• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh, Mudah Didapat!

10 February 2023

Share

15 Makanan Penurun Darah Tinggi yang Ampuh, Mudah Didapat!

Hipertensi dapat memicu penyakit berbahaya, seperti jantung dan stroke. Ini makanan penurun darah tinggi yang wajib dikonsumsi!


Tekanan darah tinggi atau Hipertensi merupakan jenis penyakit yang diam-diam mengidap seseorang. Penyakit ini sulit didiagnosa tanpa alat dan sekali menyerang, langsung merusak organ vital kita.

Bagi penderita hipertensi, obat darah tinggi alami paling utama adalah menjaga diet sehari-hari. Artinya, menjauh dari jajanan luar, garam berlebihan, dan makanan cepat saji. Obat generik memang ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, tapi bersifat sementara dan tidak mengobati sumber masalah.

Karena itu, penting banget untuk mengetahui jenis makanan yang dapat menurunkan darah tinggi. Biasanya, makanan ini dipenuhi dengan mineral seperti potasium, kalsium, dan magnesium yang berdampak positif untuk pasien hipertensi.

Penasaran makanan apa saja yang perlu kamu konsumsi? Berikut ini makanan yang secara ilmiah terbukti ampuh meredakan tekanan tinggi!

Baca Juga: Mengenal hipertensi: penyebab dan cara mencegah darah tinggi

1. Sayuran Segar

sayuran segar

Sumber Gambar: Pexels

Sayur memang memiliki reputasi baik untuk kesehatan. Tidak heran mengapa makanan ini dijadikan obat darah tinggi alami. 

Untuk menurunkan darah tinggi, pilihlah sayur dengan daun hijau gelap seperti kale, arugula, dan bayam. Sayuran ini mengandung mineral potasium dan magnesium yang terbukti ampuh menjaga tekanan darah stabil dan sehat. 

2. Buah Bit

Buah bit

Sumber Gambar: Pexels

Buah bit merah pekat dipenuhi dengan kandungan nitrat, yang berubah menjadi oksida nitrat, zat gas yang melancarkan darah hanya dalam waktu 24 jam.

Bit bisa langsung kamu makan atau dijadikan minuman jus. Para ahli menyarankan minum jus bit sekitar 250 ml per hari untuk menurunkan darah tinggi.

3. Pisang

buah pisang

Sumber Gambar: Pexels

Penderita hipertensi umumnya disarankan mengonsumsi makanan kaya akan potasium untuk mengeluarkan sodium dalam tubuh yang berlebihan. Salah satu obat alami darah tinggi yang kaya akan mineral ini adalah buah pisang.

Satu pisang mengandung sekitar 420 mg. Tapi ingat, makan satu pisang saja tidak cukup. Menurut American Heart Association (AHA), jumlah rekomendasi potasium yang dianjurkan adalah 4,700 mg per hari.

Jadi, jangan lupa menambahkan makanan kaya akan potasium lainnya!

4. Cokelat Hitam

dark chocolate

Sumber Gambar: Pexels

Kabar baik untuk penggemar coklat nih. Makanan dari biji kakao ini merupakan sumber antioksidan flavonoid untuk melancarkan aliran darah dan menurunkan darah tinggi. Tapi, dampak ini hanya berlaku pada coklat hitam dengan minimal 70% kakao. 

Tambahan kacang almond pada coklat hitam juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, tetap batasi asupan coklat hitam sekitar 28 gr per hari ya!

5. Oatmeal

oatmeal

Sumber Gambar: Pexels

Dalam berbagai studi, oatmeal terbukti ampuh menurunkan darah darah tinggi sistolik dan diastolik. Rahasianya? Serat beta-glucan yang ada dalam oatmeal.

Selain itu, makanan tinggi serat bisa menahan nafsu lapar dan mencegah obesitas loh. Kini ada juga opsi overnight oats yang lezat. Lengkapi dengan buah beri, granola, dan bubuk kayu manis untuk sarapan sehat dan nikmat.

Baca Juga: Menu Makanan Sehat Bergizi agar Bugar dan Kebal Penyakit

6. Susu Skim

susu skim

Sumber Gambar: Pexels

Toppers pasti tahu bahwa susu adalah sumber alami kalsium dan vitamin D. Kombinasi kedua nutrisi terbukti dapat menurunkan darah tinggi sebesar 3 – 10 persen. Dari penurunan ini, risiko terserang penyakit jantung turun sebesar 15 persen juga loh! 

Pastikan kamu mengonsumsi susu skim alias susu tanpa lemak ya. Kandungan lemak tinggi dapat menaikkan tekanan darah dan memicu penyakit jantung.

7. Yogurt

yogurt

Sumber Gambar: Pexels

Tidak doyan susu skim? Kamu bisa memilih yoghurt sebagai alternatif asupan susu sehari-hari. Seperti susu skim, yoghurt dipenuhi dengan kalsium yang membantu kinerja pembuluh darah yang penting untuk angka tekanan darah sehat.

