• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan Tubuh

10 May 2023

Share

10 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan Tubuh

Akar alang-alang ternyata mengandung banyak khasiat lho! Ini dia daftar manfaat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh.


Alang-alang jadi salah satu tanaman herbal yang telah populer di masyarakat. Bahkan tanaman yang satu ini telah lama dijadikan sebagai obat tradisional dalam mengobati berbagai penyakit. Salah satu penyakit yang dapat diobati dengan akar alang-alang adalah panas dalam.

Tidak hanya mengobati panas dalam, akar alang-alang juga memiliki berbagai khasiat lainnya. Bahkan alang-alang dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan nutrisi penting di dalamnya.

Bagi Toppers yang penasaran dengan tanaman herbal yang satu ini, simak yuk manfaat akar alang-alang untuk kesehatan tubuh berikut ini.

Baca juga: Rekomendasi Jus untuk Diet, Bikin Tubuh Sehat dan Bugar!

Manfaat Akar Alang-Alang Bagi Kesehatan Tubuh

manfaat akar alang-alang bagi kesehatan tubuh

Sumber gambar: Halodoc

Akar alang-alang telah diteliti keamanannya untuk dikonsumsi. Berbagai riset tentang tanaman obat yang satu ini telah dilakukan dan menghasilkan banyak penemuan. Berikut manfaat akar alang-alang yang baik bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Panas Dalam

mengatasi panas dalam

Sumber gambar: Canva

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa akar alang-alang mampu mengatasi panas dalam dengan cepat. Biasanya akar alang-alang dijadikan sebagai minuman yang akan lebih dinikmat disajikan dengan air hangat.

2. Menurunkan Tekanan Darah

menurunkan tekanan darah

Sumber gambar: Canva

Siapa sangka akar alang-alang juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Terdapat zat aktif penting yang terkandung dalam akar alang-alang. Zat yang terkandung dalam akar alang-alang ini juga mampu menurunkan kolesterol yang dapat menimbulkan plak dalam pembuluh darah dan mencegah terjadinya stroke.

3. Atasi Mimisan

atasi mimisan

Sumber gambar: Canva

Tidak hanya meredakan panas dalam, akar alang-alang juga bisa digunakan untuk mengatasi mimisan lho! Akar alang-alang bisa menghentikan mimisan dengan cara diminum sari air akarnya secara rutin. Jadi, bagi Toppers yang suka mimisan, bisa mencoba cara yang satu ini ya!

4. Menjaga Kesehatan Jantung

menjaga kesehatan jantung

Sumber gambar: Canva

Manfaat lain dari akar alang-alang adalah mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan imperanene dan graminone B dalam tanaman ini dapat menghambat pembekuan darah dan mencegah terjadinya penyempitan pada pembuluh darah di jantung. Kamu bisa mengonsumsi air rebusan akar alang-alang yang telah disaring secara rutin guna mendukung kesehatan jantung.

5. Obat Diare

obat diare

Sumber gambar: Canva

Diare adalah salah satu penyakit yang sangat menyiksa. Rasa sakit pada perut dan buang air dengan frekuensi berlebih, tentu sangat merepotkan terutama bagi kamu yang memiliki aktivtis padat. Namun kamu tidak pelru khawatir! Karena kamu bisa mengatasi diare ini dengan minum air rebusan akar alang-alang.

6. Obat Keputihan

obat keputihan

Sumber gambar: Canva

Keputihan jadi kondisi umum yang sering dialami oleh wanita. Namun beberapa jenis keputihan sangat merepotkan. Kini, kamu bisa mengatasinya dengan akar alang-alang. Air rebusan tanaman herbal ini cukup kamu saring dan diminum secara rutin. Ramuan yang satu ini telah dipercaya sejak lama dapat mengatasi keputihan.

7. Atasi Asma

atasi asma

Sumber gambar: Canva

Jika kamu memiliki asma, konsumsi akar alang-alang secara rutin bisa jadi cara yang dapat kamu coba. Kamu hanya perlu menyiapkan akar alang-alang, sirih, dan kencur yang direbus dengan air mendidih. Setelah itu, air rebusan tadi disaring dan diminum secara rutin. Kandungan dari berbagai tanaman obat tadi bisa membantu mencegah asma kamu kambuh.

8. Cegah Kencing Manis

cegah kencing manis

Sumber gambar: Canva

Manfaat akar alang-alang selanjutnya adalah sebagai obat dari kencing manis. Caranya pun sangat mudah! Kamu hanya perlu menyiapkan akar alang-alang yang telah dicuci bersih. Kemudian potong dadu akar alang-alang dan rebus dengan air mendidih. Setelah itu, saring air rebusan akar alang-alang dan konsumsi secara rutin. Mengonsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin ini dapat membantu mengatasi kencing manis yang kamu alami.

9. Atasi Sulit Buang Air Kecil

atasi sulit buang air kecil

Sumber gambar: Canva

Kesulitan buang air kecil jadi salah satu hal yang sangat menyiksa. Kondisi ini membuat penderitanya tidak nyaman dan kerepotan saat menjalani aktivitas. Guna mengatasinya, kamu hanya perlu membuat air rebusan dari beberapa akar alang-alang yang kemudian disaring dan dikonsumsi secara rutin.

10. Mencegah Kanker Prostat

mencegah kanker prostat

Sumber gambar: Canva

Menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bagi pria, kanker prostat biasanya berisiko tinggi terutama pada laki-laki dengan usia 60 tahun ke atas. Selain menerapkan pola hidup sehat, konsumsi air rebusan akar alang-alang secara rutin juga bisa membantu memelihara kesehatan kelenjar prostat dan mencegah kanker.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Kesehatan Jantung, Mudah Ditemukan!

Itulah daftar manfaat akar alang-alang bagi kesehatan tubuh yang perlu kamu ketahui. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat!

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dengan penuhi kebutuhan vitamin dan obat-obatan di Tokopedia.

Penulis: Nada Karisma Oktavia

© 2009-2024, PT Tokopedia