Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Favorit dan Terkenal

22 June 2022
Share
Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Favorit dan Terkenal

Indonesia merupakan surga kuliner. Dari Sabang sampai Papua, terdapat makanan khas daerah yang lezat dan wajib dicoba. Berikut ini 44 di antaranya.


Makanan khas daerah di Indonesia memiliki citra rasa yang unik. Beberapa di antaranya bahkan terkenal sampai mancanegara karena kelezatannya, Toppers.

Ada yang pernah terpikirkan, berapa banyak jenis makanan khas daerah di Indonesia? Jawaban tentu banyak sekali ya, Toppers.Selain memiliki banyak variasi makanan ini juga memiliki  rasa yang sedap dan tentunya memiliki keunikannya masing-masing.

Buat kamu pecinta kuliner simak 44 daftar makanan nusantara yang rasanya lezat menggoda lidah.

Baca Juga: Yuk, Keliling Indonesia Lewat Foto Pemandangan Alam yang Jadi Bukti Keindahan Alam Indonesia!

Makanan Khas Daerah di Indonesia

Jangan sampai bingung kalau ditanya makanan andalan tanah air, ini 44 jawabannya!

1. Sate Bulayak Mandalika

makanan khas daerah indonesia -  sate bulayak mandalika

Sumber Gambar: sasakadie.blogspot.com

Bukan hanya punya objek wisata yang memanjakan mata, Mandalika juga punya kuliner pemanja lidah. Salah satunya, Mandalika punya sate bulayak. Dinamakan bulayak karena sate daging ini disajikan bersama lontong ketan yang dililit daun aren khas Lombok bernama bulayak.

Daging pilihan sate ini pun bermacam-macam, bisa menggunakan daging sapi maupun ayam. Tertarik coba? Siap-siap ketagihan dengan bumbu kacangnya yang pedas dan segar di mulut!

2. Bebek Goreng Sinjay Madura

Jika mendengar kata Madura pasti langsung terngiang-ngiang rasa gurih dan empuknya daging bebek goreng Sinjay. Meskipun tampilanya sederhana tapi bisa membuat kamu ketagihan dengan rasanya, lho! 

Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

3. Gudeg Yogyakarta

Kalau makanan yang satu ini pasti sobat Toppers sudah tahukan. Gudeg merupakan makanan daerah khas Yogyakarta yang bahan utamanya dibuat dari buah nangka. Makan gudeg ditambah sambal dijamin semakin sedap rasanya.

4. Soto Ayam Ambengan Surabaya

Ciri khas yang membedakan soto ayam surabaya dengan yang lainnya adalah kuahnya berwarna kuning pekat karena menggunakan kunir. Soto ayam ini biasanya berisi daging, jeroan, kulit, brutu, telur, bihun dan dicampur dengan nasi.

5. Nasi Lawar Bali

Nasi lawar atau juga dikenal dengan nasi Campur Bali merupakan masakan kombinasi antara sayuran dengan irisan daging. Biasanya makanan ini disajikan dengan cara dibumbui dan dicampur jadi satu.

6. Ayam Betutu Bali

makanan khas daerah indonesia -  ayam betutu bali

Sumber Gambar: Asian Food Network

Ayam betutu adalah salah satu menu wajib kalau kamu ke Bali. Kalau dimasak dengan cara tradisional, pembuatan ayam betutu prosesnya sangat rumit. Pertama-tama, ayam utuh dilapisi daun pinang lalu diberi bara sekam atau dikubur dalam tanah selama delapan sampai sepuluh jam.

Sekarang ada teknik presto yang lebih modern dan memudahkan. Kedua teknik ini memang memakan waktu yang sama-sama lama, tapi enaknya benar-benar sepadan!

7. Ayam Taliwang Lombok

Makanan ini dibuat dari daging ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan sambal terasi atau bawang. Ayam taliwang paling sedap disantap dengan plecing kangkung.

8. Sate Bandeng Banten

Makanan khas daerah yang satu ini sangat spesial. Jika biasanya kamu menemukan ikan bandeng sulit dimakan karena banyak tulang dan duri halus.

Sate Bandeng Banten justru punya tulang dan duri yang lunak sehingga mudah dimakan. Selain itu bumbu khas rempah Indonesia menambah cita rasa makanan.

9. Rujak Cingur Jawa Timur

Cingur dalam bahasa jawa artinya mulut. Makanan yang satu ini memang menggunakan irisan daging mulut atau moncong sapi yang direbus. Biasanya rujak cingur dimakan dengan campuran sayuran, lontong kemudian disiram dengan saus petis.

