• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Kisah Pemilik Warung Asal Sidoardjo Bangkit Bersama Mitra Tokopedia

12 June 2023

Share

Kisah Pemilik Warung Asal Sidoardjo Bangkit Bersama Mitra Tokopedia

Produk digital kini begitu lekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Mulai dari pulsa, kuota internet, hingga token listrik. Bahkan, membayar pajak pun sekarang dapat dilakukan dengan mudah lewat ponsel pintar.

Aditya Hermawan Sanjaya, salah satu penjual Mitra Tokopedia asal Sidoardjo, melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang. Hitung-hitung menambah uang sakunya yang kala itu sedang duduk di bangku kuliah, ia memulai bisnisnya di tahun 2006 dengan menjual produk voucher telepon fisik dan terus berkembang untuk menjual produk digital seperti pulsa, paket data, hingga tagihan listrik dan BPJS.

Setelah menyelesaikan kuliahnya, ia semakin menekuni bisnisnya tersebut walau penjualannya sempat mengalami penurunan drastis lantaran diterjang badai pandemi. Meski sempat terpuruk, bisnis Aditya justru menemukan titik terang ketika ia bergabung bersama Mitra Tokopedia di tahun 2022.

Sukses berjualan produk digital

Dengan menjadi Mitra Tokopedia, Aditya mengatakan bahwa ia mendapatkan kemudahan dan kenyamanan dari beragam fitur yang ditawakarkan. Kemudahan yang ia rasakan antara lain seperti kemudahan dalam menarik saldo, pelayanan dari tim Tokopedia Care yang cepat tanggap, poin rewards yang diberikan jika dapat mencapai misi tertentu, hingga berbagai program yang ditujukan untuk membantu meningkatkan transaksi para Mitra.

Aditya juga menambahkan bahwa produk-produk yang ditawarkan Mitra Tokopedia begitu variatif seperti pembayaran e-samsat dan PBB. “Aplikasi Mitra Tokopedia membantu saya bangkit. Kini omzet warung saya bisa mencapai belasan juta rupiah per hari berkat Mitra Tokopedia,” ungkap Aditya.

Aditya percaya bahwa kesuksesan yang ia rasakan bersama Mitra Tokopedia juga dapat dicapai oleh orang lain. Sejak bergabung bersama Mitra Tokopedia, Aditya kerap membagikan pengalaman hingga memberikan edukasi tentang nilai tambah dari penggunaan aplikasi Mitra Tokopedia kepada ribuan warga di sekitar warungnya agar mereka juga dapat ikut berjualan produk digital.

Fokus Mitra Tokopedia kini dan nanti

Mitra Tokopedia terus berupaya untuk memberikan lebih banyak manfaat kepada individu dan pemilik usaha serta memberikan kemudahan kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar dapat mengakses produk digital kapan pun dan dimana pun. Data internal Tokopedia pun juga menunjukkan bahwa transaksi biaya pendidikan, internet dan TV kabel, serta E-Samsat di Mitra Tokopedia pada kuartal I 2023 mengalami peningkatan hampir 4 kali lipat jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun 2022.

Kini, ekosistem Mitra Tokopedia fokus dalam memfasilitasi individu dan pemilik usaha untuk dapat menjual 21 jenis Produk Digital dengan harga yang kompetitif, sehingga mereka bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Masyarakat di lebih dari 700 kota dan kabupaten di Indonesia dapat memiliki akses ke berbagai produk digital seperti pulsa, paket data, voucher game, token listrik, tagihan BPJS, biaya pendidikan, tagihan PBB, e-samsat hingga PDAM.

Ke depannya, Tokopedia berharap untuk dapat terus mewujudkan misi pemerataan ekonomi secara digital di Indonesia dengan melebarkan akses ke berbagai pemenuhan kebutuhan masyarakat secara inklusif sambil terus mendukung para pelaku usaha dapat mencapai lebih lewat pemanfaatan teknologi.

Share

Amalia RizqytaAmalia Rizqyta

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia