11 Manfaat Kacang Tanah: Topping Makanan Sehat, Halau Penyakit

0
352
kacang tanah, manfaat kacang tanah
Sumber Gambar: Women's Health

Manfaat kacang tanah yang kaya nutrisi dan nikmat dikonsumsi. Sumber energi, jaga kesehatan organ penting hingga bagi untuk diet.


Si kecil gurih yang satu ini memang teman yang asyik untuk menemani saat menonton pertandingan sepak bola atau sebagai topping kesukaan di segala jenis makanan, terutama dalam bentuk selai kacang.

Tetapi tahu tidak selain rasanya yang enak, ternyata kacang tanah juga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya?

Sebelum dibuat terkagum-kagum dengan keajaiban nya, yuk simak dulu fakta menarik dan mitos seputar kacang berikut ini:

  • Kacang bukanlah sayur atau buah tetapi termasuk kedalam famili tumbuhan tunggal Leguminosae seperti polong-polongan.
  • Kacang banyak digunakan oleh warga Amerika Serikat sebagai makanan olahan seperti selai, permen, dan aemilan lainnya.
  • Astronot Alan Bartlett Shepard Jr. pernah membawa kacang ke Bulan.
  • Kacang sering dianggap sebagai musuh kulit berjerawat. Padahal faktanya banyak vitamin dan mineral dalam kacang yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: Manfaat Konsumsi Kacang Almond yang Perlu Kamu Tahu

Kandungan Gizi Kacang Tanah

kandungan kacang tanah, kalori kacang tanah
Sumber Gambar: Pexels

Peneliti menunjukkan bahwa kacang tanah mentah sangat sehat karena kaya akan senyawa tanaman yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu kandungan kalori dalam kacang tanah sangat rendah.

Kamu bisa mengombinasikan kacang tanah dalam menu makanan sehari-hari. Berikut ini jumlah nutrisi yang kamu dapatkan saat mengonsumsi 100 gram (g) kacang tanah:

  • Energi: 567 kilokalori (kcal)
  • Protein: 25,8 g
  • Serat makanan: 8,5 g
  • Karbohidrat: 16,1g
  • Gula: 4,7 g
  • Besi: 4,5 miligram (mg)
  • Kalsium: 92 mg
  • Sodium: 18 mg
  • Kalium: 705 mg

Kacang tanah juga kaya akan kandungan vitamin dan mineral termasuk sumber vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B9, biotin, magnesium, tembaga, fosfor, mangan, dan lemak tak jenuh tunggal.

Manfaat/Khasiat Kacang Tanah

khasiat kacang tanah, kandungan gizi kacang tanah
Sumber Gambar: NPR

Banyak sekali penelitian dilakukan untuk mengetahui apa saja kandungan nutrisi dan manfaat kacang tanah untuk tubuh, simak ulasannya berikut ini:

1. Menurunkan Berat Badan

Kacang mengandung lemak baik yang baik untuk kesehatan. Menurut sebuah studi, jika kamu mengganti asupan lemak lainnya dalam makanan dengan kacang selama enam bulan maka meningkatkan peluang untuk turun berat badan hingga 3 kilogram (kg).

Penelitian lain juga menunjukan mengonsumsi kacang tidak menambah berat badan, kandungan protein dan lemak jenuh ini juga bantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh.

2. Memelihara Kesehatan Jantung

Faktanya, sebagian besar orang didunia ini meninggal secara tiba-tiba akibat serangan jantung. Penyakit jantung disebabkan oleh kerusakan pada pembuluh darah jantung akibat penumpukan kolesterol.

Kacang tanah mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh jantung seperti niasin, tembaga, magnesium, asam oleat, resveratrol, dan antioksidan. Kamu bisa mengganti cemilan junk food dengan kacang rebus atau panggang agar lebih sehat.

3. Mencegah Penyakit Batu Empedu

Khasiat kacang tanah selanjutnya adalah mencegah penyakit batu empedu pada pria maupun wanita. Gejala penyakit batu empedu umumnya menimbulkan rasa sakit pada area punggung dan kram perut.

Penyakit ini muncul akibat penumpukan kolesterol. Kacang dapat menangkal kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu, seseorang yang mengonsumsi 5 butir kacang tanah setiap minggu memiliki risiko terkena batu empedu lebih rendah.

