• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lirik Lagu Pesawat Tempur Iwan Fals & Cerita Seputar Lagu Ini

Share

Lirik Lagu Pesawat Tempur Iwan Fals & Cerita Seputar Lagu Ini

Pesawat Tempur menjadi lagu yang banyak dicover band besar Indonesia. Berikut ini lirik lagu pesawat tempur Iwan Fals dan cerita seputar lagu ini.


Iwan Fals dikenal sebagai salah satu musisi legendaris Indonesia yang sering membuat karya musik yang bersifat mengkritik. Salah satu lagu populernya yang juga memiliki makna kritikan pada era tersebut adalah lagu Pesawat Tempur.

Lagu Pesawat Tempur termasuk di dalam album Iwan Fals yang dirilis pada tahun 1988, yaitu album “1910”. Sebagai lagu yang muncul di masa Orde Baru, lagu ini memuat makna kritikan terhadap Pemerintah dan penggambaran kondisi masyarakatnya saat era Orde Baru.

Isu yang dibahas pada lagu ini memang serius, namun Iwan Fals berhasil membawakannya secara tersirat karena aransemen musiknya yang ceria. Bahkan menurut beberapa orang, lagu ini mungkin terdengar seperti lagu tentang rayuan terhadap perempuan. 

Keahlian Iwan Fals dalam bermain lirik ini membuat lagu-lagunya digemari dan menjadi sesuatu yang bisa dinikmati masyarakat umum.

Lirik Lagu Pesawat Tempur - Iwan Fals

Intro

Waktu kau lewat aku sedang mainkan gitar

Sebuah lagu yang kunyanyikan tentang dirimu

Seperti kemarin kamu hanya lemparkan senyum

Lalu pergi begitu saja bagai pesawat tempur

Hei kau yang manis singgahlah dan ikut bernyanyi

Sebentar saja nona sebentar saja hanya sebentar

Rayuan mautku tak membuat kau jadi galak

Bagai seorang diplomat ulung engkau mengelak

Kalau saja aku bukanlah penganggur

Sudah kupacari kau

Jangan bilang tidak bilang saja iya

Iya lebih baik daripada kau menangis

Reff

Penguasa penguasa

Berilah hambamu uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Penguasa penguasa

Berilah hambamu uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Oh ya andai kata dunia tak punya tentara

Tentu tak ada perang yang banyak makan biaya

Oh-oh ya andai kata dana perang buat diriku

Tentu kau mau singgah bukan cuma tersenyum

Kalau hanya senyum yang engkau berikan

Westerling pun tersenyum

Oh singgahlah sayang pesawat tempurku

Mendarat mulus di dalam sanubariku

Reff

Penguasa penguasa

Berilah hambamu uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Penguasa penguasa

Berilah hambamu uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Beri hamba uang

Cerita Seputar Lagu Pesawat Tempur - Iwan Fals

  • Makna Lagu Pesawat Tempur - Iwan Fals Berisi Kritikan terhadap Pemerintah

Jika didengarkan sekilas, lirik lagu Pesawat Tempur di bagian awal memang terlihat seperti syair lagu cinta untuk merayu wanita. Faktanya, lagu Pesawat Tempur karya Iwan Fals ini bersifat kritikan yang menyinggung banyak isu yang terjadi di masyarakat pada era Orde Baru.

Masalah tingginya kemiskinan, kebijakan buruk pemerintah, hingga tingginya pengangguran di Indonesia menjadi isu multidimensional yang marak dialami sebagian besar masyarakat Indonesia pada era Orde Baru. Hal ini juga tercantum dalam liriknya “Kalau saja aku bukanlah penganggur”, juga “Penguasa, penguasa, berilah hambamu uang”.

Pada lirik lagu Pesawat Tempur ini, Iwan Fals juga memprotes anggaran di sektor militer Indonesia yang sangat besar. Pada saat itu, Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) memutuskan untuk membeli banyak perlengkapan senjata perang hingga pesawat tempur. Makna ini tersirat pada lirik “Andai kata dunia tak punya tentara, tentu tak ada perang yang makan banyak biaya”.

Pada masa Orde Baru, Pemerintah memang menitikberatkan alokasi dana negara kepada sektor militer. Pada akhirnya, Iwan Fals dalam lagu Pesawat Tempur ini ingin memberikan pesan kepada pemegang kekuasaan masa itu bahwa dana militer yang sangat besar jumlahnya itu sebaiknya dialokasikan untuk mendongkrak ekonomi rakyat.

  • Iwan Fals Mengajak untuk Belajar Kritis terhadap Politik

Iwan Fals dalam lagu Pesawat Tempur memberi pesan bahwa sebagai bagian dari sebuah negara, kita perlu untuk memiliki sifat kritis dan kepedulian terhadap laju politik di negeri sendiri. 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk peduli dengan politik negara, sesederhana membuat lagu yang terkesan santai dengan makna tersirat untuk menyampaikan kritikan.

Lagu-lagu Iwan Fals mengajak para pendengarnya untuk melek politik dengan cara yang asyik

Pada masa itu, lagu ini memberikan semangat bagi para anak muda, orang dewasa, orang tua, dan semua pendengarnya untuk berseru menciptakan keadilan di negeri sendiri. Tidak heran, jika lagu-lagu dari Iwan Fals tetap eksis hingga saat ini.

Nah, itu dia Toppers, lirik lagu Pesawat Tempur Iwan Fals dan cerita seputar lagu ini. Bagaimana pendapatmu tentang lirik lagu Pesawat Tempur dan cerita dibalik lagunya?

Untuk kamu yang ingin mendengarkan lagu-lagu Iwan Fals secara resmi dan bebas iklan, kamu bisa mulai berlangganan Spotify Premium, Joox, atau iTunes melalui Tokopedia! Yuk, cek Tokopedia sekarang dan nikmati pengalaman mendengarkan musik berkualitas favoritmu tanpa iklan.

Penulis: Nabila

© 2009-2024, PT Tokopedia