• socmed Facebook icon
  • socmed Instagram icon
  • socmed Twitter icon
  • socmed Youtube icon
Tokopedia
Tokopedia Blog - Home
MORE STORIES

10 Manfaat Sedekah: Terasa di Dunia, Tabungan di Akhirat

03 August 2023

Share

10 Manfaat Sedekah: Terasa di Dunia, Tabungan di Akhirat

Manfaat bersedekah bisa dirasakan bagi penerima sedekah dan diri sendiri. Yuk, ketahui keutamaan sedekah dan waktu terbaik untuk bersedekah!


Ketika melihat orang yang membutuhkan, umat Islam diwajibkan untuk bersedekah dan meringankan beban mereka. Hal ini didasarkan tenggang rasa ke sesama umat dan juga kemanusiaan.

Sedekah juga menjadi salah satu ibadah yang memiliki pahala besar. Beberapa ayat di Al-Quran sudah menjelaskan keutamaan dari sedekah seperti yang disebutkan dalam surat Al Hadid ayat 18 yang berbunyi:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: “Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan meminjamkan kepada Allah dengan pinjaman yang baik, akan dilipatgandakan (balasannya) bagi mereka; dan mereka akan mendapat pahala yang mulia.” (QS Al Hadid ayat 18)

Selain membantu sesama, ternyata terdapat banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh orang-orang yang bersedekah. Berikut ini beberapa keutamaan bersedekah yang dapat dirasakan oleh umat Islam!

Baca Juga: Perbedaan Infak dan Sedekah yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Manfaat Sedekah yang Perlu Kamu Tahu

tangan menerima uang koin

Sumber: HabitatBroward

Tak harus dalam jumlah yang besar, menyisihkan sedikit rezeki untuk yang membutuhkan dapat sedikit meringankan beban mereka. Waktu terbaik untuk bersedekah adalah waktu subuh, di hari Jumat, saat terdapat bencana alam, bulan Ramadhan, hingga selagi sehat. Amalan yang satu ini sangat dicintai Allah dan Rasulullah.

Berikut ini beberapa keutamaan sedekah yang perlu kamu ketahui!

1. Menyucikan Diri

Dengan menyedekahkan harta yang dimiliki, dosa-dosa orang yang bersedekah akan dihapuskan. Hal ini tentu saja dapat dituai jika dilakukan bersamaan dengan taubat atas dosa yang pernah diperbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan lainnya. 

Lakukan kewajiban yang harus diikuti dan hindari larangan-Nya, maka kamu akan terhindar dari dosa dan mendapatkan pahala. 

2. Pahala Berlipat Ganda

Bersedekah merupakan tindakan yang mulia dan sangat dihargai oleh Allah SWT. Imbalan bersedekah yang paling utama adalah mendapatkan pahala. Setelah melakukan sedekah, pahala yang sudah kamu miliki akan dilipatgandakan. 

Pahala yang didapat akan lebih besar lagi jika sedekah yang dilakukan benar-benar murni dari hati, tanpa ingin diketahui oleh orang lain sama sekali. Jadi, tidak ada unsur ria atau ingin menyombongkan harta yang disedekahkan.

3. Mendapat Imbalan Berlipat-lipat

Selain mendapat pahala dan membersihkan diri dari dosa, bersedekah juga akan mendatangkan rezeki yang berlimpah.

Tidak perlu takut kehabisan harta atau jatuh miskin setelah bersedekah, karena Allah SWT sudah menjanjikan balasan rezeki yang berlipatganda—baik dalam bentuk uang atau rezeki lainnya yang tidak bisa dinilai dengan materi. 

4. Terhindar dari Marabahaya

Berhubungan dengan poin sebelumnya, terhindarkan dari marabahaya merupakan salah satu jenis rezeki yang tidak dapat dihitung dengan materi.

Terdapat dua sabda dari Rasulullah SAW, yaitu sedekah dapat menutup 70 pintu kejahatan dan bencana atau musibah tidak dapat mendahului sedekah. 

5. Memberi Ketenangan Hati

Sedekah dapat menciptakan ketenangan hati. Ketika bersedekah, pasti akan muncul rasa senang karena telah memberi kepada mereka yang membutuhkan.

Setelah itu, hati akan terasa lebih tenang dan lapang karena beban-beban terangkat dan digantikan dengan rasa senang karena telah membantu sesama.  

6. Sebagai Jaminan Hari Akhir

Orang-orang yang bersedekah merupakan orang yang masuk ke dalam golongan yang akan mendapatkan naungan di hari akhir.