10. Surabi Bandung

Surabi atau serabi merupakan makanan tradisional khas jawa barat yang terbuat dari adonan tepung beras dan terigu kemudian dimasak atau dibakar menggunakan tembikar tanah liat. Surabi paling enak dimakan dengan saus manis gula jawa dan wedang hangat.

11. Bubur Pedas Sambas

makanan khas daerah indonesia -  bubur pedas sambas

Sumber Gambar: trenresep.vercel.app & LINE TODAY

Makanan khas Kalimantan Barat ini juga akrab disapa Bubbor Padas. Kalau bubur pada umumnya berwarna putih seperti nasi, bubur satu ini spesial karena isinya yang bervariasi.

Mulai dari kangkung, pakis, hingga daun kesum menjadi campuran yang menyehatkan di dalam bubur ini. Meskipun ada kata pedas di namanya, kamu tidak menemukan cabai di bubur ini. Rasa pedas didapat dari proses sangrai beras dan lada sebelum dimasak menjadi bubur. Tampaknya sangat segar dan bergizi!

12. Soto Banjar Kalimantan Selatan

Berbeda dengan makanan soto di daerah lain, Soto Banjar menggunakan rempah-rempahan seperi kayu manis, biji pala, dan cengkih ditambah sedikit susu sehingga makanan ini kaya cita rasa khas indonesia yang tentunya bikin kamu kangen terus dengan masakan yang satu ini.

13. Ayam Cincane Kalimantan Timur

Ayam daging kampung dimasak dengan bumbu kemerahan yang satu ini sering dijumpai pada saat perayaan atau acara besar. Ayam Cincane terkenal kelezatanya karena memiliki tekstur kulit yang lembut dilumuri saus pedas manis yang meresap sampai kedalam dagingnya.

14. Juhu Singkah Kalimantan Tengah 

Kamu orang Palangkaraya? Pasti tau dong makanan yang satu ini. Juhu Singkah atau dikenal juga dengan sebutan umbut rotan merupakan rotan muda yang dimasak bersama ikan baung dan terong asam atau dimasak dengan kuah santan yang bikin tambah gurih.

15. Daging Asap NTT

Daging asap atau daging Sei merupakan makanan khas Provinsi NTT tepatnya di Kabupaten Rote Ndao.

Makanan ini berupa irisan daging tipis-tipis kemudian diasapi dengan bara api pohon kesambi sampai matang. Biasanya setelah diasap daging bisa langsung dimakan atau diolah lagi menjadi masakan lain.

16. Cakalang Fufu Likupang

makanan khas daerah indonesia -  cakalang fufu

Sumber Gambar: indonesia.go.id

Cakalang Fufu adalah olahan ikan cakalang yang diproses dengan cara diasap dan dimasak dengan bumbu pedas bernama pampis. Jangan bingung kalau kamu tidak melihat ikan utuh, menu satu ini diolah setelah ikan disuwir sehingga makannya pun jadi lebih mudah.

Selain enak rasanya, ikan cakalang juga merupakan salah satu ikan yang bergizi dan bahkan bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kesehatan tulang, hingga menjaga kesehatan jantung.

17. Ikan Asap Jayapura

Jika di NTT terkenal dengan daging asap, kota jayapura punya ikan asap jagoanya. Ikan segar ini dimasak dengan cara diasap selama berjam-jam pada api kecil.

18. Binte Biluhuta Gorontalo

Binte Biluhuta atau Milu sirman merupakan sup jagung yang memiliki cita rasa manis, asin, dan pedas. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan seperti jagung, ikan, dan udang.

Baca Juga: Mencicipi Lezatnya Makanan Khas Mamuju Sulawesi Barat
jual makanan dan minuman

Mulai dari makanan dan minuman terfavorit hingga camilan dan makanan khas daerah ada di sini!

19. Bubur Tinutuan Sulawesi Utara

Bubur sehat dan nikmat yang satu ini cocok sekali dijadikan menu sarapan. Jika biasanya bubur disajikan dengan kecap manis dan suwir ayam, bubur Tinutuan terbuat campuran jagung, sayuran dan seafood.

20. Mie Aceh

Mie khas Aceh yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi di lidah kalian. Memiliki ukuran mie yang besar dimasak dengan kuah rempah membuat Mie Aceh jadi makanan favorit masyarakat Indonesia.

