• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Lunette Flower and Gift: Kreasi Bunga Lokal Berumur Panjang untuk Dikirim ke Seluruh Indonesia

12 June 2023

Share

Lunette Flower and Gift: Kreasi Bunga Lokal Berumur Panjang untuk Dikirim ke Seluruh Indonesia

Industri bunga kini tidak melulu soal bunga segar, melainkan juga bunga kering. Sifatnya yang awet dan mudah disimpan membuat bunga kering kini mulai diminati banyak orang, apalagi jika untuk dikirim ke tempat yang jauh. Alasan-alasan ini juga lah yang menarik minat Chrisfella Cokro Handoyo dan Clarissa, dua anak muda pemilik Lunette Flower Gift, toko bunga kering yang telah mengirim produk bunga mereka ke seluruh Indonesia lewat Tokopedia.

Usaha yang diawali pada tahun 2015 ini ternyata dulunya menjual produk berupa buket bunga segar. Chrisfella dan Clarissa memulai usaha ini ketika mereka masih duduk di bangku perkuliahan. Semuanya berubah ketika pada pandemi 2020, mereka berdua memutuskan untuk mempelajari ilmu merangkai bunga ini lebih dalam dengan mengikuti kursus merangkai bunga.

“Ketika pandemi kan banyak orang senang kirim-kirim sesuatu ya, nah menurut kami bunga kering lebih praktis karena tahan lama dan bisa di kirim ke seluruh Indonesia,” cerita Chrisfella.

Mengirim bunga ke seluruh Indonesia

Berjualan di Tokopedia membukakan banyak kesempatan bagi Lunette Flower and Gift untuk bertemu dengan para calon pembeli dari seluruh Indonesia. Saat ini misalnya, mereka sudah mengirim bunga hingga ke Papua, Kalimantan, dan Sulawesi.

Selain memanfaatkan Tokopedia untuk menjangkau pembeli dari seluruh Indonesia, Lunette Flower juga memanfaatkan Tokopedia untuk mengikuti berbagai kampanye dan promo yang tersedia untuk memaksimalkan penjualan pada hari-hari spesial.

“Menjelang Hari Kasih Sayang, produk yang paling banyak dicari yaitu bingkai bunga dan buket bunga. Bahkan penjualan kami bisa meningkat hingga 3x lipat dibanding biasanya. Selain Hari Kasih Sayang, penjualan Lunette Flower and Gift juga melonjak signifikan di saat musim wisuda atau kenaikan kelas, Hari Raya Idul Fitri, Hari Natal dan Tahun Baru,” jelas Clarissa.

Kenaikan penjualan ini selain karena kerja keras juga karena inisiatif mereka yang tinggi dalam mengikuti berbagai promo dan kampanye yang tersedia di Tokopedia. Pada hari-hari spesial, mereka tak ragu memberikan potongan harga khusus untuk menarik calon pembeli. Selain itu, mereka juga menggunakan berbagai fitur di Tokopedia, misalnya iklan berbayar TopAds, Broadcast Message, Bebas Ongkir dan masih banyak lainnya.

“Dengan menggunakan TopAds, penjualan kami bahkan bisa melonjak drastis hingga 3 kali lipat,” kata Chrisfella.

Mendukung petani bunga lokal

Sebagai UMKM lokal, Lunette Flower and Gift juga berupaya mendukung sesama UMKM dan perkebunan lokal. Saat ini, semua produk bunga yang dijual Lunette berasal dari perkebunan bunga lokal.

“Bunga yang kami pakai, seperti Edelweis, Klobot dan Sola, kami dapatkan sepenuhnya dari petani lokal di Jawa Barat, Jogja dan Salatiga, hingga Malang. Kami berharap usaha kami dapat berkontribusi pada industri bunga di Indonesia,” ungkap Chrisfella.

Tak hanya itu, Lunette Flower and Gift juga pernah berkolaborasi dengan UMKM lainnya untuk membuat inovasi produk yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Ketika Lebaran dan Natal misalnya, mereka mengeluarkan paket hampers yang berisikan produk-produk UMKM yang dikemas cantik dengan bunga dari Lunette. Lewat kolaborasi ini, Lunette berharap dapat terus mendukung sesama UMKM sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat.

Share

Bianca AdriennawatiBianca Adriennawati

Related Articles

Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
Behind The Scene
Mengenal Sosok Kartini Masa Kini: NakaBunda Tim Tokopedia Care
© 2009-2024, PT Tokopedia