• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lirik Lagu Hymne Guru Lengkap dan Sejarah Penciptaannya

20 November 2023

Share

Lirik Lagu Hymne Guru Lengkap dan Sejarah Penciptaannya

Lirik lagu Hymne Guru memiliki makna yang mendalam untuk menghargai jasa para guru. Simak lirik lagu Hymne Guru versi lengkap dan penjelasan seputar lagu ini!


Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa yang sangat berperan penting pada pendidikan dan kecerdasan bangsa. Ia mengabdikan dirinya untuk mendidik dan mengajarkan muridnya berbagai ilmu pengetahuan.

Pentingnya peran guru pada pendidikan di Indonesia akhirnya menjadikan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional. Perayaan ini sangat erat kaitannya dengan lagu “Hymne Guru” yang dikumandangkan setiap tahunnya.

Lagu ini ditulis oleh Sartono, mantan guru seni musik di sebuah sekolah swasta di Madiun. Liriknya cukup mendalam dan juga penuh makna. Untuk kamu yang ingin mengenal lagu ini lebih jauh, simak lirik dan keterangan penting berikut ini.

Baca Juga: 20 Ucapan Hari Guru 2022 yang Tulus dan Menyentuh Hati

Video Lirik Lagu Hymne Guru

Lirik Lagu Hymne Guru Lengkap

lirik lagu hymne guru - logo hari guru nasional

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Pembangun insan cendekia

Terpujilah wahai ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa

Baca Juga: 8 Ide Kado untuk Guru, Penting untuk Hari Guru!

Hymne Guru oleh Sartono, Lagu yang Diciptakan Menggunakan Siulan

lirik lagu hymne guru sartono

Sumber Gambar: Liputan6

Lagu “Hymne Guru” diciptakan oleh Sartono, seorang guru seni musik di sekolah yayasan swasta di Kota Madiun sebagai tanda untuk menghormati para guru yang sangat berjasa untuk pendidikan di Indonesia.

Ia mempelajari musik secara otodidak dan menjadi satu-satunya guru yang bisa membaca not balok di Madiun pada tahun 1978. Berkat kepiawaiannya, ia mengikuti lomba cipta lagu "Hymne Guru" yang diselenggarakan oleh Departemen Pendidikan Nasional, atau kini yang disebut dengan Kemendikbud.

Sartono menciptakan lagu ini menggunakan siulan, lalu ia menuliskan nada-nadanya di dalam selembar kertas. Lirik demi lirik ia tulis hingga bait terakhir “Engkau patriot pahlawan bangsa tanpa tanda jasa”.

Sartono menjual jasnya untuk bisa mengirimkan lirik lagu tersebut karena mengalami kesulitan ekonomi, Pada akhirnya, Sartono keluar sebagai juara dan mendapatkan beberapa penghargaan dari pemerintah. Lagu Sartono kini dikenang sebagai lagu yang wajib diputar saat Hari Guru Nasional.

Baca Juga: Contoh Puisi tentang Guru dalam Bahasa Indonesia

Itulah lirik lagu Hymne Guru versi lengkap dan penjelasan tentang di balik terciptany lagu ini. Ada banyak cara untuk mengenang dan menghormati jasa para guru, salah satunya adalah menyanyikan lagu Hymne Guru. Pahlawan tanpa tanda jasa ini tentunya telah memberikan banyak ilmu dan tenaganya untuk mencerdaskan kita semua. Ingin mendengarkan lagu lainnya? 

Yuk, beli paket langganan Spotify Premium, Joox, atau iTunes di Tokopedia agar kamu bisa mendengarkan lagu lainnya secara legal dan resmi.

© 2009-2024, PT Tokopedia