• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Daftar Lagu Hip Hop Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Share

10 Daftar Lagu Hip Hop Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Lagu Hip Hop Terbaik – Hip hop atau musik rap merupakan genre musik yang berkembang di Amerika Serikat dan dipopulerkan oleh orang-orang keturunan Afrika-Amerika pada 1970-an. Hingga kini, lagu hip hop merupakan salah satu musik yang paling banyak digemari, terutama oleh anak muda.

Apa saja sih daftar lagu hip hop terbaik sepanjang masa? Pastinya setiap orang mempunyai selera dan pendapat yang berbeda, tapi 10 lagu berikut ini memang bisa dibilang tak terkalahkan di genre musik yang satu ini.

Yuk, lihat apakah lagu hip hop favoritmu masuk ke daftar berikut ini!

Baca Juga: 7 Lagu Pernikahan Paling Favorit

Lagu Hip Hop Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

1. Paid in Full – Eric B. and Rakim (1987)

Di zaman di mana musik hip hop dicerminkan oleh lagu-lagu yang meledak dengan suara-suara keras, lirik dengan “kesombongan” yang berlebihan, Rakim melakukan suatu hal yang berbeda dengan arus musiknya yang relatable dan low-key dengan dukungan beat dari Eric B. yang mengambil sample dari “Ashley’s Roachclip” oleh Soul Searchers.

“Saya selalu ingin membuat pendengar merasa bahwa merekalah yang saya bicarakan di lirik saya, atau sampai titik di mana saya yang mengatakan rhyme-nya tapi merasa bahwa sebenarnya mereka yang mengatakannya kepada saya,” ujar penyanyi hip hop legendaris ini.

2. Straight Outta Compton – N.W.A (1988)

Lagu ini lah yang memulai era gangsta-rap dengan gaya baru yang “mentah” dan berbeda dari yang sebelumnya pernah didengarkan publik. Ice Cube, Dr. Dre, MC Ren, DJ Yella dan Eazy-E memindahkan fokus lagu-lagu rap dari New York ke South Central Los Angeles walaupun ditentang MTV karena perumpamaannya yang kasar.

N.W.A dijuluki “the British Invasion for black people” oleh Chris Rock, salah satu dari jutaan pendengar yang membeli album Straight Outta Compton.

3. Juicy – The Notorious B.I.G. (1994)

Bisa dikatakan “the greatest rapper who ever lived”, lagu ini menyoroti The Notorious B.I.G. di masa-masa terbaiknya. Single pertama dari album debut berjudul Ready to Die yang dirilis tahun 1994 ini jauh dari kesan gangsta yang ingin ditunjukkan sang artis hip hop ini dari awal, melainkan ini merupakan lagu hip hop club-friendly yang sampai saat ini masih sering didengarkan para penggemar musik hip hop dari seluruh dunia.

4. Fight the Power – Public Enemy (1990)

Pada awalnya digunakan direktur ternama Spike Lee sebagai theme song dari film tahun 1989-nya, Do the Right Thing. Dengan menginkorporasikan berbagai sample seperti musik dari James Brown, the Dramatics, dan Uriah Heep, Public Enemy berhasil melahirkan lagu yang terasa menantang dan agresif yang memulai revolusi di industri musik hip hop.

5. Nuthin’ But a ‘G’ Thang – Dr. Dre feat. Snoop Doggy Dogg (1992)

Berhasil memanjat ke posisi kedua di awal tahun 1993, lagu inilah yang mendapatkan Dr. Dre julukan sebagai the undisputed king of West Coast hip hop, dan dengan sajak dari Snoop Doggy Dogg, pendatang baru yang di saat itu masih berusia 21 tahun, lagu ini semakin terkenal di arus mainstream dengan genre lagu yang lebih santai dan pelan dibandingkan lagu-lagu hip hop sebelumnya.

jual zipper earphone

Baca Juga: 10 Lagu Barat Terbaru dan Terpopuler untuk Temani Hari

6. Mind Playing Tricks on Me – Geto Boys (1991)

Sebelum rilisnya album tahun 1991 Geto Boys yang berjudul We Can’t Be Stopped, sempat terjadi kecelakaan di mana salah satu anggota grup, Bushwick Bill, tertembak di mata. Ia pun bertahan, dan foto lukanya muncul di cover album tersebut. Sejak itu, Geto Boys semakin populer karena menunjukkan sisi depresi di dalam lirik-lirik lagu mereka, menunjukkan bahwa mereka dengan hati yang keras pun memiliki kekhawatiran dan kegelisahan hati.

7. Sucker M.C.’s – Run-DMC (1983)

Sebelumnya, lagu hip hop merupakan lagu yang dimainkan di club atau disko untuk berdansa atau berpesta pora. Setelah rilisnya lagu B-boy ini oleh Run-DMC, hip hop menjadi milik anak-anak muda jalanan. Sampai sekarang, grup ini masih menjadi legacy di industri musik hip hop.

8. Planet Rock – Africa Bambaataa and the Soulsonic Force (1982)

Salah satu lagu paling berdampak yang merubah dunia. Lagu yang menginkorporasikan efek suara synth dan robot melahirkan bahasa-bahasa seperti electro, detroit techno, freestyle R&B, Miami bass, dan Brazilian favela funk. Di saat itu, mereka lebih menganggap lagu ini sebagai gaya baru yang mendefinisikan ulang musik hip hop.

9. Rapper’s Delight – Sugarhill Gang (1979)

Grup hip hop asal New Jersey yang pada awalnya tidak dikenali ini berhasil memposisikan lagu mereka di Top 40s di saat rilisnya, menjadikan lagu dengan pengaruh disco ini salah satu lagu hip hop terbaik sepanjang masa.

10. The Message – Grandmaster Flash and the Furious Five (1982)

Seperti judulnya, lagu hip hop ini adalah lagu pertama di genre musik ini yang mengeluarkan lagu yang mengatakan dan menyampaikan suatu pesan mengenai kehidupan modern Amerika dari grup yang dominan. Selama 7 menit, Grandmaster Flash and the Furious Five berbicara mengenai kesulitan dan pergumulan, di mana grup ini yakin bahwa lagu mereka yang berjudul The Message ini memiliki kekuatan untuk menyampaikan kebeneran dan kepentingan sosial bagi pendengar.

Baca Juga: 15 Lagu Romantis yang Bikin Pasangan Makin ‘Baper’!

Itu dia daftar 10 lagu hip hop terbaik sepanjang masa! Bagaimana menurut kamu Toppers? Apakah kamu setuju? Adakah lagu-lagu hip hop kesukaan kamu yang ingin kamu tambahkan ke daftar ini? Jangan lupa lengkapi aksesoris hip hop terbaik dengan harga termurah di Tokopedia!

topi snapback

© 2009-2024, PT Tokopedia