7 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Tetap Lezat

1981
makanan sehat untuk penderita diabetes

Makanan untuk Penderita Diabetes – Apakah Anda terus-menerus bertanya pada diri sendiri, “Apa ya yang bisa saya makan?” jika menderita diabetes. Saatnya untuk berhenti khawatir! Hidup dengan diabetes tidak harus berarti merasa susah untuk memilih makanan. Anda dapat belajar menyeimbangkan makanan Anda dan membuat pilihan makanan yang sehat untuk tubuh.

Makanan terbaik untuk diabetes biasanya adalah makanan utuh yang tidak diproses, seperti buah dan sayuran. Memakan makanan sehat ekstra sehat ini dalam menu sehari-hari akan membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, serta menurunkan risiko komplikasi diabetes, seperti penyakit jantung. Tapi tentu saja, makanan dalam daftar ini tidak boleh menjadi satu-satunya makanan yang Anda makan ya. Yuk, cek daftar makanan sehat untuk penderita diabetes berikut ini!

Baca juga: 7 Makanan Penambah Darah Yang Enak Sehari-hari

Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

Apel

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Sebuah studi pada tahun 2012 di Ohio State University yang diterbitkan dalam Journal of Functional Foods menemukan bahwa mengonsumsi satu apel sehari selama empat minggu menurunkan kolesterol LDL sebesar 40 persen. Profesor yang memimpin penelitian tersebut menjelaskan bahwa tidak semua antioksidan diciptakan sama, dan bahwa jenis antioksidan tertentu dalam apel memiliki efek mendalam pada penurunan LDL.

Apel juga memberikan perlindungan terhadap diabetes. Harvard School of Public Health memeriksa pola najab 200.000 orang dan menemukan bahwa mereka yang melaporkan mengkonsumsi lima atau lebih apel dalam seminggu memiliki risiko 23 persen lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan subjek yang tidak memakan apel.

Asparagus

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Asparagus memiliki 5 gram karbohidrat, 20 kalori, dan hampir 2 gram serat makanan per porsi yang sangat kaya akan antioksidan yang disebut glutathione, yang memainkan peran penting dalam mengurangi efek penuaan dan banyak penyakit, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan kanker. Hal ini membuat asparagus menjadi salah satu bahan makanan sehat untuk penderita diabetes yang baik.

Kacang Polong

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Kacang-kacangan memang tinggi akan serat dan sumber protein yang baik, tapi sekarang ada lebih banyak alasan untuk memasukkannya ke dalam menu makanan diabetes. Dalam sebuah studi tahun 2012, para periset menemukan bahwa mengonsumsi satu gelas kacang polong setiap hari menghasilkan kontrol gula darah yang lebih baik (untuk glukosa darah) dan menurunkan tekanan darah.

alas kaki diabetes

Brokoli

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Makanan untuk penderita diabetes selanjutnya adalah brokoli. Brokoli memiliki lebih banyak vitamin C per 100 gram daripada jeruk, ditambah kandungan beta karotennya yang tinggi, yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A. Vitamin A ini memiliki keunggulan sehat, gigi, tulang, dan kulit. Brokoli juga kaya akan folat dan serat, semuanya dengan sedikit kalori dan karbohidrat.

Wortel

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Wortel terkenal dengan kandungan vitamin A-nya yang tinggi dari antioksidan beta karoten pada wortel. Vitamin ini diperlukan untuk penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh yang baik, dan ini membantu mencegah perkembangan beberapa jenis kanker,

Sekarang ada lebih banyak alasan bagus untuk mengonsumsi wortel. Menurut sebuah penelitian yang dilaporkan pada tahun 2013 dari Stanford University School of Medicine, beta-karoten bahkan dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2 di antara orang-orang yang memiliki kecenderungan genetik untuk menderita penyakit ini.

Ikan

makanan sehat untuk diabetesSumber gambar: Pixabay

Tidak seperti daging, makanan laut memiliki lemak jenuh dan kolesterol tidak sehat lebih rendah, ditambah juga sumber asam lemak omega-3 yang baik, terutama dari ikan berlemak seperti salmon, trout, sarden, halibut, dan tuna. Menurut American Heart Association, asam lemak omega-3 menurunkan risiko aritmia (denyut jantung abnormal), yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Omega-3 juga menurunkan kadar trigliserida, memperlambat laju pertumbuhan plak aterosklerotik, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi peradangan. Dengan kandungan ini, nggak heran ikan menjadi salah satu makanan sehat untuk penderita diabetes favorit.

Bayam

makanan sehat untuk pederita diabetesSumber gambar: Pixabay

American Diabetes Association (ADA) melaporkan pada sebuah penelitian untuk menentukan apakah mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran dapat menurunkan risiko diabetes. Jawabannya? Orang yang makan lebih banyak sayuran berdaun hijau (termasuk bayam pada khususnya) mengurangi peluang mereka terkena diabetes tipe 2 sebesar 14 persen. Siapa sangka sayuran sederhana seperti bayam ternyata bisa jadi sumber makanan sehat untuk penderita diabetes?

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker secara Alami

Nah, tidak bingung lagi kan harus makan apa jika menderita diabetes? Anda tidak harus takut lagi makan makanan sehat yang tidak lezat hanya karena menderita diabetes. Tapi jika Anda menderita diabetes akut, penting bagi Anda untuk bermitra dengan dokter dan ahli diet untuk membuat rencana menu makanan yang sesuai untuk Anda. Makan makanan sehat, kontrol porsi dan penjadwalan makan untuk mengelola kadar glukosa darah Anda. Stay healthy, Toppers!

strip gula darah

Bagikan Artikel