Hati-hati, Perhatikan 10 Hal-hal Makruh dalam Puasa Berikut Ini!

162
makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa

Makruh merupakan suatu perbuatan yang sebaiknya tak dilakukan dalam Islam. Nah saat Ramadan, berikut hal makruh puasa yang perlu diperhatikan!


Makruh Puasa – Dalam berpuasa di bulan Ramadan, pasti semua orang berlomba-lomba untuk meraih banyak pahala. Namun, dalam menjalankan puasa, seringkali kita tidak sengaja atau mungkin sengaja melakukan hal-hal yang makruh.

Makhruh sendiri merupakan perbuatan yang tidak menimbulkan dosa atau batal apabila dilakukan, namun jika ditinggalkan mendapat pahala. Sehingga ada baiknya jika tidak dilakukan.

Nah, agar esensi puasa kamu tidak rusak dan dapat memaksimalkan ibadah, yuk simak hal-hal yang makruh dalam puasa berikut ini!

Ramadan Ekstra

Baca Juga: Selain Alasan Ibadah, Ini 10 Manfaat Tidur Siang saat Puasa!

Makruh dalam Puasa

1. Menggunjing atau Ghibah

makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa
Sumber Gambar: HR Payroll Systems

Baik sedang puasa atau tidak, hal ini adalah hal yang tidak baik dilakukan karena menggunjing atau berghibah biasanya biasanya membicarakan orang lain dengan konotasi yang negatif, atau hanya prasangka.

Ghibah tidak membatalkan puasa, namun akan mengurangi pahala puasa. Jadi, jangan suka gosip ya Toppers!

2. Melakukan Bekam

makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa
Sumber Gambar: IDN Times

Melakukan bekam juga merupakan hal yang makhrub apabila dilakukan saat berpuasa. Namun, menjadi makruh hanya apabila ketika bekam yang dilakukan menjadikan tubuh menjadi lemah, jika tidak membuat tubuh menjadi lemas, maka diperbolehkan.

3. Menyikat Gigi

makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa
Sumber Gambar: Irish News

Hal ini sebenarnya diperbolehkan, apabila tidak menggunakan pasta gigi. Karena dikhawatirkan rasa pada pasta gigi masuk ke dalam mulut sehingga sikat gigi menjadi makruh.

Solusinya, Toppers dapat menggosok gigi sebelum tiba waktu imsak.

4. Tidur Terlalu Lama

makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa
Sumber Gambar: Medical News Today

Walaupun tidur dapat menjadi ibadah saat di bulan puasa, namun apabila terlalu lama akan menjadi makhruh. Seperti misalnya tidur dari siang hingga sore hari menjelang maghrib, puasanya tetap sah.

Tetapi akan lebih baik jika kita memanfaatkan waktu untuk mencari pahala seperti membaca Al-Qur’an dan mencari ilmu dibandingkan tidur.

5. Berciuman Suami Istri

makruh puasa, makruh dalam puasa, hal hal yang makruh dalam puasa
Sumber Gambar: Freepik

Berciuman menjadi makhruh karena dapat menyebabkan nafsu syahwat dan keluarnya air mani. Hal inilah yang dapat menyebabkan rusaknya puasa seseorang.

Walaupun berciuman tidak langsung menyebabkan keluarnya air mani, namun ciuman adalah faktor atau langkah awal terpancingnya nafsu syahwat.

Tap Tap Mantap April | Pecahkan Telurnya

Baca Juga: Awas! 15 Hal Ini Bisa Membatalkan Puasa Ramadan

6. Mencicipi Makanan

makruh puasa
Sumber Gambar: EatRight Ontario

Mencicipi makanan merupakan hal yang makruh bagi orang yang berpuasa, karena khawatir akan mengantarkannya sampai ke tenggorongkan. Ada baiknya jika mencicipi, kamu wajib meludahkannya lagi.

Hal ini dilakukan supaya tidak ada sisa yang memungkinkan akan tertelan, sehingga dapat membuat puasanya menjadi batal.

7. Membayangkan Bersetubuh

makruh puasa
Sumber Gambar: Thrivetalk

Membayangkan sedang berjimak (bersetubuh) merupakan hal yang makhruh saat berpuasa. Karena hal itu dapat mendorong dirinya mengeluarkan sperma, sehingga puasanya bisa rusak dan menjadi berdosa.

8. Berlebihan dalam Berkumur

makruh puasa
Sumber Gambar: Pinterest

Hal ini perlu dihindari karena dikhawatirkan air wudhu yang masuk kedalam perut. Ada baiknya kita tidak berlebihan dalam berkumur saat berwudhu. Namun, apabila air tidak sengaja masuk, tidak akan membatalkan puasa.

9. Berendam atau Berenang

makruh puasa
Sumber Gambar: Little Fins Swim School

Berenang atau berendam menjadi hal yang makhruh pada saat berpuasa karena dapat memungkinkan air masuk kedalam tubuh seseorang, baik lewat hidung, mulut, dan bagian tubuh lainnya.

Untuk menghindari hal ini lebih baik kamu mandi dengan cara biasa saat berpuasa, tidak  perlu berendam. Untuk berenang, kamu bisa melakukannya setelah waktu berbuka.

10. Puasa Wishal

makruh puasa
Sumber Gambar: Savage Wellness

Puasa Wishal adalah puasa sepanjang hari tanpa jeda untuk berbuka di malam hari. Padahal orang yang berpuasa diperintahkan untuk berbuka saat matahari terbenam atau berkumandangnya azan maghrib.

Puasa ini menjadi makhruh karena dapat mendatangkan bahaya untuk tubuh, selain itu dapat mengganggu aktivitas ibadah karena badan menjadi lemas.

Baca Juga: Yuk, Kenali Jenis-jenis Zakat dan Cara Perhitungannya bagi Umat Muslim!

Nah itulah Toppers, hal-hal yang makruh saat menjalankan puasa. Ramadan memang bulan yang tepat untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya jadi, ada baiknya kamu menghindari melakukan hal-hal di atas agar puasa kamu lebih maksimal ya, Toppers!

ramadan ekstra 2019

Bagikan Artikel