• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Minyak Argan, Hilangkan Stretch Mark hingga Cegah Kanker

Share

10 Manfaat Minyak Argan, Hilangkan Stretch Mark hingga Cegah Kanker

Manfaat argan oil alias minyak argan sangat banyak bagi kesehatan maupun kecantikan kulit. Mampu mencegah kanker kulit, hingga bikin awet muda!


Manfaat Argan Oil – Kepopuleran argan oil tak perlu diragukan lagi, karena kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Minyak argan diekstraksi dari buah pohon argan asal Maroko. Bukan hanya minyaknya yang kaya manfaatnya tapi juga buahnya enak dikonsumsi.

Minyak argan dipercaya mampu untuk mengobati macam macam penyakit. Tapi saat ini, argan oil lebih sering digunakan untuk kecantikan, dan seringkali bahan dasar produk-produk tersebut menggunakan ekstrak buah argan.

Lantas, apa manfaat minyak argan untuk kesehatan maupun kecantikan? Simak daftar lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: 22 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan dan Kecantikan, dari Kepala hingga Ujung Kaki

Khasiat / Manfaat Argan Oil

1. Lawan Penuaan Dini

khasiat argan oil, manfaat argan oil
Sumber Gambar: Double Dare Spa

Kandungan asam lemak pada argan oil dipercaya dapat menunda penuaan dini. Dengan minyak argan, kamu bisa mencegah keriput pada wajah atau bintik-bintik pada tangan.

Karena kandungan asam lemaknya yang hingga 80%, membuat minyak argan adalah pilihan yang tepat untuk mencegah penuan.

2. Hilangkan Jerawat

Kandungan Triterpenoid yang didapatkan dari dalam minyak argan memberikan manfaat kesehatan yang besar untuk kulit terutama untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah.

Selain itu, kandungan asam linoleat dari minyak argan ini bisa menjaga kulit wajah agar tidak berjerawat. Jadi, minyak argan ini bisa kamu jadikan sebagai skincare baru untuk menjaga kulit wajah tampak bersih.

3. Kurangi Kolesterol

khasiat argan oil, manfaat argan oil
Sumber Gambar: Right at Home

Jika kamu mengganti minyak goreng dengan minyak argan, hal tersebut bisa membuatmu lebih sehat karena campuran unik sterol nabati yang ditemukan dalam minyak argan dapat menurunkan penyerapan kolesterol dari dalam saluran usus.

4. Perlancar Pencernaan

Penggunaan minyak argan sebagai pengganti minyak goreng bisa meningkatkan kesehatan pencernaan kita. Minyak argan memiliki berbagai senyawa organik yang sehat dan baik untuk pencernaan.

Ketika senyawa tersebut ditambahkan ke makanan, hal tersebut dapat meningkatkan konsentrasi pepsin dalam cairan lambung di dalam tubuh kita.

5. Hilangkan Stretch Mark

khasiat argan oil, manfaat argan oil
Sumber Gambar: Pixabay

Mempunyai stretch mark memang sangat mengganggu dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Tapi tak perlu khawatir karena dengan minyak argan dapat meningkatkan elastisitas kulit dan membuatnya cukup terhidrasi.

Hal itulah yang membuat tanda-tanda stretch mark kecil kemungkinannya untuk muncul.

rosehip oil
Ampuh melembapkan, meregenerasi, hingga membuat kulit jadi lebih kenyal dan fleksibel. Cek rosehip oil pilihan di sini!

Baca Juga: 12 Manfaat Chia Seed, Superfood Kaya Serat dan Protein Tinggi

6. Sembuhkan Luka

Antioksidan memang sudah terbukti dapat menyembuhkan luka. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang ada di dalam minyak argan ini dapat digunakan untuk menyembuhkan luka menjadi lebih cepat.

Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen yang mengandung minyak argan untuk membantu menghilangkan luka yang susah disembuhkan.

7. Perawatan Kulit Kepala Bayi

manfaat minyak argan, fungsi argan oil
Sumber Gambar: Today Show

Terkadang bayi yang baru lahir mengalami kondisi seperti bersisik di bagian kulit kepala yang disebut cradle cap. Meskipun kondisi ini tidak terlalu serius dan bisa hilang dengan sendirinya, tapi kamu dapat minyak argan untuk mendorong penyembuhan lebih cepat.

Caranya adalah dengan menggosok beberapa tetes minyak dengan lembut ke kulit kepala bayi dan biarkan meresap selama lima menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan gunakan sisir lembut untuk mengupas daerah cradle cap

8. Lawan Kanker

Berbagai penelitian mengatakan bahwa minyak argan bisa membantu kita untuk mencegah penyakit mematikan ini. Kemampuan yang dimiliki oleh minyak untuk melawan kanker kulit sangat efektif.

Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan yang tinggi dalam minyak argan membantu melindungi kulit dari radikal bebas. Radikal bebas tersebut sering menyebabkan manusia terkena penyakit kanker kulit.

9. Redakan Rematik

manfaat minyak argan, fungsi argan oil
Sumber Gambar: Northwestern Medicine

Minyak argan memiliki kandungan Flavonoid yang memiliki khasiat untuk anti-inflamasi yang sangat kuat dan efektif meredakan pembengkakan karena rematik.

Minyak argan juga mengandung asam linoleat, yang berguna untuk pembentukan hormon, dan membantu berbagai kondisi nyeri pada sendi lainnya.

10. Atasi Rambut Rontok

Wanita dan laki-laki sering mengalami kerontokan pada rambut. Minyak argan adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut karena minyak argan bisa membantu untuk mencegah atau mengurangi rambut rontok.

Selain itu, minyak argan juga dapat membantu memfasilitasi pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat dan kuat.

Baca Juga: 20 Manfaat Buah Plum, Diet Sehat Alami Paling Aman!

Itu dia Toppers, manfaat dan khasiat argan oil bagi kesehatan sekaligus kegunaannya untuk kecantikan. Minyak argan memang baik untuk manusia tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan di setiap penggunaannya, seperti alergi atau untuk menyembuhkan luka yang sedang terbuka.

Semoga artikel ini bermanfaat ya, Toppers. Jangan lupa kunjungi Tokopedia untuk menemukan argan oil dan produk kesehatan terbaik lainnya!

produk kesehatan
Temukan berbagai kebutuhan produk kesehatan terjamin yang aman dan lengkap di sini!

Share

TokopediaTokopedia

Related Articles

10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berjerawat
Kecantikan
10 Rekomendasi Moisturizer untuk Kulit Berjerawat
© 2009-2024, PT Tokopedia