belanja di Tokopedia dengan kartu kredit

Kini Belanja Online di Tokopedia Semakin Mudah dengan Kartu Kredit

/   Tanya Toped, Update Fitur

Sebelum ini banyak Toppers yang bertanya, “Kapan nih belanja di Tokopedia bisa bayar pakai Kartu Kredit?”. Tidak perlu menunggu lagi, mulai dari sekarang semua pengguna mulai bisa menggunakan Kartu Kredit untuk bertransaksi di Tokopedia. Ya, terhitung sejak Selasa, 5 Mei 2015,  pembayaran dengan Kartu Kredit untuk berbelanja di Tokopedia ini dapat dinikmati oleh semua pengguna kartu kredit Visa dan Master Card. Semua penjual yang membuka toko di Tokopedia juga secara otomatis dapat menerima pembayaran dengan kartu kredit, tanpa dikenakan potongan biaya sepeserpun.

Sebelumnya, Tokopedia juga sudah mendukung metode pembayaran kartu kredit untuk pengguna yang ingin membeli paket berlangganan Gold Merchant, User Management, dan kredit TopAds.

Metode pembayaran Kartu Kredit ini sendiri bisa digunakan untuk pembelian minimal seharga Rp 50 ribu dan maksimal Rp 30 juta. Dengan menggunakan Kartu Kredit, proses transaksi pun jadi lebih mudah dan cepat karena pembeli tidak perlu melakukan konfirmasi pembayaran. Saat membayar dengan metode ini, pembayaran tersebut akan terverifikasi secara otomatis dan pesanan pun langsung diteruskan ke penjual. Untuk metode pembayaran ini, pembeli akan dikenakan biaya layanan 1.5% dari total pembelanjaan.

Tidak hanya untuk pembeli, tersedianya layanan pembayaran instan dengan Kartu Kredit ini juga memberi keuntungan bagi penjual yang langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru setelah pembeli melakukan pembayaran dengan Kartu Kredit, tanpa harus menunggu proses verifikasi. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap review kecepatan pemrosesan pesanan yang diberikan oleh pembeli saat melakukan konfirmasi penerimaan barang.

Bagaimana cara berbelanja dengan metode pembayaran Kartu Kredit?

Langkah-langkah pembayaran dengan Kartu Kredit pun sangatlah mudah dan tidak jauh berbeda dengan metode pembayaran lainnya.

1. Setelah memasukkan produk ke Keranjang Belanja, pilih metode pembayaran “Kartu Kredit”, lalu klik tombol “Checkout”

belanja di Tokopedia dengan kartu kredit

2. Isi data-data yang diperlukan pada “Informasi Tagihan” dan “Informasi Kartu Kredit”, kemudian klik “Bayar”

belanja di Tokopedia dengan kartu kredit

3. Sistem Tokopedia akan terhubung dengan sistem bank yang mengeluarkan Kartu Kredit, dan kemudian kamu akan diminta untuk mengirimkan Kode Otorisasi yang dikirimkan oleh sistem bank yang bersangkutan

(Catatan: pemberian kode ini bergantung pada bank yang mengeluarkan Kartu Kredit kamu)

belanja di Tokopedia dengan kartu kredit

4. Setelah memasukkan Kode Otorisasi, klik tombol “OK” dan kamu akan masuk ke halaman pemberitahuan bahwa pembayaran yang kamu lakukan sudah berhasil diproses.

Jika pesanan ditolak oleh penjual, dana dikembalikan kemana?

Setelah melakukan pembayaran dengan Kartu Kredit, maka penjual akan langsung mendapatkan notifikasi pesanan baru di tokonya dan bisa langsung memproses pesanan tersebut. Namun jika penjual menolak pesanan karena alasan tertentu, maka dana dikembalikan ke limit Kartu Kredit-mu.

1. Jika pembayaran sepenuhnya dilakukan dengan Kartu Kredit

Saat pesanan ditolak oleh penjual, maka dana pembayaran akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit kamu di tagihan bulan berikutnya.

2. Jika pembayaran dilakukan dengan Kartu Kredit + Saldo Sebagian

Pembayaran dengan Saldo Tokopedia akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia kamu, sedangkan yang menggunakan Kartu Kredit akan dikembalikan ke limit Kartu Kredit pada tagihan bulan berikutnya.

Untuk jumlah dana yang akan dikembalikan ke Saldo Tokopedia adalah harga barang + ongkos kirim, tidak termasuk biaya layanan yang dikenakan saat bertransaksi, karena pemotongan biaya layanan ini merupakan ketentuan dari bank pengeluar Kartu Kredit yang bersangkutan.

Selain menghadirkan kemudahan para pengguna untuk berbelanja online dengan metode pembayaran menggunakan Kartu Kredit, sebelumnya Tokopedia juga sudah menyediakan berbagai metode pembayaran instan lainnya seperti Mandiri ClickPay, Mandiri E-Cash dan BCA Klikpay.

Dengan tersedianya layanan pembayaran dengan Kartu Kredit dan juga pembayaran instan lainnya, diharapkan semua pengguna Tokopedia semakin mudah saat bertransaksi online di Tokopedia. Tokopedia juga akan terus berinovasi untuk menyediakan fitur-fitur yang semakin memudahkan semua pengguna Tokopedia, baik penjual maupun pembeli, sehingga setiap pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan produk asli Indonesia berkelas dunia.

Belanja online di Tokopedia semakin mudah dengan Kartu Kredit. Ayo belanja sekarang juga, Toppers. Belanja sekarang, bayarnya bulan depan! :D

 

THEAUTHOR

Tokopedia

Tokopedia has written 331 Article, See all posts