• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

8 Manfaat Mugwort Mask: Hempaskan Jerawat di Wajah!

Share

8 Manfaat Mugwort Mask: Hempaskan Jerawat di Wajah!

Dari mengatasi jerawat sampai mencerahkan kulit, berikut adalah beberapa manfaat mugwort mask serta cara pemakaiannya. Simak selengkapnya!


Manfaat Mugwort Mask – Mugwort adalah salah satu kandungan skincare yang lagi ngetren belakangan ini. Kepopularitasan mugwort bukanlah tanpa alasan. Mugwort memang memiliki banyak khasiat yang luar biasa bagi kesehatan kulit. 

Sebelum membahas manfaat mugwort, ada baiknya kita kenalan terlebih dahulu, nih. Apa, sih, mugwort itu?

Mugwort adalah sebutan mencakup beragam tanaman aromatik dari genus Artemisia. Mugwort memiliki sifat antibakteri, antifungal, dan juga kaya antioksidan.

Antioksidan yang tinggi membuat mugwort dapat dibandingkan dengan vitamin C. Di samping itu, mugwort memiliki fungsi untuk membunuh bakteri seperti halnya tea tree.

Mugwort dimanfaatkan untuk menjadi kandungan skincare dalam bermacam bentuk, baik face wash, toner ataupun essence. Salah satu rangkaian skincare yang paling populer untuk memiliki kandungan mugwort adalah masker.

Banyak manfaat masker mugwort bagi kesehatan kulit kita. Selain baik untuk kulit, memakai masker juga bisa jadi ritual rutin yang menenangkan.

BACA JUGA: 8 MANFAAT MASKER TEPUNG BERAS UNTUK WAJAH

Manfaat Masker Mugwort

Manfaat Mugwort Mask
Sumber Gambar: Pexels

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Toppers dapatkan dari menggunakan masker mugwort:

1. Kulit Lebih Lembap

Masker mugwort memiliki kandungan vitamin E yang dapat melembapkan kulit. Alhasil, dengan menggunakan masker mugwort, kulit kamu bisa terasa lebih sehat dan terhidrasi

2. Meratakan Warna Kulit

Toppers yang memiliki warna kulit tidak merata pun dapat mendapatkan manfaat dari menggunakan masker mugwort. Mugwort memiliki manfaat mencerahkan, yang juga membuat kulit wajah kamu terlihat lebih merata.

3. Membuat Awet Muda

Awet Muda
Sumber Gambar: Pexels

Masalah penuaan pada kulit wajah mencakup garis-garis halus dan keriput. Masalah-masalah ini terjadi salah satunya karena berkurangnya produksi kolagen di kulit seiring bertambahnya usia. Nah, masker mugwort bisa memicu produksi kolagen, lho! Kolagen juga berperan dalam tingkat elastisitas dan hidrasi kulit Toppers. 

4. Antiinflamasi

Punya kulit yang rewel? Mugwort memiliki zat antiinflamasi, yang membuatnya mampu meringankan eksim, dermatitis atopik, dan psoriasis.

5. Mengatasi jerawat

Kandungan antibakteri pada masker mugwort dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Jerawat yang kemerahan dan meradang pun dapat membaik dengan masker mugwort karena kandungan antiradangnya. 

6. Mempercepat Penyembuhan Luka Akibat Jerawat

Setelah jerawat sembuh, masker mugwort juga masih tetap membawa manfaat. Mugwort dapat membantu mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat dan bekas jerawat.

7. Meredakan Iritasi Kulit

Meredakan Iritasi Kulit
Sumber Gambar: Pexels

Manfaat masker mugwort lainnya adalah meredakan iritasi kulit. Mengandung zat antiradang, masker mugwort memiliki khasiat untuk membantu meredakan kulit iritasi, ataupun kulit kering.

8. Membersihkan Pori-pori

Penggunaan masker mugwort secara rutin juga dapat membantu membersihkan pori-pori, Toppers. Pori-pori yang bersih bisa terlihat lebih kecil, lho.

BACA JUGA: 10 MANFAAT MASKER CHARCOAL UNTUK WAJAH, JADI BERSIH MAKSIMAL!


Cara Pakai Masker Mugwort

Cara Menggunakan Mugwort Mask
Sumber Gambar: Pexels

Masker mugwort bisa hadir dalam dua bentuk, yaitu bentuk krim, seperti clay mask, atau bentuk sheet mask. Cara pemakaian dari masing-masing masker tentu tetap tergantung dari setiap varian. Bacalah petunjuk pemakaian pada kemasan produk dengan saksama.

Pakailah masker saat keadaan wajah sudah bersih. Cucilah muka terlebih dahulu. Sebab, dengan begitu kandungan bermanfaat yang terdapat di dalam masker bisa lebih meresap ke dalam kulit. Lalu, khasiat yang dirasakan akan lebih optimal. 

Saat wajah belum bersih dan kamu menggunakan masker, kotoran yang ada pada wajah kamu bisa membuat kandungan pada masker lebih sulit diserap oleh kulit kamu.

baca juga: Apa Itu Clay Mask? Simak 13 Manfaat & Cara Penggunaannya!

jual masker lumpur
Wajah berseri dengan menggunakan masker lumpur? Kenapa nggak bisa? Cobain yuk sekarang!

Untuk penggunaan masker bertekstur krim, hindari mengoleskan masker mugwort terlalu dekat dengan area mulut, mata, lubang hidung dan rambut. Jangan lupa pula untuk mengoleskan masker menggunakan tangan yang sudah bersih. Cucilah tangan kamu terlebih dahulu agar lebih higienis. Jika menggunakan kuas, pastikan juga kuasnya bersih.

Untuk penggunaan masker berbentuk sheet mask, kamu tidak perlu mengoleskan produk ke wajah kamu melainkan sheet mask bisa ditempelkan saja ke wajah. Suatu produk sheet mask memiliki ukuran yang standard, semacam one size fits all, yang belum tentu pas persis dengan ukuran wajah kamu. Maka, gunakanlah jari kamu untuk menyesuaikan. Usahakan semua area sheet mask menempel pada wajah kamu.

Lalu, diamkan masker selama durasi yang dianjurkan oleh cara pemakaian di kemasan produk. Banyak yang berpikir menggunakan masker lebih lama berarti manfaatnya akan lebih terasa. Padahal, tidak seperti itu. Penggunaan masker yang terlalu lama bisa jadi justru kontraproduktif, lho, Toppers. Gunakanlah produk sesuai dengan petunjuk.

BACA JUGA: 16 MANFAAT MASKER PUTIH TELUR: MUDAH DAN EFISIEN


Nah, itu dia, Toppers, manfaat dan cara pemakaian dari masker mugwort. Kamu yang memiliki permasalahan kulit yang telah dibahas mungkin bisa mencoba menambahkan masker mugwort dalam skin care routine kamu. Masker mugwort dan berbagai varian masker lainnya bisa kamu dapatkan di Tokopedia, lho.

jual produk kecantikan
Temukan berbagai kebutuhan perlengkapan kecantikan dari brand-brand terpercaya dan produk berkualitas terbaik di sini!

Penulis: Talitha Gati

© 2009-2024, PT Tokopedia