21. Kepiting Soka Kalimantan Utara

makanan khas daerah

Sumber Gambar: Mommyasia

Kepiting Soka atau kepiting cangkang lunak merupakan makanan khas daerah lainnya yang tidak kalah enak. Selain memiliki cangkang lunak dagingnya sangat lembut dimasak dengan saus asam manis tentunya bisa bikin kamu bersemangat lagi setelah makan.

22. Gulai Belacan Riau

Pecinta makanan laut pasti tidak akan sanggup menolak godaan Gulai Belacan. Bahan utama makan ini adalah udah besar yang dimasak dengan kuah santan kental ditambah cabe rawit dan daun jeruk nipis yang pastinya bisa bikin porsi makan kamu jadi bertambah.

23. Mie Bangka

Eits, Toppers jangan sampai tertukar ya antara Mie ayam bangka dan Mie bangka. Mie bangka merupakan variasi mie yang kuahnya dibuat dari kaldu ikan tenggiri.

Selain kuahnya, yang membedakan Mie bangka dengan Mie lainnya adalah menggunakan telur rebus dan toge sebagai toppingnya.

24. Sup Ikan Jantung Pisang Sulawesi Tengah

Sup ikan jantung pisang khas Sulawesi Tengah selain enak juga sehat. Makanan ini perpaduan antara ikan yang direbus dalam kuah rempah (bawang merah, bawang putih, jahe, serai, dan kunyit). Makanan ini cocok banget untuk dijadikan lauk-pauk di rumah juga lho!

25. Rendang Sumatera Barat

Siapa yang tidak tahu kelezatan Rendang. Tidak hanya di Indonesia saja, makanan ini sudah mendunia berkat cita rasanya yang super lezat.

26. Sup Konro Sulawesi Selatan 

makanan khas daerah

Sumber gambar: Hai Bunda

Toppers, kamu tidak akan bisa menolak pesona makanan yang satu ini. Sup konro iga sapi lembut yang meleleh di mulut dan kuahnya yang pedas gurih akan menambah selera makan.

27. Seruit Lampung

Seruit Merupakan jenis ikan besar yang sering diolah oleh masyarakat Lampung dengan cara digoreng atau dibakar, menggunakan campuran sambal tempoyak atau mangga.

28. Tempe Mendoan Jawa Tengah

Indonesia memiliki banyak sekali makanan olahan tempe. Salah satunya gorengan Tempe Mendoan. Makanan ini memiliki tekstur kulit yang lembek dan dimakan dengan saus kecap pedas manis atau cabe rawit.

Baca Juga: Tempat Wisata di Jogja dengan Suasana seperti di Jepang
bumbu masak

Masakan lebih nikmat dan gurih dengan bumbu masak terlengkap di sini!

29. Kue Cucur Sulawesi Barat

Jajanan yang satu ini kesukaan anak-anak hingga orang dewasa. Terbuat dari tepung beras dan gula merah. Rasanya yang manis sangat cocok dimakan bersama kopi atau teh hangat.

30. Gohu Ikan Maluku Utara

Tidak hanya Jepang, di Indonesia juga ada jenis makanan seperti sashimi yaitu Gohu Ikan dari Ternate. Makanan ini biasanya terbuat dari dari ikan tuna atau cakalang mentah yang dibumbui dengan garam, jeruk nipis dan daun kemangi.

31. Tempoyak Ikan Patin Jambi

makanan khas daerah

Sumber gambar: Cookpad

Menurut sejarahnya Tempoyak Ikan Patin awalnya merupakan makanan khas kerajaan. Tempoyak dibuat dari ikan dan buah durian.

Hmm buah campur ikan?? Jangan pesimis dulu Toppers walaupun kedengarannya aneh tapi rasa masakan ini sungguh lezat sekali.

32. Tude Bakar Manado

Makan Tude bakar Manado pakai sambal dabu-dabu sudah pernah coba? Kalau belum kamu harus cicipi karena ikan nila atau gurame ini terasa sangat cocok dikombinasikan dengan saus dabu-dabu.

33. Lumpia Semarang

Lumpia merupakan makanan yang mirip dengan rolade, yaitu bungkusan yang berisi rebung, telur, daging ayam atau udang di dalamnya. Masakan ini sebenarnya mirip dengan makanan khas Tionghoa, tapi di kalau main ke Semarang tidak ada salahnya mencoba makanan yang satu ini.

