Makanan Sehat Demam Berdarah Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus yang ditularkan lewat gigitan nyamuk aedes aegypti. Penderita dari penyakit ini akan merasakan demam, nyeri, dan sakit kepala yang berujung pada hilangnya nafsu makan.

Karena nafsu makan yang berkurang, penderita demam berdarah akan merasa lemas dan lesu yang dapat memperburuk kondisi tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat agar mencukupi kebutuhan gizi dan meningkatkan trombosit dalam darah. Untuk itu, jika kamu atau orang-orang terdekat kamu menderita penyakit ini, usahakan untuk mengonsumsi mekanan sehat seperti berikut.

baca juga: 7 Makanan Enak yang Bantu Sembuhkan Flu dengan Cepat

Makanan Pemulih Demam Berdarah

Bubur

Makanan Sehat Demam Berdarah - Bubur
Sumber Gambar: Pixabay

Bubur merupakan makanan sehat yang ideal untuk dikonsumsi pengidap penyakit demam berdarah. Makanan ini mudah dikonsumsi dan dicerna oleh tubuh. Bubur juga mengandung 80 persen air yang mampu mencegah dehidrasi ketika sakit demam berdarah.

Daun Pepaya

Daun pepaya yang memiliki rasa pahit ini, ternyata adalah salah satu makanan terbaik untuk menyembuhkan demam berdarah lho, Toppers! Daun pepeya mengandung vitamin, protein, karbohidrat, zat besi, fosfor dan kalsium yang mampu meningkatkan trombosit dalam darah.

Ikan

Makanan Sehat Demam Berdarah - Ikan
Sumber Gambar: Pixabay

Ikan merupakan makanan sehat yang sangat cocok dikonsumsi penderita penyakit demam berdarah, karena mengandung banyak vitamin, mineral, dan protein yang dapat mempercepat proses penyembuhan. Sebaiknya konsumsi ikan yang diolah tanpa menggunakan bumbu yang berlebihan agar bermanfaat untuk tubuh.

Buah Jeruk

Makanan sehat untuk menyembuhkan demam berdarah berikutnya adalah buah jeruk, buah yang mengandung vitamin C yang tinggi ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat mempercepat pemulihan dari penyakit demam berdarah. Buah Jeruk bisa dikonsumsi secara langsung maupun dijus.

Daging Sapi Cincang

Makanan Sehat Demam Berdarah - Daging Sapi
Sumber Gambar: Pixabay

Daging sapi mengandung mineral dan protein yang tingi sehingga cocok untuk pengidap demam berdarah, selain itu, mengonsumsi daging sapi juga berguna untuk meningkatkan kesehatan jaringan tubuh. Olah daging sapi yang di cincang dan kemudian dijadikan sup hangat.

Agar-agar

Rumput laut yang menjadi bahan utama dari agar-agar mengandung vitamin, mineral dan serat yang tinggi untuk memperlancar pencernaan dan peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga dapat mempermudah penderita demam berdarah yang sulit untuk buang air besar karena keseimbangan tubuh yang terganggu.

baca juga: 7 Makanan Sehat Untuk Penderita Sakit Jantung

Itu dia Toppers, beberapa makanan sehat yang cocok dikonsumsi penderita demam berdarah agar cepat pulih dan sembuh dari penyakit yang cukup berbahaya ini. Konsumsi selalu makanan sehat di atas dan bila perlu tambahkan asupan suplemen seperti madu yang mampu memberikan nutrisi lebih untuk membuat tubuh bugar secepatnya! Dan, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalmu, agar tak ada sarang nyamuk.

Bagikan Artikel