• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lirik Lagu Mardua Holong Omega Trio dan Makna Lagunya

Share

Lirik Lagu Mardua Holong Omega Trio dan Makna Lagunya

Simak lirik Mardua Holong terjemahan beserta makna lagu batak yang sedang hits di sosial media.


Mardua Holong merupakan lagu Batak yang menarik perhatian netizen belakangan ini karena lagunya yang indah dan enak didengar. Mardua holong merupakan bahasa Batak yang artinya mendua hati. Mardua artinya mendua, sedangkan holong artinya hati.

Lagu ini awalnya diciptakan oleh Much Simanjuntak yang kemudian dipopulerkan oleh Omega Trio bersama Mario Music di bawah naungan label Wahana Records. Semenjak dirilis pada tahun 2013, lagu ini banyak di-cover di sejumlah kanal YouTube.

Omega Trio merupakan grup trio penyanyi lagu-lagu batak yang mulai aktif pada tahun 2002, grup ini beranggotakan Tuah Sinaga, Saut Barasa, dan Jefferson Sialagan. Mereka menyanyikan lagu Mardua Holong ini dengan sangat apik sehingga lagu tersebut bukan hanya digemari dan dinikmati oleh orang Batak.

Jika beberapa dari Toppers masih belum mengerti arti atau maksud dari lagu Mardua Holong, yuk, simak terjemahan beserta makna yang terkandung di dalam lagu Mardua Holong berikut.

Video Musik & Lirik Lagu Holong Omega Trio

Menyimak lirik dan makna lagu tidak lengkap jika tanpa dibarengi mendengar lagunya! Dengarkan lagu Mardua Holong pada video musik di bawah ini.

Lirik:

Intro

Denggan do nian ito, hita na mamukka padan

Denggan ma nian molo tung ikkon sirang

Unang pola be hita mardongan-dongan hasian

Holan na mambahen haccitni rohai

Arian nang borngin i, sai busisaon rohakhi

Bohado ujungni hubunganta hasian

Sai hurippu do ito setia ho salelengon

Hape mardua holong dipudikhi

Reff

Tarsongon bunga naung malos di ladangi

Songonima rohakki nungnga malala

Dang hurippu songoni

Dibahen ho holonghi gabe meam-meammu

Sae ma ito, sae ma sude

Sae ma holan ahu gabe korbanmu

Marisuang ari dohot tikki i

Holan alani cinta palsu mi

Terjemahan dan makna lagu Mardua Holong Omega Trio

Karena lagu Mardua Holong menggunakan bahasa daerah, tentunya tidak semua orang mengerti maksud lagu tersebut. Berikut terjemahan dan makna lagu Mardua Holong:

Terjemahan lagu Mardua Holong

Bila awalnya kita jadian baik-baik

Pisahnya juga harus baik-baik

Tak usah lagi kita bersama, kekasih

Kalau hanya membuat sakit hati

Siang dan malam hatiku selalu gelisah

Bagaimanakah akhirnya hubungan ini?

Kupikir selama ini kau setia

Ternyata kau mendua di belakangku

Seperti bunga-bunga yang layu di ladang

Begitulah hatiku hancur lebur

Aku tidak menyangka seperti itu

Kau buat cintaku jadi permainan

Sudahlah, sudah usai semua

Cukup hanya aku yang jadi korbanmu

Sia-sia semua waktu dan hari-hari

Karena cinta palsumu

Makna lagu Mardua Holong

Lagu Mardua Holong ini bertema dan bernuansa kisah cinta. Namun, kisah cinta yang diceritakan adalah cerita cinta sedih. Lagu ini menceritakan tentang sebuah hubungan seseorang yang harus putus akibat perselingkuhan yang dilakukan pasangannya. Hal tersebut sangat menyakiti hatinya karena merasa cintanya telah dikhianati.

Walaupun sangat sakit setelah mengetahui kenyataannya dan harus berpisah, ia tetap mengharapkan satu hal yaitu putus dengan cara baik-baik. Jika di awal bisa bertemu dengan baik, mengawali hubungan dengan bak, seharusnya ketika berpisah pun bisa dilakukan dengan cara yang baik pula. 

Meskipun memang tak bisa dipungkiri bahwa kenyataan penyebabnya merupakansebuah hal yang menyakitkan yaitu perselingkuhan. Selain ungkapan permintaan berpisah baik-baik, lagu ini juga menceritakan ungkapan kegelisahan, sakit, dan kecewa karena merasa sudah dipermainkan di belakang.

Orang yang diselingkuhi kaget karena tak menyangka akan terjadi perselingkuhan di antara keduanya. Dalam bait lagu terakhir, ia berharap bahwa jangan sampai orang lain merasakan seperti apa yang ia rasakan, cukup dia yang menjadi korbannya saja.

Itulah, Toppers, lirik, arti, beserta makna dari lagu Mardua Holong yang dipopulerkan oleh Omega Trio. Bagaimana menurut kamu setelah tahu ternyata makna lagunya begitu menyayat hati?

Kamu bisa mendengarkan lagu ini dan lagu Indonesia lainnya secara legal dan resmi dengan berlangganan Spotify Premium, Joox, atau iTunes dengan membelinya melalui Tokopedia. Tunggu apalagi? Kunjungi Tokopedia sekarang juga.

Penulis: Rizfa

© 2009-2024, PT Tokopedia