Maksud dari pernyataan ini adalah ketika hari akhir datang dan tidak ada yang bisa melindungi dari panasnya matahari, orang yang melakukan sedekah dengan ikhlas sepanjang hidupnya akan berada di bawah naungan yang menyejukkan. Hal ini bisa didapatkan jika kamu bersedekah tanpa pamrih atau ria, benar-benar tulus karena ingin membantu sesama dan juga karena Allah SWT. 

7. Terbebaskan dari Siksa Kubur

Ketika sudah berada dalam kubur dan menunggu hari kiamat datang, terdapat pertanyaan perihal duniawi yang harus kamu pertanggungjawabkan. Jika banyak melakukan hal yang dilanggar oleh Allah SWT dan tidak pernah berbuat baik, terdapat siksa kubur untuk membersihkan dosa-dosa di dunia. 

Pada saat ini sedang berlangsung, sedekah yang pernah dan sering kamu lakukan bisa menyelamatkanmu dari siksa kubur. Seperti apa yang Rasulullah SAW katakan dalam HR Thabrani: “Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur”. 

8. Menyembuhkan Orang Sakit

Terdapat banyak orang yang sakit, namun hidup dalam ketidakcukupan atau bahkan kemiskinan. Dengan bersedekah ke orang yang membutuhkan, kamu bisa mengangkat beban mereka yang ingin berobat namun tidak memiliki uang. 

9. Menambah Umur

Sedekah dipercaya dapat memperpanjang umur seseorang, lho. Hal ini dikarenakan kualitas hidup akan meningkat jika sering melakukan sedekah, dengan membuat hati terasa tenang dan juga terhindar dari marabahaya dan segala bentuk kejahatan. 

10. Meninggal dengan Tenang

Manusia tidak luput dari dosa dan kesalahan-kesalahan yang disengaja maupun tidak. Ketika bersedekah, kamu bisa memadamkan kemurkaan Allah SWT atas perbuatan dan kesalahan di dunia.

Dengan begitu, kamu pun dapat meninggal secara tenang tanpa beban atau dipersulit cara meninggalnya.

Baca Juga: Manfaat dan Keutamaan Sedekah Subuh 

Kapan Waktu Terbaik untuk Sedekah?

gambar tangan seseorang yang sedang berdoa dengan latar matahari terbit

Sumber Gambar: Freepik

Sebenernya, sedekah dapat dilakukan kapan saja, namun terdapat beberapa waktu istimewa di mana melakukan sedekah akan mendatangkan pahala yang besar. Kapan saja waktu tersebut? Simak beberapa waktu terbaik untuk sedekah berikut ini:

  • Saat terjadi krisis atau bencana alam, ini dapat menjadi waktu sedekah terbaik karena membantu banyak orang yang sedang kesulitan.
  • 10 hari pertama Dzulhijjah, pahala bersedekah di 10 pertama saat Dzulhijjah dikatakan dapat mengalahkan pahala jihad di jalan Allah.
  • Bulan Ramadhan, pada bulan penuh suci ini menjadi salah satu waktu terbaik untuk memperbanyak sedekah dan berbuat baik. Toppers dapat menyantuni anak yatim piatu atau memberikan maka orang yang berpuasa.
  • Hari Jumat, diantara hari-hari lainnya hari Jumat menjadi hal paling baik karena banyak peristiwa penting bersejarah yang terjadi di hari tersebut. Sehingga amalan yang dilakukan di hari Jumat akan mendapatkan pahala yang lebih besar.
  • Ketika gerhana matahari atau bulan, kedua fenomena tersebut adalah tanda kekuasaan Allah. Sehingga pada momen tersebut dianjurkan untuk bersedekah, berdoa, bertakbir, dan mengerjakan shalat gerhana.
Baca Juga: Cara Sujud Sahwi serta Bacaan & Kapan Harus Melakukannya

Itu dia waktu terbaik untuk sedekah dan 10 manfaat sedekah yang bisa Toppers dapatkan baik di dunia maupun akhirat. Selain waktu-waktu terbaik di atas, kamu dapat bersedekah kapan pun dengan jumlah yang disanggupi.

 Agar terhindar dari berbagai marabahaya dan keresahan hati, bersedekahlah dengan ikhlas dan niatan baik. Yuk, perbanyak pahala dengan bersedekah sebagai bekal di akhirat nanti! 

tokopedia salam

Temukan semua kebutuhan umat muslim, mulai dari perlengkapan ibadah hingga zakat hanya di Tokopedia Salam!

© 2009-2024, PT Tokopedia