9 Kursus yang Menjanjikan & Dibutuhkan di Dunia Kerja

0
1714
kursus yang menjanjikan untuk masa depan

Ingin meningkatkan kompetensi agar bisa bersaing di dunia kerja? Berikut ini rekomendasi 9 kursus keterampilan yang bisa kamu ikuti.


Sebelum memasuki dunia kerja, tidak ada salahnya jika kamu mengikuti kursus terlebih dahulu.

Sebab, keahlian dan keterampilan yang kamu dapatkan dari kursus dapat meningkatkan kualifikasi dirimu di hadapan para pemberi kerja, Toppers.

Untungnya, di zaman sekarang berbagai macam jenis kursus sudah tersedia. Kamu tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan atau ketertarikan kamu. 

Namun, kamu harus hati-hati dalam memilih kursus karena tidak semuanya menjanjikan untuk masa depanmu.

Lantas, apa saja kursus yang keahliannya dibutuhkan di dunia kerja. Bagi kamu yang sedang mencari kursus keterampilan, berikut ini rekomendasi 9 kursus yang menjanjikan.

jual buku import murah - Tokopedia

Kursus Keterampilan yang Menjanjikan

1. Kursus Bahasa Asing

kursus yang menjanjikan Kursus Bahasa Asing
Sumber gambar: Pixabay

Salah satu kursus yang menjanjikan untuk masa depan adalah kursus bahasa asing. Sebab, dengan menguasai bahasa internasional yang penting, kesempatan kerja dan peluang karier menjadi terbuka lebar.

Tidak hanya itu, pekerjaan yang membutuhkan kemampuan berbahasa asing pada umumnya menawarkan gaji yang besar.

Nah, jika kamu berencana mengikuti kursus bahasa asing, pilih lah bahasa yang paling umum digunakan di dunia seperti kursus bahasa Inggris, kursus bahasa Jepang, dan kursus bahasa Mandarin.

Baca juga: Selain Kerja, 9 Hal Bermanfaat Ini Bisa Dilakukan Setelah Lulus Kuliah

2. Kursus Public Speaking

kursus yang menjanjikan Kursus Public Speaking
Sumber gambar: Pixabay

Kursus public speaking dapat membantu kamu lebih percaya diri saat harus berbicara di depan audiens. Dengan kemampuan public speaking yang baik, kamu pun bisa berkomunikasi dengan bagus dan efektif.

Bagi kamu yang sedang mencari kerja, kemampuan berkomunikasi akan membantu kamu dalam sesi wawancara kerja.

Sebab, kamu akan dengan mudah menyampaikan dan menjelaskan kemampuanmu pada pemberi kerja.

3. Kursus Web Developer

kursus yang menjanjikan Kursus Web Developer
Sumber gambar: Pixabay

Kemampuan membuat website merupakan skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Sebab, di era digital seperti sekarang, hampir setiap bisnis membutuhkan website.

Dengan menjadi seorang web developer, kamu tidak hanya bisa bersaing di dunia kerja melainkan mampu membuka lapangan kerja sendiri. Selain itu, potensi penghasilan yang akan kamu terima juga cukup besar, Toppers.

Nah, bagi kamu yang sama sekali tidak punya latar belakang keahlian ilmu komputer atau pemrograman, kamu bisa mengikuti kurus web development.

Dengan mengikuti kursus yang menjanjikan ini, kamu bisa menguasai dasar-dasar penting yang dibutuhkan untuk menjadi seorang web developer.

4. Kursus Digital Marketing

kursus yang menjanjikan Kursus Digital Marketing
Sumber gambar: Pixabay

Prospek karier digital marketer sangat cerah karena saat ini banyak perusahaan menjalankan digital marketing. Selain lapangan kerja yang tersedia bagi seorang digital marketer cukup banyak, profesi ini juga menawarkan penghasilan yang jauh di atas rata-rata profesi.

Digital marketing juga bisa dipelajari oleh siapa saja. Sebab, kamu tidak harus memiliki latar belakang akademik tertentu untuk menguasai teknik-teknik digital marketing. Selain dipelajari secara otodidak, kamu juga bisa mengikuti kursus digital marketing, Toppers.