4. Sumber Energi

Tubuh lemas dan mudah lelah mungkin disebabkan kekurangan energi. Kacang tanah kaya akan protein dan serat yang membantu pembakaran karbohidrat menjadi energi serta memperlambat proses pencernaan agar tubuh mendapat energi yang stabil.

Kandungan protein dalam kacang sebesar 25% dari total kalorinya, oleh sebab itu kacang sangat cocok dikombinasikan dengan menu diet harianmu.

5. Menyuburkan Rambut

Tidak hanya lidah buaya, kacang tanah juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Si kecil ini kaya akan kandungan asam amino dan protein yang bagus dikonsumsi sebagai suplemen rambut.

Selain kacang tanah, jenis lainnya yang juga punya banyak nutrisi rambut seperti kacang polong, lentil, dan kacang merah. Untuk bisa merasakan manfaatnya, ahli gizi di Amerika menyarankan agar mengonsumsi tiga cangkir kacang-kacangan setiap minggu.

kacang sehat
Ingin ngemil yang sehat? Ini solusinya!

Baca Juga: Merk Selai Paling Enak: Cokelat, Kacang, hingga Strawberry

6. Bersifat Antioksidan

Senyawa tanaman dalam kacang tidak hanya mengandung banyak nutrisi tetapi juga kaya akan antioksidan.

Zat ini merupakan molekul yang berfungsi menghambat proses oksidasi, melawan radikal bebas dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya termasuk kanker, penyakit jantung, diabetes.

Konsumsi kacang tanah setiap hari dapat menyehatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Mencegah Penyakit Alzheimer

Sebuah studi menunjukan kacang dapat meningkatkan konsentrasi dan fungsi otak. Alzheimer merupakan penyakit dimana terjadi penurunan sel-sel otak yang, sehingga merusak memori dan fungsi lainnya.

Kandungan vitamin E pada kacang tanah dipercaya meningkatkan fungsi otak dan mencegah berbagai penyakit seperti penurunan fungsi kognitif yang disebabkan oleh penuaan.

8. Merawat Keindahan Kulit

Meskipun hingga saat ini masih dilakukan penelitian lebih dalam, tetapi para peneliti menemukan senyawa beta karoten dan antioksidan dalam kacang tanah dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, vitamin E dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sengatan matahari serta magnesium pada kacang tanah bermanfaat sebagai zat antibakteri juga membuat kulit terlihat bersinar.

9. Meredakan Sindrom Ovarium Polikistik (PCOS)

Kacang-kacangan adalah sumber vitamin E yang baik untuk kesehatan reproduksi, meningkatkan kesuburan, dan mengatasi PCOS.

Sindrom ovarium polikistik merupakan gangguan yang disebabkan oleh banyak faktor seperti genetik maupun lingkungan. Sindrom ini ditandai dengan siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita.

Meskipun tidak mematikan, kondisi ini apabila dibiarkan dapat menyebabkan kemandulan.

10. Mencegah Arthritis

Tidak hanya bagus untuk memelihara kesehatan, kacang ternyata dapat mengatasi berbagai masalah radang sendi. Radang sendi umumnya banyak dialami oleh orang tua.

Hal ini disebabkan pada usia  tersebut kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi menurun, sehingga sendi mudah kaku, nyeri, dan bengkak karena kekurangan gizi.

Kacang tanah kaya akan serat membantu proses penyerapan dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sendi.

11. Mencegah Kenaikan Gula Darah

American Diabetes menyebutkan bahwa kacang merupakan makanan super bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena mengonsumsi kacang tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Studi lain menunjukan wanita yang memasukan kacang pada menu makanannya selama 24 hari mengalami penurunan risiko terkena diabetes tipe 2.

Selain itu, kacang-kacangan juga sangat dianjurkan untuk orang obesitas untuk mengontrol gula darahnya tetap stabil.

Baca Juga: Resep Kue Kacang: Camilan Gurih untuk Pecinta Kacang Tanah

Kacang tanah memang memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan.

Beberapa jenis kacang dapat menyebabkan reaksi alergi untuk sebagian orang. Mengonsumsi dalam jumlah berlebihan dapat mengurangi nafsu makan dan menyebabkan mata kuning. Untuk itu, konsumsilah dalam jumlah wajar ya, Toppers.

jual selai kacang
Peanut butter bermanfaat enggak cuma untuk diet, tetapi juga untuk kesehatan tubuh. temukan selai peanut butter terenak di sini!

Penulis: Andina Naza Apriliani