destinasi ziarah katolik di Indonesia

9 Lokasi Ziarah Katolik Terbaik di Indonesia

/   Informasi, Tutorial

Destinasi Ziarah Katolik – Hari natal segera tiba, selain melakukan persiapan natal mulai dari menyiapkan pohon natal hingga kue kering natal ada baiknya Toppers dan keluarga meluangkan waktu untuk melakukan wisata religi ke berbagai destinasi ziarah Katolik yang ada di Indonesia.

Yuk, intip dulu berbagai destinasi ziarah Katolik terbaik yang ada di Indonesia!

rosario

Destinasi Ziarah umat Katolik di Indonesia

  1. Sumur Kitiran Mas – Gereja Santa Maria Assumpta Pakem

Lokasi ziarah katolik sumur kitiran masSumber gambar: Wikipedia

Sumur kitiran Mas berada di dalam sebuah gereja sederhana, Gereja Santa Maria Assumpta Pakem di Jogjakarta. Terdapat dua sumur di dalam gereja ini, salah satu berdiameter 20 cm, dan lainnya berdiameter 70 cm, lengkap dengan alat timba-nya.

Air yang berasal dari sumur ini bisa langsung diminum meski tak dimasak terlebih dahulu dan wajib masuk dalam daftar ziarah-mu saat berkunjung ke daerah Jogjakarta, khususnya Kaliurang.

  1. Sendangsono – Yogyakarta

Lokasi ziarah katolik sendangsonoSumber gambar: Panduan Wisata Jogjakarta

Selain tempat ziarah Katolik sebelumnya, salah satu tempat ziarah paling terkenal di Yogyakarta lainnya adalah Gua Maria Sendangsono. Sendang sendiri memiliki arti mata air, dan sono melambangkan pohon sono dikarenakan mata air ini berada di bawah pohon sono.

Pada 1904, terdapat peristiwa dimana Romo Van Lith datang dan membaptis 173 warga Kalibawang dengan air sendang yang membuat tempat ini kini menjadi destinasi ziarah umat Katolik. Peristiwa ini tergambar pada relief yang ada pada salah satu kapel dalam kompleks Gua Maria Sendangsono.

Selain kapel-kapel kecil, dalam kompleks ini juga terdapat lokasi jalan salib, gua maria, pendopo, sungai, dan juga toko penjualan perlengkapan Doa. Dirancang oleh Romo YB Mangunwijaya, kompleks ini bahkan memperoleh Aga Khan Award sebagai objek arsitektur yang ramah lingkungan.

  1. Gua Maria Laudres –  Jakarta Pusat

Lokasi ziarah katolik gua maria laudresSumber gambar: Doa Kristiani

Tertarik mengunjungi Gua Maria Massabielle di Laudres, Perancis? Nggak perlu jauh-jauh karena di Jakarta terdapat Gua Maria Laudres yang dibuat sebagai replika dari Gua Maria yang populer tersebut.

Terdapat di Gereja Katedral, disebut juga bahwa salah satu baru yang berada di bawah patung Bunda Maria ini bahkan berasal langsung dari Laudres, lho.

  1. Palinggih Ida Kaniyaka Maria – Bali

Lokasi ziarah katolikSumber gambar: Panoramio

Bali tak hanya identik dengan destinasi ziarah umat Hindu. Di pulau dewata ini juga terdapat lokasi ziarah umat Katolik yang terkenal. Berlokasi di Palasari, Palinggih Ida Kanikaya Maria atau yang berarti tempat suci Maria ini dibangun bersebelahan dengan Gereja Hati Kudus Yesus.

Seperti pada tempat ziarah Katolik umumnya, di lokasi ini juga terdapat Gua Maria dan jalan salib yang selalu diramaikan umat Katolik setiap menjelang perayaan Paskah setiap tahunnya.

Baca juga: 11 Gereja Tertua dan Terindah di Indonesia

  1. Candi dan Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus

Lokasi ziarah katolikSumber gambar: Wikimedia

Berbeda dengan gereja pada umumnya, Arsitektur Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus ini justru lebih terlihat seperti tempat ibadah umat Hindu. Dengan bangunan gereja bergaya Jogjo, di komplek gereja ini juga terdapat candi dengan ukiran batu.

Di dalam gereja ini juga terdapat aliran mata air yang dipercaya suci dan mampu menyembuhkan penyakit, lho.

  1. Gua Maria Lembah Karmel – Puncak

Lokasi ziarah katolikSumber gambar: Katolik News

Salah satu Gua Maria di Indonesia yang populer sebagai tempat ziarah umat Katolik adalah Gua Maria Lembah Karmel yang terletak di Lembah Karmel, Cikanyere, Cipanas, Puncak. Destinasi wisata religi satu ini juga terkenal sebagai tempat misa penyembuhan yang diadakan setiap minggu kedua dan keempat setiap bulannya.

Dengan lingkungan taman yang asri, lokasi ziarah satu ini cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

  1. Gua Maria Kerep

Lokasi ziarah katolikSumber gambar: Seputar Semarang

Berlokasi di Ambarawa, Gua Maria Kerep sudah berdiri sejak 1954 berkat peran seorang Belanda yang berkerja sebagai pengelola kebun di lokasi tersebut. Pembangunan ini juga didasari oleh Surat Gembala Sri Paus pada 1954 yang menetapkan bahwa tahun tersebut sebagai tahun pengenangan 100 tahun dogma Maria Terkandung Tanpa Noda.

  1. Gua Maria Sendang Sriningsih

Lokasi ziarah katolikSumber gambar: Pinterest

Nggak cuma merupakan lokasi Candi Prambanan yang populer, di kawasan Prambadan, tepatnya desa Gayamharjo terdapat Gua Maria Sendang Sriningsih. Sendang Sriningsih sendiri ditemukan pada 1934 dan memiliki arti perantara rahmat Tuhan pada umatnya.

Selain Gua Maria, di lokasi ziarah Katolik ini juga terdapat rute Jalan Salib yang dirancang dengan anak-anak tangga sepanjang 900 meter dan juga mata air yang dipercaya merupakan air suci yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

  1. Graha Bunda Maria Annai Velangkanni

Lokasi ziarah katolik

Sumber gambar: Liputan 6

Jika Toppers berkunjung ke Medan, jangan lupa singgah ke destinasi ziarah umat Katolik satu ini, ya. Dengan gaya arsitektur perpaduan kuil Hindu, Bangunan Gereja Graha Bunda Maria Annai Velangkanni ini sangat megah dengan sebuah candi besar setinggi dua lantai yang dikelilingi tujuh candi kecil. Dengan segala kekayaan budaya dan keagaamannya, lokasi ziarah Katolik ini menjadi salah satu situs ziarah penting di Asia, lho!

Baca juga: 12 Destinasi Wisata Religi dengan Asal Usul yang Dijamin Bikin Tercengang!

Ternyata ada banyak sekali bukan destinasi wisata religi umat Katolik yang bisa Toppers jadikan lokasi ziarah pada liburan Natal tahun ini? Yuk, segera lengkapi berbagai perlengkapan traveling-mu mulai dari tas traveling, koper, hingga bag in bag organizer dan beli tiket kereta-mu lewat Tokopedia untuk mengunjungi lokasi ziarah Katolik favorit-mu!

tiket kereta

THEAUTHOR

Markus Yohannes

Markus Yohannes has written 109 Article, See all posts