Dengan mengikuti kursus digital marketing, kamu akan mempelajari berbagai ilmu baru di bidang pemasaran seperti SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), dan masih banyak lainnya! 

5. Kursus Microsoft Office

kursus yang menjanjikan Pelatihan Microsoft Office
Sumber gambar: Pixabay

Mungkin, kamu tidak asing lagi dengan penggunaan Microsoft Office, seperti Ms. Word, Ms. Excel, dan Power Point.

Tetapi, untuk menghadapi dunia kerja, kamu tidak boleh sekadar tahu tetapi mahir dalam menggunakan sekian perangkat kerja tersebut.

Nah agar lebih menguasai Microsoft Office, kamu bisa mengikuti pelatihan Microsoft Office tingkat profesional untuk mempelajari dan menguasai tools yang berguna di dunia kerja.

Baca juga: TEMPAT LES BAHASA INGGRIS DENGAN METODE BELAJAR TERBAIK

6. Kursus Desain Grafis

kursus yang menjanjikan Kursus Desain Grafis
Sumber gambar: Pixabay

Kursus yang menjanjikan untuk masa depan selanjutnya adalah desain grafis. Salah satu fungsi desain grafis adalah untuk menyampaikan informasi dan meningkatkan interaksi antara konsumen dan pemilik bisnis melalui desain-desain yang menarik.

Saat ini, hampir semua lapangan pekerjaan membutuhkan desain grafis. Sebab, perusahan perlu menampilkan informasi semenarik mungkin melalui platform yang ada baik sosial media maupun website.

7. Kursus Bahasa Isyarat

kursus yang menjanjikan Kursus Bahasa Isyarat
Sumber gambar: Pixabay

Tidak banyak orang yang menguasai bahasa isyarat. Padahal, peluang kerja yang membutuhkan keahlian ini cukup banyak, Toppers.

Salah satunya adalah peluang bekerja di stasiun televisi sebagai penerjemah bahasa isyarat. Sebab, pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi memang telah mewajibkan stasiun televisi untuk menyediakan tayangan bahasa isyarat dalam program-program siarannya.

Bila tertarik mendalami bahasa isyarat, Kamu juga bisa mengikuti kursus bahasa isyarat yang disediakan lembaga resmi maupun komunitas pengguna bahasa isyarat.

8. Kursus Menulis

kursus yang menjanjikan Kursus Menulis
Sumber gambar: Pixabay

Selanjutnya adalah kursus menulis yang tentunya sangat berguna dan dibutuhkan di dunia kerja. Soalnya, kemampuan menulis dibutuhkan untuk semua profesi. 

Memiliki kemampuan menulis yang baik membuat kamu dapat mengemas informasi dengan efektif. Kamu juga bisa belajar menyunting informasi atau kalimat yang tidak diperlukan di dalam sebuah naskah atau dokumen.

Banyak jenis kursus menulis yang bisa kamu pilih untuk masa depan kamu. Kamu juga bisa sesuaikan dengan minat, seperti menulis kreatif, jurnalistik, dan masih banyak lainnya!

9. Kursus Editing Video

kursus yang menjanjikan Kursus Editing Video
Sumber gambar: Pixabay

Saat ini, banyak sekali pekerjaan di bidang kreatif yang dapat ditekuni dan menghasilkan uang. Salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah mengedit video.

Jadi, tidak ada salahnya kalau kamu kursus editing video karena cukup menjanjikan dan dibutuhkan di dunia kerja.

Dengan memiliki kemampuan editing video, kamu juga bisa membuat konten atau karya kamu sendiri, Toppers.

Baca juga: REKOMENDASI TEMPAT KURSUS BAHASA MANDARIN TERBAIK

Itu dia 9 kursus yang menjanjikan untuk masa depan dan dunia kerja. Tidak ada salahnya kamu investasi pengetahuan untuk meningkatkan kualitas dirimu, Toppers.

Bagi kamu yang ingin mengikuti kursus, akses Tokopedia Belajar untuk mendapatkan referensi berbagai pilihan lembaga kursus, bimbel dan portal e-Learning terbaik. Yuk, kunjungi Tokopedia dan tingkatkan kemampuan dirimu sekarang juga.

Penulis: Felly Eliza Putri