34. Bubur Sagu Ambon

Mirip seperti bubur kacang hijau, bubur Sagu Ambon terbuat dari sagu yang dimasak dengan santan dan gula. Rasanya tentu tidak kalah enak dengan bubur kacang hijau yang bisa kita makan.

35. Tahu Campur Surabaya

Surabaya memang terkenal dengan kulinernya yang lezat. Salah satunya adalah Tahu Campur yang dipadukan dengan kuah kaldu serta topping mie, irisan daging, daun selada dan kerupuk menambah kelezatan makanan yang satu ini.

36. Empal Gentong Cirebon

makanan khas daerah indonesia -  empal gentong

Sumber Gambar: Masak Apa Hari Ini?

Pecinta gulai kamu harus coba masakan khas Cirebon satu ini. Empal gentong merupakan masakan tradisional yang sudah eksis sejak 1994, isinya terdiri dari usus, babat, dan irisan daging sapi direbus dalam kuah kuning dengan taburan daun kucai.

37. Pendap Bengkulu

Makanan khas Bengkulu Pendap mirip seperti pepes dan memiliki cita rasa yang unik. Kelezatanya didapatkan dari proses masaknya yang bisa memakan hingga 8 jam sehingga bumbu meresap kedalam daging ikan yang dibungkus dalam daun pisang.

38. Pempek Sumatera Selatan

Kebanyakan orang mengenal jenis Pempek Palembang. Tapi sebenarnya makanan ini bisa kita temui hampir di semua daerah Sumatera Selatan. Rasa ikan yang gurih dan siraman cuko manis, asin, pedas menjadikan makanan ini sebagai primadona di kalangan masyarakat Indonesia.

39. Ikan Bakar Manokwari Papua Barat

Ikan Bakar Manokwari berbeda dengan jenis ikan bakar pada umumnya. Ikan ini dibakar terpisah baru kemudian dibumbui dengan sambal yang digiling kasar. Rasa ikan Bakar Manokwari adalah pedas dan segar.

40. Sambal Seruit Lampung

Indonesia terkenal dengan beragam variasi sambal di setiap daerah. Di Lampung ada sambal yang populer sekali namanya Sambal Seruit yang cocok dimasak dengan ikan gurame bakar atau goreng.

41. Bika Ambon Medan

makanan khas daerah indonesia -  bika ambon

Sumber Gambar: detik Food

Meskipun namanya Bika Ambon tapi ternyata jajanan tradisional ini merupakan khas kota Medan. Umumnya kue ini terbuat dari tepung tapioka, gula dan santan tapi sekarang Bika Ambon juga tersedia banyak varian seperti rasa pandan, durian, keju, dan coklat.

42. Soto Betawi

Kalau dari Jakarta Soto Betawi andalannya. Soto yang satu ini menjadi favorit warga Jakarta karena rasanya yang segar dan gurih ditambah renyah dari emping.

43. Karedok Bandung

Karedok atau salad sayuran khas kota Bandung dibuat dari campuran sayuran mentah dan saus bumbu kacang. Makanan ini enak sekali jika dicampur nasi atau dengan lontong.

44. Pedesan Entog Indramayu

Makanan ini mirip seperti gulai pada umumnya. Tetapi bahan utamanya bukan dari ikan, ayam, ataupun daging sapi melainkan entog. Entog sejenis bebek hanya beda bentuk kepala.

Baca Juga: Puluhan Tempat Wisata di Banten Terpopuler, Lengkap dengan Alamat & Jam Operasional

Bagaimana Toppers, makanan khas daerah mana yang ingin kamu jajal kelezatannya? Nah, bagi kamu yang kepengin banget dengan makanan-makanan khas daerah di atas, kamu bisa membelinya di Tokopedia Nyam.

Dapatkan beragam pilihan kuliner terlezat dan terpopuler dengan promo yang tentunya akan membuat pengalaman belanjamu semakin menyenangkan. Yuk, kunjungi Tokopedia sekarang juga.

tokopedia nyam

Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam!

Penulis: Andina Apriliani & Amanda Rafiqah Putri

TAGS
    Share
    Amanda Rafiqah PutriAmanda Rafiqah Putri

    Related Articles

    Sejarah & Makna Kue Keranjang, Kue Khas Tahun Baru Imlek
    Travel dan Kuliner
    Sejarah & Makna Kue Keranjang, Kue Khas Tahun Baru Imlek
    © 2009-2023, PT Tokopedia