• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

14 Jenis Aglonema, Tanaman Sri Rejeki Si Pembawa Hoki!

05 August 2022

Share

14 Jenis Aglonema, Tanaman Sri Rejeki Si Pembawa Hoki!

Aglonema alias sri rejeki banyak digandrungi karena dianggap bawa keberuntungan. Ini jenis tanaman bunga aglonema tercantik dan terpopuler.


Tanaman sri rejeki adalah tumbuhan hias yang dianggap membawa keberuntungan. Tanaman yang juga dikenal dengan nama ilmiah Aglaonema ini dianggap membawa hoki bagi masyarakat di China dan Filipina.

Aglonema alias Chinese evergreens juga cukup populer di dunia karena digunakan sebagai tanaman hias yang mudah dirawat dan memiliki penampilan memikat. Warnanya yang beraneka ragam ini juga membuatnya berperan sebagai pembersih udara, lho!

Terdapat puluhan spesies tanaman ini, biasanya yang membedakan adalah warna daunnya. Yuk, simak macam-macam tanaman sri rejeki, sebagai rekomendasi untuk mempercantik rumah!

Baca Juga: Kenali Jenis Monstera, Tanaman Eksotis Berharga Fantastis

Jenis Aglonema/Sri Rejeki

Aglonema memiliki beberapa jenis yang punya tampilan anggun nan cantik, sehingga sangat berjasa dalam menambah estetika hunian. Berikut macam-macam aglonema paling indah dan populer:

1. Aglonema Suksom

Aglonema Suksom

Sumber gambar: Pinterest

Tahukah Toppers bahwa jenis Aglonema Suksom ini termasuk jenis tanaman aglonema yang dibanderol dengan harga cukup mahal. Satu aglonema suksom ini bisa mencapai harga 3 jutaan.

Adapun ciri khas dari Aglaonema Suksom adalah warna merah pada daun yang begitu menyala dan polos dengan minim klorofil seperti gambar di atas.

Beli Aglonema Suksom di Sini

2. Aglonema Adelia

Aglonema Adelia

Sumber gambar: Gdm.id

Aglonema Adelia mirip dengan tanaman Aglonema Legacy. Hanya saja bedanya pada tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebih panjang dan ramping di bagian ujungnya.

Daun Adelia dapat memanjang sampai 30 cm dengan corak daun dominan hijau tua, serta terdapat bercak kekuningan dan merah muda yang terlihat acak.

Beli Aglonema Adelia di Sini

3. Aglonema Cinta

Aglonema Cinta

Sumber gambar: Moro Ndeso

Jenis Aglonem Cinta termasuk salah satu aglonema yang sering diburu orang-orang. Ciri khas tanaman ini memiliki bentuk daun menyerupai hati yang sangat cantik.

Hal tersebut yang membuat tanaman hias satu ini dijuluki sebagai Aglaonema Cinta. Toppers bisa meletakkan Aglaonema Cinta juga di dalam dan luar ruangan.

Beli Aglonema Cinta di Sini

4. Aglonema Claudia

Aglonema Claudia

Sumber gambar: Moro Ndeso

Aglonema Claudia memiliki ciri daun khas yaitu berwarna hijau pucat. Meskipun daunnya berwarna pucat, pada bagian tulang daun justru berwarna pink cantik. Kamu dapat menempatkan tanaman ini di samping tanaman dedaunan yang serba hijau untuk menambah variasi warna di sekitarnya.

Adapun Aglonema Claudia berasal dari Thailand. Maka tak heran jika harga bibitnya relatif lebih mahal dibanding jenis tanaman aglonema lainnya.

Beli Aglonema Claudia di Sini

5. Aglonema Widuri Merah

Aglonema Widuri Merah

Sumber gambar: Rimbakita

Daunnya memiliki warna hijau dan kuning dengan sedikit warna merah muda yang cerah di bagian tulang daun. Aglonema widuri memiliki bentuk daun yang oval.

Tanaman ini menyukai sedikit cahaya matahari, untuk menjaganya dengan baik tanaman ini harus disimpan di tempat yang tidak terkena cahaya matahari langsung.

Beli Aglonema Widuri Merah di Sini

6. Aglonema Widuri Putih Super

Aglonema Widuri Putih Super

Sumber gambar: Merdeka

Aglonema widuri putih super memiliki daun yang bulat, besar dan cukup tebal. Perpaduan warna daunnya sangat cantik dan calm, dengan putih pucat kekuningan dan pinggiran berwarna bercak hijau.

Beli Aglonema Widuri Putih Super di Sini

7. Aglonema Silver Queen

Aglonema Silver Queen

Sumber gambar: Indoor-Plants

Tanaman jenis ini memiliki pola warna daun berwarna krem pada bagian tulang daunnya dan warna hijau gelap pada dasar daunnya. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Untuk merawat tanaman ini juga tidak sulit lho, Toppers, kamu hanya perlu menyiram aglonema silverqueen 1 kali dalam 2-3 hari. Pemberian pupuknya juga bisa dilakukan dalam waktu 3-4 bulan.

