• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kiat Ampuh dalam Mengerjakan Skripsi agar Cepat Lulus

Share

Kiat Ampuh dalam Mengerjakan Skripsi agar Cepat Lulus

Kamu tahu kan kalau skripsi adalah tahap terakhir agar bisa lulus dan mendapat gelar sarjana? Siapa sih yang gak mau lulus tepat waktu? Semua orang pasti ingin lulus dan menjadi sarjana sesuai waktu yang seharusnya, selain akan menjadi kebanggaan diri sendiri dan sudah pasti orang tua juga akan sangat senang serta bangga sama kamu. Oh ya satu lagi, kamu harus lulus tepat waktu supaya gak keluar uang lagi, Toppers. Semakin lama dan semakin sering kamu mengundur waktu kelulusan, maka akan semakin banyak biaya yang harus kamu keluarkan. Kalau bisa lulus tepat waktu, kenapa harus extend?

Yuk mari sama-sama untuk kamu yang akan menghadapi atau sedang mengerjakan skripsi, kamu wajib banget baca artikel ini. Ini dia kiat-kiat ampuh dalam mengerjakan skripsi agar bisa lulus tepat waktu. Langsung aja yuk kita bahas dan perhatikan satu per satu. Check it out!

Pilih Tema Penelitian yang Kamu Suka

Tips Mengerjakan Skripsi dan Cepat Lulus - Pilih tema yang disukai
sumber foto: writinglabatunt.wordpress.com

Hal yang paling penting dan tahap paling awal dalam skripsi adalah menentukan tema dan judul untuk penelitian kamu, Toppers. Pilih tema yang kamu sukai dan yang terpenting adalah kamu menguasainya, karena skripsi adalah tahap akhir yang menentukan lulus atau tidaknya kamu di jenjang perkuliahan. Hmm hambatan seperti malas dan bosan akan sering muncul, ketika kamu memilih tema yang tidak kamu sukai. Waduh, malas adalah faktor utama yang bisa menghambat kelulusan kamu loh.

Bersahabat dengan Dosen Pembimbing

Selama kamu mengerjakan skripsi, pasti akan ada dosen pembimbing yang dimana akan menuntun dan membimbing kamu sampai kamu lulus. Dosen pembimbing akan memberikan anjuran, petunjuk dan rahasia khusus ketika kamu akan menghadapi sidang akhir. Namun sayangnya tipe dan karakter dari dosen pembimbing itu beda-beda, ada yang cuek, sangat perhatian hingga ada pula yang susah dihubungi. Untuk menyiasati hal tersebut, kamu harus melakukan sedikit pendekatan sama dosen pembimbing kamu, buat hubungan seperti sebuah sahabat yang dimana kamu bisa curhat, bisa meminta dukungan, motivasi, dan kiat khusus.

Baca Buku untuk Sumber Referensi

Tips Mengerjakan Skripsi dan Cepat Lulus - Banyak Baca Buku untuk Referensi
sumber foto: ocsidtechnologies.com

Skripsi adalah penelitian ilmiah, jadi kamu harus mencari sumber-sumber referensi untuk mendukung skripsi yang kamu kerjakan agar lebih baik lagi. Semakin banyak kamu membaca buku-buku yang berhubungan dengan tema penelitian kamu, kamu akan semakin dengan mudah mendapatkan pencerahan saat kamu mengerjakan skripsi yang kamu punya.

Pintar dalam Manajemen Waktu

Tips Mengerjakan Skripsi dan Cepat Lulus - manajemen waktu buat agenda
sumber foto: thefermentedfoody.com

Manajemen waktu juga salah satu hal yang sangat penting saat mengerjakan skripsi nih, Toppers. Mungkin sebagian di antara kamu selain punya tugas untuk mengerjakan skripsi, kamu juga harus disibukkan dengan kegiatan lain seperti magang, mengikuti kelas atau bekerja. Biar semua kegiatan itu gak keteteran, kamu harus pintar-pintar dalam mengatur jadwal, kapan kamu akan bekerja, kapan kamu masuk kelas, kapan kamu harus mengerjakan skripsi.

Jaga Kesehatan Jasmani

Hal penting lain yang harus banget kamu perhatikan adalah kesehatan tubuh kamu. Fisik kamu harus tahan banting nih, karena mengerjakan skripsi kamu kehilangan jam tidur kamu yang ideal, harus mengejar dosen pembimbing dan pergi ke perpustakaan-perpustakaan untuk mendapatkan buku referensi. Belum lagi musim yang gak tentu membuat tubuh jadi mudah sakit. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin ya, Toppers.

Sempatkan untuk Refreshing

Tips Mengerjakan Skripsi dan Cepat Lulus - Sempatkan untuk refreshing
sumber foto: abilityindiana.org

Perasaan jenuh dan penat pasti akan terjadi ketika kamu sedang mengerjakan skripsi. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kamu harus menyempatkan diri untuk santai dan refreshing dulu nih. Misalnya kamu boleh istirahat sejenak, atau melakukan hobi yang kamu sukai seperti kuliner dan mendengarkan musik. Eiiitss tapi jangan kebablasan ya, Toppers. Ingat lulus tepat waktu hehehe

Jangan Lupa untuk Berdoa

Banyak banget pasti kekhawatiran dan rasa cemas yang bakal hadir di hati dan pikiran kamu. Jika kamu tidak menghadapi hal tersebut dengan bijak, kamu akan dilanda stress loh, Toppers. Memang sih rasa khawatir dan takut itu wajar terjadi, tapi ada satu hal yang paling tepat jadi jawaban nya yaitu berdoa. Sumber ketenangan, petunjuk, semangat dan kekuatan semua datang dari Tuhan. Jadi kamu harus selalu mengandalkan Tuhan dalam segala yang kamu kerjakan.

Kiat yang ada di atas adalah hal yang harus kamu lakukan kalau kamu pengen lancar dalam mengerjakan skripsi dan cepat lulus. Toppers butuh internet atau koneksi wifi yang oke nih agar mengerjakan skripsi jadi lebih mudah dan bisa dikerjakan dimana dan kapan saja. Di Tokopedia kamu bisa membeli modem Smartfren Andromax untuk mendukung dan membantu kamu dalam mengerjakan skripsi loh. Toped mendoakan supaya kamu yang sedang atau akan mengerjakan skripsi bisa lulus tepat waktu :) semoga bermanfaat.

jual smarfren andromax m2p
Dapatkan Koneksi Internet Cepat hanya dengan Smartfren Andromax M2P. Beli sekarang!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
Topik Seru Lainnya
Peraturan Sepak Bola Mendasar, Wajib Tahu Sebelum Nonton Piala Dunia!
© 2009-2024, PT Tokopedia