Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Kota & Daerah Terpanas di Indonesia Lengkap dengan Suhunya

19 May 2022
Share icon
Share
10 Kota & Daerah Terpanas di Indonesia Lengkap dengan Suhunya

Penasaran dengan daerah atau kota terpanas di Indonesia menurut BMKG? Berikut daftar wilayah terpanas beserta suhu udaranya!


Beberapa waktu terakhir, terdapat beberapa kota terpanas di Indonesia menurut pantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Sebagian wilayah di Indonesia belakangan ini memang sedang mengalami suhu panas yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena posisi matahari yang sedang berada di wilayah utara ekuator, dan menjadikan pertumbuhan awan hujan semakin berkurang. Tingginya suhu tersebut tersebut dapat dirasakan di berbagai daerah di Indonesia yang belakangan terasa begitu panas. Kota dan daerah mana sajakah itu? Menurut informasi yang dihimpun oleh BMKG per 10-11 Mei 2022, berikut ini adalah daftarnya.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Tanaman Hias yang Tahan Akan Cuaca Hujan!

Daftar Urutan Daerah Terpanas di Indonesia

Dibandingkan dengan negara subtropis, Indonesia yang merupakan negara tropis memang lebih panas. Di bawah ini urutan 10 daerah dan kota terpanas yang ada di Indonesia:

1. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten

Kota Terpanas di Indonesia

Sumber Gambar: Kode Singkatan

Ciputat adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Sebelum pendirian Kota Tangerang Selatan, Ciputat merupakan kecamatan dari Kabupaten Tangerang. Menurut Balai Besar Wilayah 2 Ciputat, suhu Ciputat mencapai 36 derajat celcius di mana daerah ini menjadi wilayah terpanas di Indonesia.

2. Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia

Sumber Gambar: Wikipedia

Pancur Batu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, Indonesia. Pancur Batu merupakan jalan utama menuju ke Berastagi, Karo. Di kecamatan ini juga terdapat beberapa pusat sektor ekonomi, salah satunya adalah Pasar Pancur Batu. Stasiun Geofisika Deli Serdang mencatat suhu Pancur Batu mencapai 35,9 derajat celcius.

3. Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia

Sumber Gambar: Radar Sampit

Kabupaten Kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkalan Bun. Menurut stasiun meteorologi Iskandar, suhu udara Kotawaringin Barat pernah mencapai 35,8 derajat celcius.

4. Kota Palembang, Sumatra Selatan

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, palembang

Sumber Gambar: Sumatra Bisnis

Palembang adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Sumatra Selatan. Kota dengan luas wilayah 400,61 km² ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada 2020. Suhu udara kota yang terkenal dengan Sungai Musinya ini juga termasuk terpanas di Indonesia, yaitu mencapai 35,1 derajat celcius menurut stasiun klimatologi Palembang.

5. Kota Medan, Sumatra Utara

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, medan

Sumber Gambar: Adira

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya serta kota terbesar di luar pulau Jawa. Terletak hampir di ujung pulau Sumatra, kota Medan juga tercatat sebagai kota terpanas dengan suhu 34,8 derajat celcius menurut Balai 1 BMKG.

Baca Juga: Berbagai Tempat Wisata Jepara, Terbaik untuk Self Healing
top up di tokopedia

Jalan-jalan jangan sampai kehabisan e-money dan kuota. Yuk, top-up di Tokopedia!

6. Tiwatobi, Kabupaten Flores Timur, NTT

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, tiwatobi, flores timur, ntt

Sumber Gambar: Radar NTT

Daerah terpanas selanjutnya dipegang oleh Tiwatobi. Tiwatobi merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Ile Mandiri, kabupaten Flores Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Suhu udara di daerah ini menurut stasiun meteorologi Gewayantana mencapai 34,8 derajat celcius.

7. Kota Jayapura, Papua

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, jayapura

Sumber Gambar: Imaji Papua

Kota terpanas yang ada di Indonesia selanjutnya ialah Jayapura. Kota Jayapura adalah kotamadya dan juga ibu kota dari provinsi Papua, Indonesia. Kota ini merupakan ibu kota provinsi yang terletak paling Timur di Indonesia, dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini, yang terletak di teluk Jayapura. Menurut stasiun meteorologi Sentani, kota Jayapura mencapai suhu udara 34,8 derajat celcius.

8. Kota Bandar Lampung, Lampung

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, bandar lampung

Sumber Gambar: Good News From Indonesia

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Dengan kepadatan 5.332/km2, Bandar Lampung merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumatra, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar Pulau Jawa. Menurut stasiun meteorologi Maritim Panjang) suhu daerah ini mencapai 34,6 derajat celcius.

9. Kota Banda Aceh, Aceh

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, banda aceh

Sumber Gambar: Detik

Banda Aceh merupakan kotamadya dan ibu kota dari provinsi Aceh, provinsi paling Utara di pulau Pulau Sumatra, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dari stasiun meteorologi Sultan Iskandar Muda menyebutkan suhu daerah ini mencapai 34,4 derajat celcius.

10. Semarang, Jawa Tengah

Kota dan daerah Terpanas di Indonesia, semarang

Sumber Gambar: Info Semarang Raya

Daerah terpanas di Indonesia di urutan kesepuluh jatuh pada kota Semarang. Kota Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini sekaligus menjadi Kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Stasiun meteorologi Maritim Tanjung Emas mengungkapkan bahwa suhu daerah ini mencapai 34,4 derajat celcius.

Baca Juga: Cat Tembok Rumah Mengelupas Akibat Cuaca? Simak Tips Mudah Mengecat Ulang Tembok!

Itu dia Toppers, beberapa kota dengan suhu tertinggi atau terpanas di Indonesia. Apakah kamu salah satu orang yang mendiami daerah tersebut? Jika iya, kamu bisa memanfaatkan cuaca panas untuk menanam beberapa jenis tanaman, Toppers, seperti tomat, timum, dan lidah buaya. Kamu bisa menemukan bibit tanaman hias dengan mudah dan hemat di Tokopedia! Jangan lupa untuk melengkapi juga peralatan berkebun kamu untuk kegiatan berkebun yang lebih mudah ya, Toppers!

tiket pesawat diskon

Mau traveling naik pesawat? Jangan sampai ketinggalan harga terbaiknya!

Penulis: Rizfa Putri Khainayya

TAGS
    Share icon
    Share

    RELATED ARTICLES

    Perbandingan Jakarta Aquarium vs Seaworld, Mana yang Lebih Bagus?
    Travel dan Kuliner
    Perbandingan Jakarta Aquarium vs Seaworld, Mana yang Lebih Bagus?
    Editor Picks
    12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
    12 Hair Tonic Terbaik: Atasi Rontok, Rambut pun Sehat dan Kuat!
    Popular Category
      © 2009-2022, PT Tokopedia