Beli Aglonema Silver Queen di Sini

8. Aglonema Silver King

Aglonema Silver King

Sumber gambar: Youtube Silver King Aglaonema

Tanaman ini mirip dengan tanaman silverqueen, hanya saja motif di daunnya bercak dan tidak beraturan.

Bunganya juga menambahkan keindahan pada tanaman ini, namun bunganya mengeluarkan banyak serbuk sari. Untuk mengatasi itu, kamu dapat memotongnya sebelum kuncupnya terbuka.

Beli Aglonema Silver King di Sini

9. Aglonema Harlequin

Aglonema Harlequin

Sumber gambar: Jpnn

Jenis tanaman sri rejeki ini cukup populer di Indonesia, selain warnanya yang cantik, coraknya juga mampu memikat banyak orang.

Warnanya terdiri dari kombinasi warna pink, hijau dan oranye. Daunnya memiliki bentuk bulat besar yang menambah keindahan tanaman cantik ini.

Dalam cahaya yang sedikit gelap, harlequin akan berwarna hijau tua dengan bintik kuning dan merah muda.

Beli Aglonema Harlequin di Sini

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanaman Hias Daun,Rumah Jadi Lebih Anggun
Jual Pupuk Organik Tanaman

Biar tumbuhan jadi subur, gunakan dan campurka Pupuk Organik ke dalam lahan tanaman yang akan diolah. Beli disini!

10. Aglonema Cutlass

Aglonema Cutlass

Sumber gambar: Pumpkin Beth

Untuk yang suka menyimpan tanaman dalam ruangan tanaman sri rejeki yang satu ini bisa jadi pilihan tepat. Mengapa?

Karena Aglaonema cutlass dikenal sebagai indoor plant. Daunnya cukup berbeda dengan tanaman sri rejeki lainnya. Bentuknya memanjang seperti belati sehingga tanaman ini disebut sebagai cutlass.

Saat dipandang dari jauh, daunnya terlihat kaku, namun sebenarnya sangat lembut. Permukaannya yang berwarna putih kehijauan membuat tanaman ini tampak cantik baik di dalam ataupun di luar ruangan.

Beli Aglonema Cutlass di Sini

11. Aglonema Pride of Sumatra

Aglonema Pride of Sumatra

Sumber gambar: Hobiku Berkebun

Sesuai namanya, tanaman cantik ini berasal dari Sumatra. Berbeda dengan tanaman sri rejeki lainnya yang berwarna hijau, tanaman pride of Sumatra ini memiliki warna merah tua yang membuatnya terkesan elegan.

Tanaman sri rejeki ini juga cukup mudah ditemukan di pasar, namun harganya cukup mahal. Bentuk daunnya membentuk elips dengan tangkai berwarna pink dan bercorak mirip.

Beli Aglonema Pride of Sumatra di Sini

12. Aglonema Red Cochin

Aglonema Red Coc

Sumber gambar: Youtube How to Divide and Propagate Aglaonema Red Cochin

Berbeda dengan jenis sri rejeki lain yang didominasi warna hijau, tanaman ini didominasi warna merah muda. Namun, terdapat beberapa daun yang berwarna hijau tua.

Bagian tulang daun sri rejeki red cochin berwarna putih, berbentuk bulat meruncing, dan tangkainya cukup panjang sehingga terlihat menjuntai secara alami.

Beli Aglonema Red Cochin di Sini

13. Aglonema Lipstik

Aglonema Lipstik

Sumber gambar: Pinterest

Tanaman hias ini memiliki pinggiran berwarna merah pada daun dan batangnya, sehingga diberi nama sri rejeki lipstik. Tekstur yang bergelombang, ujung daun yang runcing, dan berwarna cantik membuat tanaman ini terlihat sangat menawan.

Tanaman sri rejeki lipstik juga menjadi tanaman hias yang paling banyak dicari, karena memiliki warna dan bentuk yang khas.

Beli Aglonema Lipstik di Sini

 14. Aglonema Emerald Bay

Aglonema Emerald Bay

Sumber gambar: KANA Secure

Tanaman emerald bay memiliki kombinasi warna hijau tua dan abu-abu. Tanaman ini juga dapat tumbuh subur di dalam ruangan.

Sri rejeki ini emerald bay juga masih bisa tumbuh subur di bawah sinar matahari yang sedikit.

Beli Aglonema Emerald Bay di Sini

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Bonsai Terbaik untuk Percantik Rumah

Nah, itulah Toppers macam-macam Tanaman Sri Rejeki yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu. Walaupun tanaman tropis ini mudah dirawat, namun terdapat beberapa hal yang kamu perhatikan.

Tanaman aglonema lebih suka cahaya matahari yang tidak langsung. Selain itu, tanaman ini tidak boleh ditempatkan di tempat dengan suhu kurang dari 15° Celsius.

Bagaimana Toppers? Sudah menentukan akan membeli yang mana? Temukan tanaman sri rejeki, bibit tanaman, tanaman hias, tanaman indoor dan kebutuhan tanaman lainnya di Tokopedia!

Lampu Taman Minimalis

Tingkatkan estetika taman dengan lampu berdesain minimalis berikut!

Penulis: Hana Syabila Fazri, Rizfa.

© 2009-2024, PT Tokopedia