11 Manfaat Srikaya: Buah yang Bisa Bikin Bahagia

0
1391
srikaya, buah srikaya
Sumber Gambar: Pixabay

Daftar manfaat srikaya, kandungan dan cara konsumsi. Buah unik berdaging lembut dan manis yang bisa meningkatkan mood.


Buah srikaya atau dikenal dengan nama custard apple dan cherimoya, memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, yang dapat membantu melawan radikal bebas pada tubuh.

Bernama latin Annona squamosa, buah ini punya daging berwarna putih yang lembut dengan rasa yang manis. Selain rasanya yang nikmat, buah srikaya juga kaya akan kalsium, magnesium, zat besi, niasin, hingga kalium yang baik bagi kesehatan tubuh.

Berkat nutrisinya yang kaya, buah bertekstur unik dengan warna kehijauan ini baik jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang tepat.

Baca Juga: Manfaat Pisang: Buah ‘Merakyat’ yang Kaya Khasiat

Kandungan Gizi Buah Srikaya

kandungan buah srikaya
Sumber Gambar: Pixabay

Meskipun biji buah srikaya tidak dapat dikonsumsi, namun daging buahnya kaya akan nutrisi bergizi yang baik bagi tubuh. Berikut kandungan gizi dalam setiap 100 gram (g) buah srikaya:

  • Air: 83,4 g
  • Energi: 63 kalori
  • Protein: 1,1 g
  • Lemak: 0,5 g
  • Karbohidrat: 13,9 g
  • Serat: 2,1 g
  • Abu: 1,1 g
  • Kalsium: 27 miligram (mg)
  • Fosfor: 30 mg
  • Zat besi: 2,7 mg
  • Karoten total : 31 mikrogram (mcg)
  • Thiamin: 0,08 mg
  • Vitamin C: 22 mg

Baca Juga: Manfaat Belimbing Wuluh: ‘Si Mungil’ Ampuh Obati Batuk?

Manfaat/Khasiat Buah Srikaya

manfaat srikaya, khasiat buah srikaya
Sumber Gambar: Fine Dining Lovers

Dengan nutrisi yang melimpah di dalamnya, baik untuk mengonsumsi buah berbiji hitam ini agar menjaga tubuh bugar bahkan menjaga kesehatan mental, karena ia mampu membuat pemakannya bahagia. Simak daftar manfaat berikut:

1. Sebagai Sumber Antioksidan

Kadar radikal bebas yang tinggi dapat menyebabkan stres oksidatif, penyakit kronis, hingga penyakit jantung dan kanker.

Untuk itu, penting untuk kamu memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh setiap harinya. Salah satunya dengan makan buah srikaya.

Srikaya memiliki kandungan flavonoid, karotenoid, asam kaurenoat, dan vitamin C yang baik untuk melawan radikal bebas.

2. Meningkatkan Mood

Buah srikaya merupakan sumber vitamin B6 (pyridoxine) yang sangat baik bagi tubuh.

Vitamin B6 memainkan peranan penting dalam pembentukan neurotransmiter, serotonin, dan dopamin, yang dapat membantu mengatur suasana hati.

Kekurangan asupan vitamin B6 dapat mengakibatkan seseorang menjadi lebih mudah depresi. Untuk itu, kamu harus mencukupi asupan harian vitamin B6 kamu agar tetap bisa bahagia ya, Toppers!

3. Mencegah Serangan Jantung

Srikaya memiliki kandungan magnesium yang dapat membantu melindungi kamu dari serangan jantung.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya juga dapat mencegah penumpukan homocysteine. Sehingga dapat membantu meminimalkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Kandungan kalium dan magnesium dalam buah srikaya juga dapat membantu kamu menjaga tekanan darah.

4. Baik untuk Pencernaan

Srikaya memiliki kandungan serat larut yang dapat memberi makan bakteri baik pada usus dan menghasilkan asam lemak rantai pendek (short-chain fatty acid/SCFA).

SCFA berfungsi sebagai sumber energi untuk tubuh dan melindungi kamu dari peradangan yang memengaruhi saluran pencernaan, seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohn.

Dengan memakan makanan kaya serat seperti buah srikaya, kamu dapat membantu mendukung pergerakan usus yang sehat dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

5. Baik untuk Kesehatan Mata

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa asupan lutein yang tinggi dapat mencegah risiko kerusakan mata.

