• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lirik Titip Rindu Buat Ayah Ebiet G. Ade dan Maknanya

15 June 2022
Share
Lirik Titip Rindu Buat Ayah Ebiet G. Ade dan Maknanya

Simak lirik lagu Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade dan maknanya untuk mengingat betapa pentingnya sosok seorang ayah.


Abid Ghoffar bin Aboe Dja’far, atau lebih dikenal sebagai Ebiet G. Ade, merupakan seorang musisi dari Indonesia. Lagu-lagu yang diciptakannya terkenal karena memiliki tema unik seperti alam, politik, sosial, dan duka derita kelompok yang tersisih.

Kebanyakan dari lagunya termasuk dalam genre balada dan hampir semua lagu ditulis oleh Ebiet sendiri. Salah satu lagunya yang terkenal berjudul Titip Rindu Buat Ayah. Lagu ini merupakan bagian dari album Aku Ingin Pulang yang dirilis pada tahun 1993.

Lagu ini menceritakan tentang kerinduan seorang anak terhadap ayahnya dan mungkin melambangkan kerinduan Ebiet terhadap ayahnya. Nama panggung ‘Ade’ pun diambil dari inisial nama ayahnya, yaitu Aboe Dja’far. Berikut adalah lirik dan makna dari lagu Titip Rindu Buat Ayah karya Ebiet G. Ade.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu Rahasia Hati - Element

Lirik Lagu Titip Rindu Buat Ayah

Verse:
Di matamu masih tersimpan selaksa peristiwa
Benturan dan hempasan terpahat di keningmu
Kau nampak tua dan lelah, keringat mengucur deras
Namun kau tetap tabah

Meski nafasmu kadang tersengal
Memikul beban yang makin sarat
Kau tetap bertahan

Verse:
Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
Kini kurus dan terbungkuk

Namun semangat tak pernah pudar
Meski langkahmu kadang gemetar
Kau tetap setia

Reff:
Ayah, dalam hening sepi kurindu
Untuk menuai padi milik kita
Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan
Anakmu sekarang banyak menanggung beban

Verse:
Engkau telah mengerti hitam dan merah jalan ini
Keriput tulang pipimu gambaran perjuangan
Bahumu yang dulu kekar, legam terbakar matahari
Kini kurus dan terbungkuk

Namun semangat tak pernah pudar
Meski langkahmu kadang gemetar
Kau tetap setia

Outro

Baca Juga: Lirik Lagu Bento – Iwan Fals (Versi Lengkap)

Makna Lagu Titip Rindu Buat Ayah 

Nada dari lagu ini memang terdengar sendu. Namun, terdapat unsur semangat dalam nada sendu tersebut. Lirik dari lagu ini menceritakan tentang perjuangan hidup orang tua, terutama seorang ayah. Seorang ayah memang merupakan sosok yang luar biasa dalam kehidupan kita karena mereka selalu berjuang untuk memenuhi kewajibannya sebagai kepala keluarga.

Biarpun sulit, seorang ayah tidak mengeluh dalam perjuangannya untuk memberikan yang terbaik untuk keluarganya. Walaupun dengan nafas tersengal, seorang ayah tetap sabar dan tabah dalam menjalani hidupnya.

Lirik lagu ini juga menceritakan bagaimana seorang ayah semakin lama semakin tua, namun semangat hidupnya tidak pudar dan ia tetap setia kepada keluarganya. Pada akhirnya, anaknya telah tumbuh dewasa. Ia pun akhirnya menyadari betapa beratnya beban yang dipikul oleh sang ayah.

Perjuangan seorang ayah memang pantas untuk dihargai oleh anak. Mereka yang begitu sabar memikul tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga patut untuk kita teladani. Lagu ini juga dapat membantu kita untuk refleksi diri dan mengingatkan kita untuk selalu berbakti kepada orang tua. Selagi orang tua masih ada, jangan lupa untuk sempatkan waktu dan ucapkan terima kasih kepada mereka.

Baca Juga: Lirik Lagu Tanpa Batas Waktu – Ade Govinda feat. Fadly

Itu dia, Toppers, lirik dan makna lagu Titip Rindu Buat Ayah, karya Ebiet G. Ade. Meskipun lagu ini sudah dirilis puluhan tahun lalu, maknanya tetap penting untuk kita ingat dan renungkan.

Jika kamu ingin mendengarkan lagu Titip Rindu Buat Ayah atau lagu Ebiet lainnya, kamu bisa membeli paket Spotify Premium, Joox, atau iTunes di Tokopedia!

Penulis: Keefe Adrian

© 2009-2023, PT Tokopedia