• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

9 Makanan Khas Italia yang Rasanya Numero Uno

Share

9 Makanan Khas Italia yang Rasanya Numero Uno

Ingin bertualang rasa makanan negeri Italia? Berikut rekomendasi makanan khas Italia yang wajib kamu coba. Rasanya pasti bikin kamu ketagihan!


Jika biasanya Italia terkenal dengan pizza dan spageti, kamu perlu tahu bahwa ada berbagai macam makanan khas Italia lainnya yang tidak kalah gurih dan lezat!

Masakan khas Italia sendiri terkenal dengan rasa yang creamy, beberapa bahan utama masakannya pun dari keju, susu serta kuning telur. Sekali coba, kamu pasti langsung tahu masakan tersebut dari Italia.

Tidak hanya hidangan utama, hidangan pencuci mulutnya juga begitu nikmat dan unik, cocok dengan lidah orang Indonesia. Tanpa berlama-lama lagi, yuk simak beberapa makanan khas Italia yang wajib kamu coba!

Makanan Khas Italia yang Terkenal Enak

1. Risotto

makanan khas italia
Sumber Gambar: Scwartz

Jika kamu penggemar masakan Italia, Risotto pasti sudah cukup sering kamu lihat dalam berbagai menu restoran Italia. Risotto biasanya disajikan sebagai hidangan utama dalam penyajian makanan.

Ada berbagai jenis risotto, yang paling terkenal diantaranya adalah risotto klasik. Bahan utamanya adalah nasi yang dicampur dengan kaldu hingga mengental dan menyerupai krim. Kaldu yang digunakan bisa dari daging maupun ayam.

Baca Juga: Makanan Khas Daerah di Indonesia Paling Favorit dan Terkenal

2. Lasagna

makanan khas italia
Sumber Gambar: Yummy.ph

Masakan Italia sudah pasti terkenal dengan pastanya. Salah satu olahan pasta yang paling menarik adalah lasagna. Lasagna dapat dikatakan sebagai salah satu masakan tradisional Italia, namun seiring dengan berkembangnya dunia kuliner, lasagna sudah memiliki berbagai tambahan variasi modern.

Lasagna dibuat dengan cara dipanggang bersama saus tomat dan tumpukan daging di atas pasta.

Cita rasanya begitu khas ala Italia, biasanya juga Lasagna ditambahkan keju mozarella untuk memperkuat rasanya.

3. Gelato

makanan khas italia
Sumber Gambar: Pexels

Jika masakan Italia yang sebelumnya merupakan hidangan utama, kali ini merupakan hidangan pencuci mulut khas Italia. Gelato kadang disalah artikan sebagai es krim, pada hal ada perbedaan jelas antara gelato dan es krim.

Gelato memang memiliki tekstur yang mirip dengan es krim, namun mereka memiliki kepadatan yang jauh berbeda. Gelato diaduk lebih lama dengan tenaga yang besar, sehingga menghasilkan kepadatan yang lebih berat dibanding es krim.

Untuk rasa, gelato sudah menyesuaikan dengan berbagai varian dan rasa yang modern saat ini, jadi kamu bisa memilih rasa yang paling cocok dengan lidah kamu.

4. Tiramisu

makanan khas italia
Sumber Gambar: Pexels

Bukan hanya gelato, tiramisu juga merupakan salah satu hidangan primadona khas Italia, makanan pencuci mulut satu ini telah diciptakan sejak tahun 1960-an. Rasanya yang khas, dari campuran antara kopi dan krim, jadi susah berhenti mencicipinya.

Saat ini tiramisu dibuat tanpa dipanggang, bahan utamanya ada yang berasal dari krim dan putih telur serta rendaman kopi. Ada juga yang menambahkan keju mascarpone untuk membuat teksturnya jadi lebih ringan.

Manfaatkan voucher makan Tokopedia untuk mendapatkan harga spesial saat melakukan transaksi di restoran dan cafe favoritmu.

5. Carbonara

makanan khas italia
Sumber Gambar: Pexels

Jika kamu penggemar spaghetti, kamu pasti pernah melihat carbonara. Makanan ini jadi salah satu rekomendasi utama dari para penduduk lokal. 

Umumnya, carbonara dibuat menggunakan keju parmesan, susu cair dan mentega. Bahan tersebut akan menghasilkan rasa yang creamy dari carbonara.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Jepang Terlezat dan Terpopuler

6. Truffle

makanan khas italia
Sumber Gambar: Pexels

Truffle sudah terkenal menjadi salah satu makanan paling mahal di dunia. Tidak heran, ada juga truffle yang seharga Rp 50,6 juta per 450 gram. Biasanya truffle diolah bersama pasta.

Truffle akan memberikan rasa yang kuat dan khas. Salah satu negara penghasil truffle termahal adalah Italia, jadi jika kamu berkeinginan mencoba masakan satu ini, kamu bisa mencarinya di restoran Italia. 

7. Panini

makanan khas italia
Sumber Gambar: Unsplash

Pernah lihat roti lapis dengan isian salami, keju, tomat maupun tuna di restoran Italia? tentu saja bukan roti lapis biasa, melainkan panin.

Panini merupakan salah satu makanan khas Italia yang wajib kamu coba! Panini cukup unik karena menggunakan roti lapis utuh dan tidak dipotong. Roti yang digunakan adalah michetta, rosetta, atau baguette.

8. Ravioli

makanan khas italia
Sumber Gambar: Unsplash

Jangan heran jika kamu melihat masakan yang bentuknya seperti pangsit di restoran khas Italia. Sebab, masakan yang kamu lihat merupakan Ravioli, bentuknya memang seperti pangsit dengan isian di dalamnya.

Biasanya juga dihidangkan dengan saus dan kaldu yang membuatnya semakin nikmat. Beberapa bentuknya juga unik, seperti lingkaran, bujur sangkar dan setengah lingkaran.

9. Fettucini Alfredo

makanan khas italia
Sumber Gambar: Unsplash

Fettucini Alfredo merupakan hidangan khas Italia yang muncul pada abad ke-20, teksturnya yang lembut dibalut rasa yang gurih dan lezat, siapa yang mampu menolak hidangan satu ini. 

Saus dari Fettucini Alfredo dibuat cukup kental menggunakan keju parmesan dan mentega, bedanya dengan carbonara. Fettucini menggunakan pasta yang lebih lebar. Jadi kamu bisa memilihnya sesuai dengan kesukaan kamu.

Baca juga: 10 Makanan Khas Bali Lezat yang Bisa Kamu Temukan di Tokopedia

Nah, itu dia pilihan makanan khas Italia yang wajib kamu coba. Terutama bagi para pecinta makanan gurih dan creamy kamu pasti akan menyukai seluruh masakan di atas. Kamu bisa menemukan berbagai pilihan makanan Italia di Tokopedia Nyam.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah dengan mengikuti resep yang ada, bahan-bahan masakannya semua bisa kamu temukan dengan mudah hanya di Tokopedia.

tokopedia nyam
Temukan kuliner yang kamu inginkan dengan promo terbaik hanya di Tokopedia Nyam

Penulis: Claudia

© 2009-2024, PT Tokopedia