Buah srikaya ternyata kaya akan lutein yang berfungsi sebagai antioksidan utama pada mata.

Dengan konsumsi buah srikaya, kamu dapat menjaga kesehatan mata dengan melawan radikal bebas.

alat pemotong buah
Mau memotong buah ataupun sayur lebih cepat dan efisien? Ini solusinya!

Baca Juga: Manfaat Jambu Biji: Vitaminnya Lebih Banyak dari Jeruk?

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sama seperti buah-buahan tropis lainnya, srikaya kaya akan vitamin C yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi serta penyakit.

Kekurangan asupan vitamin C dapat mengganggu kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko infeksi.

Untuk itu, kamu harus menjaga asupan gizi kamu dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti buah srikaya ya Toppers!

7. Melawan Peradangan

Buah srikaya mengandung senyawa anti-inflamasi seperti asam kaurenoat. Asam ini memiliki efek anti-inflamasi yang dapat melawan peradangan.

Selain itu, buah srikaya juga memiliki katekin, epikatekin, dan flavonoid yang memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan dapat membantu menurunkan risiko penyakit.

8. Baik untuk Pengidap Diabetes

Srikaya dinilai sangat baik untuk kamu yang mengidap penyakit diabetes. Ini karena srikaya memiliki banyak kandungan serat yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula serta mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Namun begitu, kamu tetap harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu dengan dokter kamu ya Toppers!

9. Mengontrol Tekanan Darah

Potasium dan magnesium yang terkandung dalam buah srikaya dapat membantu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

Bagi kamu yang memiliki tingkat tekanan darah yang berfluktuasi atau naik-turun, kamu bisa mengonsumsi satu buah srikaya setiap hari untuk membantu mengendalikannya.

10. Mengobati Anemia

Buah srikaya memiliki fungsi sebagai stimulan, pendingin, ekspektoran, dan hematinik. Kandungan zat besi yang ada di buah srikaya juga dapat membantu mengobati penyakit anemia atau kekurangan darah.

Kamu bisa mengonsumsi buah srikaya secara segar atau dibuat menjadi berbagai olahan srikaya lainnya untuk membantu mengobati anemia.

11. Mendukung Kehamilan

Srikaya merupakan salah satu buah yang baik bagi ibu hamil. Karena buah ini mengandung asam folat tinggi yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

Baca Juga: Manfaat Nangka: Buah Tinggi Protein Pengganti Daging

Cara Konsumsi Buah Srikaya

srikaya
Sumber Gambar: Fruitstand

Buah srikaya memiliki daging yang lembut dan manis. Selain bisa dikonsumsi secara langsung buah segarnya, kamu juga bisa mengolah buah srikaya menjadi berbagai makanan. Seperti selai, es krim, puding, smoothie bowl, dan masih banyak lagi.

Untuk menikmati buah srikaya dengan sensasi dingin, kamu bisa coba untuk membuat es lilin srikaya dengan mudah di rumah. Berikut adalah cara membuat es lilin srikaya:

  • Siapkan satu buah srikaya, 250 g gula pasir, 2 sachet susu kental manis (SKM) full cream, 1000 sentimeter kubik (cc) air, dan sedikit garam.
  • Ambil daging srikaya dan blender dengan air matang.
  • Tambahkan gula pasir, SKM, dan sedikit garam. Lalu aduk hingga rata.
  • Masukan ke dalam plastik es lilin dan bekukan di dalam freezer.

Baca Juga: Manfaat Alpukat: Buah Protein Tinggi, Teman Diet Alami

Bagaimana Toppers, menarik bukan? Selain rasanya yang enak dan manis, ternyata buah srikaya juga kaya akan manfaat yang baik untuk kesehatan.

Meskipun kaya akan manfaat, tapi Toppers tetap tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Dan jangan lupa untuk membuang biji dan kulitnya terlebih dahulu ya, Toppers!

Sekarang kamu bisa beli buah srikaya segar, selai srikaya, dan olahan srikaya lainnya dengan mudah dan hemat di Tokopedia!


buah-buahan
Beli buah-buahan segar kini lebih praktis, yuk temukan dengan harga termurah di sini!

Penulis: Nyimas Pamela Anisa Dewi