emas Syariah?

Investasi emas syariah umumnya bukanlah dalam produk perhiasan melainkan emas batangan alias emas antam. Karena menggunakan prinsip syariah maka investasi emas syariah ini hanya bisa ditemukan dalam produk-produk perbankan syariah dan juga pegadaian.

Keuntungan Investasi Emas Syariah

  • Minim Biaya

Meskipun memiliki harga yang relatif mahal, namun emas dapat dibeli dalam satuan yang kecil alias per gram sehingga bisa disesuaikan dengan biaya Emas bisa dibeli dalam satuan gram. Selain itu pembelian emas melalui Bank Syariah sebagai tabungan emas bisa dilakukan secara bertahap alias dicicil.

  • Tak Terpengaruh Inflasi

Kondisi ekonomi tidaklah stabil, terkadang terjadi inflasi yang akan mempengaruhi harga-harga barang. Namun, dalam investasi emas syariah kamu tak perlu khawatir karena harga dari emas tak terpengaruh oleh laju inflasi sehingga bisa dikatakan investasi emas termasuk investasi yang aman.

  • Likuiditas yang baik

Produk emas adalah salah satu produk yang memiliki likuiditas yang baik alias mudah untuk dicairkan atau dijual kembali. Hal ini membuat investasi emas syariah yang baik untuk menjadi simpanan dana cadangan.

Prosedur Investasi Emas Syariah yang mudah

Ada banyak sekali lembaga keuangan syariah baik online dan offline yang bisa dipilih. Selain itu, jumlah dan bentuk emas juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki sehingga hampir bisa dilakukan oleh siapa saja dengan cara yang mudah.

Cara Melakukan Investasi Emas Syariah

Perhatikan kondisi keuangan dan keadaan emas

Meskipun bisa dibeli dalam jumlah sedikit, ada baiknya membeli Emas dalam jumlah tidak terlalu kecil agar lebih mudah dijaga kadar dan juga disimpan. Jadi, pastikan kondisi keuanganmu cukup sehat untuk mampu melakukan investasi emas.

Perhatikan juga situasi pasar emas. Meski tak terpengaruh inflasi, ada saat dimana harga emas bisa menukik. Tentunya saat-saat seperti ini bukanlah saat yang tepat untuk membeli emas baru.

Pilih lembaga keuangan terpercaya

Ada banyak lembaga perbankan syariah dan tentunya dengan sistem dan juga produk yang disesuaikan. Mulailah melakukan investasi emas syariah pada bank-bank syariah yang pernah kamu gunakan layanannya. Jika kamu sama sekali belum memiliki pengalaman dengan perbankan syariah, lakukanlah riset terlebih dahulu mengenai lembaga-lembaga penyedia investasi emas syariah.

Lengkapi surat-surat

Setelah menemukan lembaga yang tepat, biasanya kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti KTP dan juga NPWP sebelum bisa menggunakan jasa investasi emas.

Baca juga: Tabungan Emas: Cara, Keuntungan serta Resikonya

Investasi emas syariah dengan segala keuntungannya bisa menjadi salah satu pilihan investasi syariah yang bisa kamu coba. Tentunya selalu pertimbangkan tujuan, situasi, dan juga kemampuan finansial sebelum memutuskan dalam terjun ke dunia investasi.

perhiasan emas

Share

Namira FazaNamira Faza

Related Articles

Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
Keuangan
Investasi Bodong: Sejarah, Ciri-Ciri & Cara Mencegahnya
© 2009-2024, PT Tokopedia