Hati-hati, hindari yoghurt yang tinggi akan gula. Sebaiknya, tambahkan gula alami pada yoghurt seperti buah-buahan dan madu yang jauh lebih sehat. 

8. Ikan yang Kaya akan Omega-3

ikan salmon

Sumber Gambar: Pexels

Tahukah Toppers, tidak semua ikan kaya akan minyak ikan atau omega-3? Hanya jenis ikan yang berlemak seperti salmon dan ikan kembung yang tinggi omega-3. 

Minyak omega-3 bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, inflamasi, dan lemak trigliserida. Ikan juga bisa dijadikan sumber protein. Karena itu, para dokter kerap menyarankan semua orang mengonsumsi ikan minimal 2 porsi seminggu.

Tentunya kini mendapatkan asupan minyak ikan bisa dipermudah dengan suplemen omega-3 dalam bentuk tablet. 

9. Flaxseed

Biji flaxseed sebenarnya sangat serbaguna. Flaxseed sering digunakan dalam baking kue, serta bisa ditambahkan dalam makanan dan minuman apa pun. Dari jus, yoghurt, hingga salad. 

Dalam sebuah studi, tekanan darah pasien hipertensi turun saat mengonsumsi 30 gr flaxseed setiap hari. Siapa sangka ukuran biji yang kecil memiliki banyak khasiat? 

10. Buah Beri

buah beri

Sumber Gambar: Pexels

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry mempunyai kandungan antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan hipertensi. Buah beri bisa kamu masukkan ke dalam oatmeal, yogurt, dan just smoothie. Cocok juga dijadikan camilan sehat di sela-sela jam makan.

Baca Juga: Manfaat Buah Blueberry untuk Kesehatan dan Kecantikan

11. Buah Semangka

buah semangka

Sumber Gambar: Pexels

Perpaduan rasa manis dan juicy dari buah semangka nikmat banget kalau dikonsumsi di tengah cuaca panas Indonesia. Semangka juga kaya akan L-citrulline yang berfungsi menstabilkan tekanan darah, terutama di area arteri pergelangan kaki dan tangan. 

12. Minyak Zaitun

Kini, banyak orang mulai menggunakan minyak zaitun atau olive oil untuk masak tumisan atau salad dressing karena alasan kesehatan. Ekstrak buah zaitun secara ilmiah terbukti efektif dalam melawan peradangan dan menurunkan darah tinggi.

Dibandingkan dengan minyak goreng lainnya, minyak zaitun dilengkapi dengan lemak tidak jenuh yang sehat. Wajar saja, olive oil dikenal sebagai jenis minyak paling sehat.

13. Bawang Putih

bawang putih

Sumber Gambar: Pexels

Rasa dan aroma harum bawang putih umumnya digunakan dalam berbagai makanan khas Indonesia. Selain membuat makanan jauh lebih nikmat, properti antibiotik bawang putih kerap dijadikan obat alami untuk berbagai penyakit. Salah satunya tekanan darah tinggi. 

14. Rempah-rempah

Penderita darah tinggi pasti tahu pentingnya mengurangi garam dalam masakan. Nah, rempah-rempah bisa kamu jadikan bumbu masak agar makanan tetap nikmat loh. Selain lezat, kabarnya beberapa rempah dapat membantu menurunkan darah tinggi untuk sementara.

Banyak pilihan rempah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia, antara lain kayu manis, daun kemangi, dan kunyit. Kamu tidak perlu lagi mengonsumsi makanan membosankan, karena setiap rempah memiliki aroma dan rasa yang unik.

15. Buah Delima

buah delima

Sumber Gambar: Pexels

Salah satu obat alami darah tinggi yang wajib dikonsumsi adalah buah delima. Dalam waktu singkat, kandungan antioksidan buah delima dapat menurunkan kadar tekanan darah pada pasien hipertensi. Buah delima bisa kamu konsumsi langsung atau dijadikan minuman segar pelepas dahaga.

Baca Juga: Menu Minuman Sehat, Segar dan Kaya Manfaat bagi Tubuh

Nah, itu dia deretan makanan yang ampuh menurunkan darah tinggi. Agar lebih efektif, penderita hipertensi wajib menjaga asupan garam dalam makanan sehari-hari. Jangan lupa juga untuk menjaga pola hidup sehat dengan rajin olahraga dan menghindari stress.

Bagi Toppers yang sehat, sebaiknya juga rutin mengonsumsi makanan tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?

Di Tokopedia, tersedia berbagai produk kesehatan dan suplemen untuk menunjang gaya hidup sehat sehari-hari. Produk dijamin berkualitas dengan harga terjangkau! Yuk, cek Tokopedia sekarang!

Penulis: Benedicta Clarissa Tukiman

© 2009-2024, PT Tokopedia